Bisakah Belajar Otodidak Untuk Jadi Programmer Handal?

Belajar-Programming

Banyak yang bilang untuk menjadi seorang programmer merupakan hal yang sulit. Selain harus banyak bergelut dengan coding, seorang programmer juga dituntut harus bisa menguasai bahasa-bahasa pemrograman seiring berkembangnya teknologi. Namun, sebagian orang tetap menggeluti profesi ini karena merasa menjadi programmer adalah passion hidupnya. Definisi programmer yang kita bahas di artikel ini diartikan sebagai seseorang yang mampu menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Ia mempunyai banyak kemampuan yang terdiri dari berbagai level, andal dalam menulis kode, hingga merancang algoritma suatu sistem aplikasi.

Jenis Programmer dan Fungsinya

Programmer komputer juga terdiri dari beberapa jenis. Beberapa di antaranya, yakni web programmer, desktop application programmer, hingga software engineer programmer. Mereka bahkan memiliki istilah tersendiri, seperti full stack developer, backend developer, frontend developer, hingga data scientist. Tugas dan cara kerja macam-macam programmer ini pun berbeda-berbeda, seperti contoh full stack developer yang mampu merangkap fungsi pemrograman sebagai backend dan frontend. Tugas frontend developer umumnya adalah membuat desain interface atau antarmuka suatu website, sedangkan backend developer lebih banyak bekerja di balik layar dalam mengembangkan sebuah website.

Bahasa Programmer

Nah, buat kamu yang ingin menjadi programmer andal, tapi belum punya pengalaman coding, kamu bisa mulai belajar dasar-dasar ilmu programmer secara otodidak dari internet. Ada banyak cara belajar untuk menjadi programmer yang bisa kamu dapatkan dari banyak sumber dan bisa kamu pelajari secara otodidak. Beberapa bahasa pemrograman dasar yang harus kamu ketahui untuk menjadi junior programmer, antara lain:

Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC (personal computer) sampai ponsel. Bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan dalam The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem, produsen perangkat lunak yang bermarkas di Santa Clara, California yang kemudian dilepas kepada Oracle, perusahaan perangkat lunak berbasis data. Pada awalnya bahasa tersebut dinamakan Oak, tapi nama Oak sudah lebih dulu didaftarkan sehingga diganti menjadi Java. Pemilihan nama Java sendiri berasal dari kata Jawa, yang bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java.

Java biasanya digunakan oleh programmer untuk mengembangkan aplikasi smartphone Android karena Java memiliki beberapa kelebihan seperti kemampuan berjalan pada sistem operasi yang berbeda-beda. Bahasa pemrograman ini termasuk dalam pemrograman OOP atau disebut object-oriented programming yang berarti pemrograman orientasi objek untuk memudahkan seorang programmer dalam menyusun sebuah program.

Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang multifungsi dengan filosofi perancangan yang berfokus pada keterbacaan kode. Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi baik itu web atau mobile. Python termasuk bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari oleh programmer pemula karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang juga lebih mudah untuk dipahami. Adapun beberapa perusahaan besar yang menggunakan python dalam mengembangkan bisnisnya antara lain Instagram, Pinterest, dan Rdio. Selain itu, python juga digunakan oleh para pengembang industri raksasa seperti Google, Yahoo!, serta NASA (the National Aeronautics and Space Administration).

C

C merupakan bahasa pemrograman yang dibuat pada tahun 1972 sekaligus menyandang predikat sebagai bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa ini dibuat oleh Dennis Ritchie yang biasanya digunakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer dan mengembangkan software suatu aplikasi. Selain itu, bahasa C juga menjadi dasar bagi calon programmer sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Oleh karena itu bahasa C kerap disebut “bapak” dari bahasa pemrograman lain seperti C#, Java, C++, dan sebagainya.

