Home
News

Belajar Coding Dasar Untuk Menjadi Programmer

Coding menjadi skill dasar programmer. Coding adalah menerjemahkan ide kita menjadi bahasa komputer untuk melakukan apa yang kita inginkan.

Coding menjadi skill dasar yang harus dimiliki untuk menjadi seorang programmer. Definisi coding adalah menerjemahkan ide yang kita miliki menjadi bahasa komputer atau sebuah kode untuk melakukan apa yang kita inginkan. Setiap kode tersebut akan membantu komputer bekerja sesuai perintah yang kamu berikan di komputer hingga menjadi kumpulan kode yang dapat membuat sebuah program. Cara coding harus berhati-hati karena komputer adalah mesin yang hanya mampu menerima kode yang benar. Jadi, bagi kamu yang ingin atau baru belajar coding pastikan kamu memasukkan kode yang benar saat menulis kode. Jika terjadi kesalahan, maka kamu harus melakukan debugging atau mendeteksi dan menghapus bug atau error dalam kode yang menyebabkan sistem tidak dapat beroperasi.

Belajar Pemrograman Dasar

Dalam pemrograman coding merupakan bagian dari web development atau web programming. Web development adalah proses pembuatan sebuah website atau aplikasi dengan coding. Setelah kamu belajar menulis kode, kamu bisa mulai membuat website sebagai projek pertama kamu. Berikut dua proses web development yang harus kamu ketahui sebelum praktik.

Web Development

Proses web development biasanya digunakan untuk membahas bagian teknis dalam pembuatan sebuah website. Istilah ini dikenal dengan back end development. Back end adalah bagian dari website yang tidak terlihat oleh user atau visitor. Orang yang bertugas mengembangkan website di balik layar disebut back end developer.

Web Design

Web design adalah tampilan visual pada suatu website atau UI (User Interface). Dalam pengembangannya desain UI harus memiliki tampilan yang menarik dan interaktif karena merupakan bagian yang berinteraksi langsung dengan user maupun visitor. Orang yang bertugas untuk mendesain dan mempercantik tampilan website disebut front end developer.

Belajar Bahasa Pemrograman Dasar

Belajar bahasa pemrograman

Setelah mengetahui web development, saatnya kamu mempelajari bahasa pemrograman dasar yang dapat kamu gunakan untuk membuat website. Jenis-jenis bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari adalah bahasa pemrograman yang khusus untuk pembuatan website atau software desktop. Jika kamu ingin menjadi seorang programmer, berikut beberapa bahasa pemrograman yang harus kamu kuasai.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat website. Keunggulan dari bahasa ini adalah memiliki banyak sintaks dari bahasa C yang sudah tersedia pada browser, sehingga kamu tidak perlu menginstalnya ketika ingin belajar. Meski dikenal sebagai bahasa yang sulit, JavaScript memiliki beberapa materi pembelajaran online yang memungkinkan kamu untuk belajar secara langsung.

HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) ibarat tulang punggung dari sebuah website. Bahasa ini biasa digunakan untuk menentukan struktur dan konten website yang kerap kamu temukan di internet. HTML terdiri dari beberapa short codes dengan menggunakan tag yang nantinya akan menjadi sebuah text yang disimpan menjadi file HTML. Setelah itu, file akan dibuka di browser dan diolah menjadi tampilan visual sesuai keinginan. Untuk belajar HTML online, kamu bisa menggunakan editor teks sederhana atau editor HTML seperti Atom, Sublime, dan Notepad++.

CSS

Cascading Style Sheets atau CSS adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk menyederhanakan proses pembuatan halaman web. CSS berfungsi untuk mengatur warna tulisan, jenis font yang digunakan, jarak spasi antar paragraf, ukuran kolom, background, dan warna yang ingin digunakan, layout desain web, dan sebagainya. Dalam pengerjaannya, CSS biasa digunakan dengan HTML.

PHP

PHP adalah bahasa pemrograman back end yang paling populer di website. Bahasa ini biasa digunakan untuk mempercantik tampilan halaman website, bahkan membuat fitur-fitur website seperti membuat halaman login username dan password, membuat forum, survei, dan masih banyak lagi. Contoh website yang menggunakan PHP dapat dilihat dari adanya akhiran PHP di alamat domainnya.

