Home
News

Mengenal Pekerjaan UI UX Designer dan Kebutuhannya di Indonesia

Seni desain tidak lagi hanya terbatas pada kanvas dan pensil. Saat ini, desain telah memasuki dunia digital dengan UI (User Interface) dan UX (User Experience) yang menjadi dua elemen penting di dalamnya.

Seni desain tidak lagi hanya terbatas pada kanvas dan pensil. Saat ini, desain telah memasuki dunia digital dengan UI (User Interface) dan UX (User Experience) yang menjadi dua elemen penting di dalamnya. UI UX Designer memiliki peran yang sangat vital dalam mengubah aplikasi atau website menjadi suatu produk yang mudah digunakan dan diterima oleh pengguna.

Menurut Bastian Sulistyo, Group IT Manager DGW, semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi digital, terutama yang memiliki aplikasi membutuhkan UI UX Designer untuk memudahkan para konsumen menemukan tujuan yang mereka cari.

Pekerjaan UI UX Designer

UI UX Designer adalah mereka yang berfokus pada pengalaman pengguna dan cara interaksi mereka dengan produk digital. UI merujuk pada bagian visual yang berhubungan langsung dengan interaksi antara pengguna dan produk, sementara UX merujuk pada keseluruhan pengalaman pengguna saat menggunakan produk tersebut.

“Di DGW sendiri seorang UI UX Designer memiliki tanggung jawab untuk membuat UI UX apps yang telah dibackup dengan research yang mendalam terhadap kebutuhan penggunanya ke managerial,” kata Bastian.

Ini artinya, UI UX designer memainkan peran krusial dalam melakukan penelitian mendalam tentang pengguna dan apa yang dibutuhkan oleh mereka, lalu menerapkan penemuan tersebut ke dalam rancangan produk.

Peluang Karir UI UX Designer di Indonesia

Data dari LinkedIn di 2023, menunjukkan bahwa pekerjaan UI UX Designer di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Dalam empat tahun terakhir, terjadi peningkatan sebesar 400% dalam jumlah lowongan pekerjaan UI UX Designer. Ini mencerminkan bagaimana pentingnya peran UI UX Designer dalam perkembangan industri teknologi di Indonesia.

“Peluang karir sebagai UI UX Designer di Indonesia sangat besar. Seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat, peran mereka menjadi sangat penting dan sangat dibutuhkan di semua jenis industri,” ujar Bastian.

Peran UI UX Designer

Meski memiliki peran penting, menurut Bastian masih banyak perusahaan konvensional yang belum menyadari pentingnya peran UI UX Designer untuk level eksekutor atau posisi tactical dan managerial. Mereka biasanya berfokus pada desain dan penelitian, dan menyerahkan hasil kerja mereka kepada tim manajemen.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa posisi UI UX Designer kurang penting. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh UI UX Designer, mereka dapat turut serta dalam proses tolok ukur dan mejadi katalis untuk membawa bisnis perusahaan ke level berikutnya.

Mengapa Memilih Karir Sebagai UI UX Designer

Bastian menambahkan pentingnya belajar UI UX untuk bisa mengembangkan apps yang secara inutitif mudah dipelajari oleh pengguna dan mempercepat operasional ata usabilitas dari apps tersebut.

Pekerjaan sebagai UI UX Designer memang menjanjikan banyak peluang bekerja di E-commerce, perbankan, kesehatan, ritel, hingga perusahaan teknologi multinasional. Jika kamu memiliki minat dalam desain dan teknologi serta ingin berkontribusi dalam menciptakan produk digital yang lebih baik, keahlian UI UX Design adalah sesuatu yang patut untuk dipelajari.

Kamu bisa mulai dengan ikut Bootcamp UI UX Hacktiv8 yang memungkinkan kamu jadi UI UX Designer hanya dalam 8 minggu. Kurikulum dirancang langsung oleh profesional di industri dan berfokus pada praktik. Kelas juga bisa diikuti di luar jam kerja secara remote. Jadi tunggu apalagi? Daftar batch terdekat dengan klik tombol di bawah.