Belajar Coding Untuk Pemula di Masa Pandemi COVID-19

Penyebaran virus corona yang semakin tidak terkendali di Indonesia membuat sejumlah aktivitas di luar rumah masih harus dibatasi. Menurut data pemerintah hingga kini total kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 207.203 orang. Bahkan, semua atau 34 provinsi di tanah air sudah terpapar oleh virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China ini. Hal ini membuat sejumlah sekolah, kampus, dan lembaga pendidikan lainnya masih harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara virtual. Peran teknologi online pun semakin memenuhi kebutuhan masyarakat di masa pandemi hingga tidak sedikit dari mereka yang tertarik untuk belajar di bidang IT (Teknologi Informasi) atau pemrograman.

Belajar IT Untuk Pemula

Sebelum menyelami dunia pemrograman, kamu harus belajar coding dari dasar. Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode (diagram alur) ke dalam suatu bahasa pemrograman, baik huruf, angka, atau simbol yang membentuk sebuah program berupa web atau aplikasi. Definisi coding adalah menerjemahkan ide yang kita miliki menjadi sebuah perintah komputer dan komputer akan melakukan apa yang kita inginkan. Manfaat belajar coding adalah untuk melatih daya pikir secara logika untuk membangun suatu algoritma dan memecahkan masalah dalam sebuah program agar dapat berjalan. Berikut cara mudah belajar coding.

Belajar Otodidak

Ilmu dasar coding bisa kamu pelajari secara otodidak dengan membaca buku untuk belajar coding atau dari platform video di internet. Dari situ, kamu dapat mempelajari dasar-dasar coding serta mendapatkan tutorial coding untuk pemula yang bisa kamu implementasikan sebagai langkah awal belajar coding.

Belajar di Website

Kamu bisa juga mencoba situs belajar coding gratis untuk mendapatkan materi pembelajaran dalam membuat program. Adapun beberapa website untuk belajar coding yaitu, Codecademy, Free Code Camp, Codewars, The Odin Project, HackerRank, edX, Coursera, dan MIT OpenCourceWare.

Belajar di Forum

Ada banyak forum atau komunitas IT di internet yang membahas seputar perkembangan dunia teknologi. Kamu dapat bergabung dengan forum-forum tersebut untuk bisa berdiskusi dengan para developer senior. Dengan begitu kamu bisa meminta saran dari mereka sekaligus menambah pengetahuan dalam belajar coding.

Tips Belajar Coding

Dalam belajar coding kamu harus bisa menjadi orang yang problem solver atau suka memecahkan masalah karena dunia pemrograman akan sering berkutat pada trial dan error. Berikut beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk belajar dasar coding.

Pahami Konsep Coding

Ada lima konsep yang menjadi dasar coding yang harus kamu pahami sebelum mulai belajar coding untuk membuat sebuah program. Berikut konsep dasar coding.

Variabel

Ini adalah nilai, angka, character string atau memory address yang memungkinkan developer untuk membuat suatu program.

Control Structure

Merupakan serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya. Control structure dapat mengubah alur dari jalannya suatu pemrograman.

Struktur Data

Dalam istilah pemrograman, struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan, dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer agar bisa digunakan secara efisien. Ini merupakan format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai tujuan tertentu.

Syntax

Syntax adalah kode atau script yang dipahami oleh komputer untuk melakukan perintah developer. Saat melakukan coding kita harus mengikuti syntax yang merupakan aturan bahasa pemrograman.

Tools

Merupakan serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung, dan menjalankan debug terhadap program maupun aplikasi lainnya.

Mengenal Bahasa Pemrograman

Ada banyak bahasa komputer yang dapat kamu gunakan untuk coding. Bahasa komputer adalah istilah alternatif yang cakupannya lebih luas daripada istilah bahasa pemrograman yang biasa digunakan. Bahasa pemrograman diperlukan untuk dapat membuat website atau aplikasi. Kamu dapat belajar bahasa komputer untuk pemula, berikut jenis-jenis bahasa komputer.

JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di semua web browser. Penggunaan JavaScript lebih banyak untuk membuat halaman di sebuah website menjadi lebih interaktif dan lebih cepat diakses dalam browser. Sedangkan kelebihan JavaScript adalah dapat digunakan untuk banyak hal seperti untuk mengembangkan web, animasi, hingga web app.

HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan tulang punggung dari sebuah web. Bahasa pemrograman ini kerap digunakan untuk menentukan struktur dan konten website yang kamu temukan di internet. HTML terdiri dari beberapa short codes yang nantinya akan menjadi sebuah text yang disimpan menjadi file HTML. Untuk menulis HTML, kamu bisa menggunakan editor teks sederhana atau text editor HTML seperti Atom, Sublime, dan Notepad++.

CSS

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets adalah bahasa pemrograman yang mengontrol tampilan HTML. Bahasa pemrograman ini biasa digunakan untuk menentukan warna, font, background, hingga tampilan website.

Java

Bahasa Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer dan dapat dijalankan di berbagai platform, mulai dari PC hingga smartphone atau ponsel. Java banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi smartphone Android karena memiliki kelebihan seperti kemampuan berjalan pada sistem operasi yang berbeda-beda. Bahasa pemrograman ini termasuk dalam pemrograman OOP (Object-Oriented Programming) yang berarti pemrograman orientasi objek untuk memudahkan seorang developer menyusun sebuah program. Kamu dapat menemukan tutorial Java untuk pemula di buku atau internet.

C

Bahasa C merupakan bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman ini banyak digunakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer serta mengembangkan software suatu aplikasi. C bisa menjadi contoh bahasa komputer dasar yang harus dipelajari sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain.

C++

Bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa C. Meski keduanya memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, baik C maupun C++ mempunyai cara sendiri-sendiri dalam penyelesaian masalahnya. Penyelesaian masalah pada bahasa C dilakukan dengan membagi-bagi ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil atau disebut bahasa pemrograman prosedural. Sedangkan bahasa C++ lebih berorientasi pada objek yang membagi permasalahannya ke dalam class-class. Kamu dapat belajar bahasa C++ untuk pemula di platform video yang ada di internet.

Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis dan elegan yang dirancang khusus agar mudah digunakan oleh para developer. Bahasa yang berbasis skrip dan berorientasi pada objek ini mengikuti pola software yang memberikan poin-poin referensi yang baik untuk mempelajari bahasa pemrograman lain.

PHP

PHP atau singkatan dari Personal Home Page adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk membuat dan mengembangkan web serta bisa digunakan secara bersamaan dengan HTML. Beberapa website dinamis yang pengembangannya menggunakan PHP, yaitu Facebook, Wordpress, dan Digg.

Pelajari Bahasa Pemrograman

Jika kamu sudah mengetahui macam-macam bahasa pemrograman, kamu bisa mulai fokus mempelajari bahasa yang kamu inginkan sesuai dengan kebutuhan kamu satu per satu. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebingungan atau mencampurkan berbagai macam syntax. Contoh coding sederhana yang bisa kamu pelajari adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, HTML, dan CSS.

Pelajari Dasar Bahasa Pemrograman

Untuk mempelajari bahasa pemrograman, kamu harus mulai dari dasar-dasarnya. Kamu bisa mulai dengan belajar melalui tutorial yang ada di internet. Setelah kamu menguasai tutorial tidak ada salahnya untuk mencoba mengulangi prosesnya dari awal.

Belajar Coding Orang Lain

Untuk latihan kamu bisa belajar dari kumpulan coding yang dibuat orang lain. Kamu dapat menemukan coding tersebut dengan mudah karena coding dan programming adalah open source yang bisa diakses siapa saja. Jika sudah dapat, kamu hanya perlu memperhatikan apakah metode yang digunakan pada setiap line coding sudah efektif, apakah ada kesalahan dalam potongan coding tersebut, dan cara untuk mengubah suatu kode agar fungsinya berubah.

Belajar Melalui Game Online

Jika kamu pecinta game, kamu bisa belajar coding melalui game online. Pasalnya, banyak game online yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman JavaScript, C++, hingga Java, seperti Counter Strike, Angrybirds, Polycraft, Football Pro, dan sebagainya. Melalui game tersebut, kamu dapat mempelajari desainnya serta kesulitan yang dimunculkan oleh developer di dalam game ini.

Belajar coding bisa jadi pertimbangan bagi kamu yang tertarik pada bidang teknologi. Di saat kondisi sedang tidak menentu seperti sekarang, kamu dapat memanfaatkan waktu di rumah dengan mempelajari bahasa-bahasa pemrograman dasar. Dengan belajar coding, kamu akan mendapat kepuasan tersendiri saat bisa membuat website atau aplikasi dari nol. Jadi, siap untuk mengembangkan potensimu di bidang teknologi?