PHP

PHP atau singkatan dari Personal Home Page, yang awalnya dikenal sebagai Hypertext Preprocessor, adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk membuat dan mengembangkan sebuah web yang dinamis serta bisa digunakan bersamaan dengan HTML (HyperText Markup Language). PHP pertama kali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Adapun beberapa website-website populer yang dalam pengembangannya menggunakan PHP, yakni Facebook, Wordpress, dan Digg.

Javascript

Javascript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis yang dikembangkan pertama kali oleh Breindan Eich dari Netscape, perusahan berbasis teknologi di Amerika Serikat. Bahasa tersebut banyak digunakan untuk pengembangan web dan dapat bekerja di beberapa browser ternama, seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape, dan Opera. Kode Javascript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. Dengan Javascript ini kamu bisa membuat web yang interaktif dan menarik.

Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman dinamis yang berbasis skrip dan berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto pada tahun 1993. Dengan ruby, programmer dapat menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrograman skrip yang ada di dunia. Ruby sendiri ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

C++

Bahasa pemrograman C++ ini merupakan pengembangan dari bahasa C yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie. Bahasa tersebut pertama kali dibuat dan dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980-an. Meski keduanya memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, baik C maupun C++ mempunyai perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Penyelesaian masalahnya dalam bahasa C dilakukan dengan membagi-bagi ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil atau disebut bahasa pemrograman prosedural sedangkan bahasa C++ lebih berorientasi pada objek yang membagi permasalahan ke dalam class-class.

SQL

Bahasa yang merupakan singkatan dari Structured Query Language ini adalah bahasa standar yang digunakan untuk mengakses sebuah data relasional, termasuk Oracle. SQL pertama kali dikembangkan oleh Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce pada tahun 1974. Bahasa ini juga menyediakan sekumpulan pernyataan atau query untuk melakukan proses penyimpanan, modifikasi, dan pengambilan data di dalam suatu database. Saat ini hampir semua server basis data yang ada menggunakan bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

Saatnya Belajar Programming

Untuk menjadi seorang programmer tentu bisa dilakukan dengan belajar otodidak. Ada banyak sumber pembelajaran di internet tentang programmer yang memberikan tips maupun langkah untuk menjadi programmer bagi para pemula. Selain itu, ketertarikan pada membaca juga harus ditanamkan dalam diri mereka karena para programmer harus terbiasa membaca dokumentasi yang panjang saat praktik nanti. Kemampuan berbahasa Inggris pasif juga diperlukan untuk menjadi programmer sebab mereka akan banyak menemukan dokumentasi berbahasa Inggris saat praktiknya. Adapun skill dasar yang harus dimiliki seorang programmer yakni memiliki kemampuan problem solving untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada website atau aplikasi yang sedang dikembangkan. Hal yang terpenting untuk menjadi seorang programmer adalah memiliki keinginan dan motivasi yang kuat untuk terus belajar dan senang mencoba hal baru hingga menjadi seorang programmer yang sukses dan terkenal.

Komunitas Programmer

Kalaupun ada kesulitan saat belajar programming otodidak, kamu bisa bergabung dan sharing di komunitas-komunitas programmer yang ada di forum internet. Di website atau forum programmer, kamu bisa sharing sekaligus bertanya kepada kawan programmer lain, mulai dari aplikasi untuk programmer, PC programmer, software untuk programmer, hingga desktop programmer. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan pelajaran pemrograman dan tips-tips bermanfaat, seperti tips membuat website atau aplikasi dengan user interface (UI) yang menarik dari programmer profesional.

Sebenarnya menjadi programmer itu hanya menerjemahkan ide yang kita miliki menjadi sebuah perintah komputer dan komputer akan melakukan apa yang kita inginkan. Jadi siapapun dan apapun latar belakangnya tentu bisa menjadi seorang programmer meski dengan belajar secara otodidak. Selama ada keinginan untuk terus belajar, maka kamu akan bisa menjadi programmer andal. Apakah kamu seorang programmer andal Indonesia selanjutnya?