Java

Java adalah bahasa pemrograman paling populer yang berorientasi objek berbasis kelas dan fleksibel karena dapat ditemukan di semua platform, sistem operasi, dan perangkat. Bahasa ini banyak digunakan oleh back end developer, big developer, architect, system engineer, dan Android developer.

Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari untuk pemula. Bahasa ini bersifat open source dan bebas untuk digunakan, bahkan untuk aplikasi komersial. Istilah ini disebut juga sebagai scripting yang memungkinkan kamu melihat script dalam sebuah program tertentu dalam waktu singkat. Selain itu, Python juga bersifat dinamis, mendukung object-oriented, dan gaya pemrograman fungsional.

C++

C++ adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang dirancang untuk perangkat lunak sistem pemrograman dengan fitur berorientasi objek seperti kelas bahasa, serta fungsi virtual dan template. Bahasa ini biasa digunakan untuk membuat aplikasi desktop, aplikasi mobile, dan aplikasi web.

Ruby

Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan dipahami oleh pemula. Bahasa ini bahkan memiliki tagline “teman terbaik programmer.” Dalam penggunaannya, kode Ruby terlihat samar seperti kalimat yang ditulis dengan bahasa Inggris biasa.

Belajar Pemrograman Online

Situs belajar pemrograman

Setelah mengetahui jenis-jenis bahasa pemrograman dasar, kamu bisa menemukan cara belajar coding dengan cepat melalui situs belajar pemrograman untuk pemula di internet. Berikut beberapa website yang dapat kamu kunjungi untuk belajar coding dan web development secara gratis.

Free Code Camp

Free Code Camp adalah komunitas open-source yang menyediakan berbagai projek, sertifikat, dan koneksi antar coder. Di situs ini, kamu dapat mempelajari banyak skill yang nantinya dapat kamu implementasikan untuk membuat projek nyata. Website ini juga memungkinkan kamu belajar sesuai dengan waktu yang kamu inginkan.

Codecademy

Codecademy adalah salah satu website belajar coding yang paling lengkap. Situs ini menyediakan berbagai quiz dan projek yang dapat mengasah kemampuan kamu dalam coding. Di Codecademy, kamu akan diajarkan HTML, CSS, JavaScript, SQL, dan masih banyak lagi. Selain itu, di website ini juga terdapat forum diskusi dan berbagai artikel atau blog yang dapat membantu pembelajaran kamu.

The Odin Project

Website yang dikembangkan oleh tim Viking Code School ini dapat mengajarkan kamu berbagai skill untuk dapat berkarir sebagai programmer. Di situs ini, kamu bisa berbagai bahasa pemrograman dasar dan membuat projek yang bisa kamu jadikan sebagai portofolio. The Odin Project memungkinkan kamu terhubung dengan coder lainnya untuk bisa bekerja sama.

Codewars

Seperti bermain game, di Codewars, kamu akan mengikuti pembelajaran dalam beberapa level. Semakin tinggi level yang kamu capai, maka materinya akan semakin sulit. Situs ini juga memungkinkan kamu mendapat bantuan dari coder lain yang tergabung di komunitas Codewars. Jika kamu sudah menyelesaikan semua challenge, kamu juga bisa membuat tantangan sendiri untuk coder lain.

Hackerrank

Hackerrank adalah website yang memiliki format code challenge sehingga tidak sedikit coder yang ikut berkompetisi untuk mengasah kemampuan coding mereka. Setiap coder yang berhasil menyelesaikan tantangan akan mendapatkan poin. Dengan filosofi “learn by doing”, kamu bisa belajar sekaligus praktik dalam situs ini.

MIT Open Sourceware

Platform belajar coding online ini memiliki perpustakaan online yang mencakup setiap topik yang diajarkan tentang pemrograman. Untuk belajar di situs ini membutuhkan kedisiplinan, karena semua tugas dan tes harus dikerjakan dan dinilai sendiri.

Upskill

Platform yang berfokus pada pengembagan web full-stack ini sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar coding. Di Upskill, kamu dapat belajar melalui berbagai video dengan gaya percakapan yang santai untuk memandu kamu dalam membuat projek. Di situs ini, kamu akan diajarkan HTML, CSS, JavaScript, Ruby, Git, Bootstrap, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara dan tahap yang bisa kamu lakukan dalam belajar coding. Kamu dapat mempelajari bahasa pemrograman dasar dari salah satu website yang ada di atas sebagai bekal kamu untuk menjadi seorang programmer. Siap menguji skill kamu di bidang pemrograman?