Home
News

Dilarang Merekrut Data Scientist sebelum Mempersiapkan Hal Berikut ini

Dengan data science dan data analytics, perusahaan dapat memaksimalkan penggunaan data yang mereka miliki untuk dapat mengembangkan bisnisnya dan membawa perusahaan ke tahapan yang lebih tinggi.

Dengan data science dan data analytics, perusahaan dapat memaksimalkan penggunaan data yang mereka miliki untuk dapat mengembangkan bisnisnya dan membawa perusahaan ke tahapan yang lebih tinggi. Tidak heran banyak perusahaan yang bergegas membangun tim Data Science dan ini merupakan hal yang wajar, mengingat persaingan yang ketat di industri dan teknologi.

Tetapi, merekrut Data Scientist dengan cepat dan dengan ekspektasi yang tinggi dapat menjadi bumerang dan justru menyebabkan kerugian finansial dan waktu. Maka sebelum merekrut Data Scientist, Anda harus mengetahui dulu apa saja fungsi Data Scientist yang dapat berguna bagi perusahaan Anda dan apa saja yang perlu disiapkan sebelum memutuskan untuk merekrut.

Fungsi Data Scientist untuk perusahaan Anda

Berikut ini beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Data Scientist dan mungkin dibutuhkan oleh perusahaan Anda:

  • Melakukan riset dan merancang model statistik untuk analisa data
  • Mengidentifikasi peluang business development
  • Membuat action plan berdasarkan bukti data yang ada
  • Mengidentifikasi dan mempertajam target audience

Selain itu, terdapat manfaat lainnya merekrut Data Scientist untuk perusahaan Anda:

  • Pengembangan produk.
    Data science dapat memberikan insight seperti kapan dan di mana produk Anda paling banyak terjual. Dengan begini, Anda dapat menawarkan produk yang paling relevan pada waktu dan di tempat yang paling tepat.
  • Specialized customer experience
    Kenali pelanggan Anda dengan lebih terperinci melalui data pemasaran dan penjualan. Kemudian Anda dapat merancang customer experience yang paling baik untuk setiap kategori pelanggan.
  • Meningkatkan keamanan
    Perusahaan dapat menggunakan data science untuk meningkatkan keamanan data pelanggan dan melindungi informasi yang bersifat sensitif. Melalui data science juga dapat diciptakan sistem atau algoritma yang dapat mendeteksi penipuan lebih cepat sebelum terjadi kerugian yang besar.
  • Memprediksi market trends
    Dengan data transaksi penjualan, data pemasaran dari channel seperti Google Analytics, social media ads, survei pelanggan, dll Data Scientist dapat membuat prediksi tren pasar di masa depan. Sehingga Anda mengetahui apa yang akan diminati target audience Anda pada tiga bulan atau satu tahun mendatang dan cara terbaik dalam memasarkannya.

Yang perlu disiapkan sebelum merekrut Data Scientist

Memahami secara jelas tujuan merekrut Data Scientist

Anda dapat mulai dengan mengidentifikasi masalah dan kesempatan bisnis seperti apa yang ingin dipecahkan dan dieksplor. Tidak perlu memiliki data dalam jumlah besar, yang penting Anda memiliki data yang berkaitan dengan masalah bisnis yang ada.

Seperti dikutip dari hackerearth.com, pada umumnya perusahaan menargetkan hal berikut saat merekrut Data Scientist:

  • Memecahkan masalah optimisasi
    Secara sederhana, merombak proses dengan analisa data. Misalnya saja sebuah perusahaan logistik di mana rantai suplai dapat dioptimalkan sehingga kurir dapat menggunakan bahan bakar lebih sedikit dan menjangkau pelanggan lebih cepat.
  • Memberikan rekomendasi
    Menggunakan data untuk membuat predictive model untuk lebih memahami pelanggan. Biasanya e-commerce menggunakan cara ini untuk merekomendasikan produk berdasarkan perilaku belanja pelanggan dan juga memonitor ketersediaan stok di warehouse.
  • Business intelligence
    Business intelligence adalah manajemen data, meliputi menyusun data dan memberikan informasi dari data tersebut. Insight bisnis seperti ini sangatlah penting dalam proses pengambilan keputusan perusahaan.
    Setelah memahami tujuan merekrut Data Scientist, Anda dapat menuangkannya dalam bentuk job description sehingga kandidat yang tepat memahami apa yang diharapkan dari mereka.

Memahami profil Data Science dan mengetahui orang seperti apa yang ingin direkrut

Sama seperti profesi lainnya, Data Scientist data dari berbagai latar belakang. Beberapa memiliki pengalaman dengan model Machine Learning, ada juga yang memiliki kekuatan dalam Analitik dan Visualisasi.

Yang terpenting adalah merekrut Data Scientist yang sesuai dengan masalah yang Anda alami. Banyak sekali di luar sana Data Scientist dengan gelar pendidikan yang tinggi namun pengalaman terbatas. Data Scientist seperti ini biasanya bekerja dengan pendekatan yang akademis ketimbang bisnis.

Berikut ini beberapa skil yang harus diperhatikan saat merekrut Data Scientist:

  • Statistik dan aljabar linear
  • Machine learning
  • Data mining
  • Optimisasi
  • Skil teknis (seperti bahasa pemrograman, library, struktur data dan algoritma)

Jenis Data Scientist

  1. Researcher
    Data researchers memiliki kekuatan di matematika dan statistik. Biasanya mereka ahli dalam mengembangkan algoritma khusus untuk memaksimalkan penggunaan data dan menemukan solusi dari data tersebut. Skil yang harus dimiliki antara lain R, Python dan SQL.
  2. Engineer
    Data engineers biasanya memiliki kemampuan coding yang kuat. Mereka ahli dalam menciptakan struktur dan prototipe secara cepat. Data tools dan bahasa pemrograman yang mereka kuasai meliputi Python, Scala, Java dan MATLAB.

Pastikan Anda merekrut Data Scientist yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda dan memiliki ekspektasi yang tepat terhadap Data Scientist yang direkrut. Untuk menghemat waktu dan uang, perusahaan biasanya merekrut Data Scientist yang sudah menerima pelatihan menyeluruh. Talenta seperti ini biasanya disediakan oleh lembaga pelatihan seperti Hacktiv8. Perusahaan dapat merekrut Data Scientist yang telah dilatih secara intensif selama 12 minggu. Metode rekrutmen seperti ini dapat mengurangi mis-hiring karena talenta telah melalui tahap pelatihan dan uji coba.

Ciptakan lingkungan yang mendukung kinerja Data Scientist

Sangat penting untuk melihat ke dalam perusahaan Anda sendiri untuk menilai apakah sistem dan lingkungan kerja mendukung adanya seorang Data Scientist. Kondisi yang tidak mendukung seperti tidak adanya orang teknis atau bisnis yang memahami data science; atau tidak adanya data dan dukungan teknis yang tersedia.

Anda juga harus mempersiapkan bujet untuk mendukung kinerja Data Scientist atau tim Data Scientist. Sering terjadi perusahaan yang gagal dalam upaya data science dan AI, menyalahkan Data Scientist mereka dengan alasan seperti skil yang tidak memadai; padahal bisa jadi perusahaanlah yang tidak mampu memberikan dukungan, lingkungan dan bujet yang memadai untuk tercapainya target data science.

Demikianlah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda merekrut Data Scientist untuk tim Anda. Rekrut Data Scientist hanya dari kumpulan talenta terbaik. Hacktiv8 memiliki kumpulan talenta data science yang telah terlatih secara intensif dan siap direkrut. Dengan menjadi Hiring Partner, tim Hacktiv8 dapat memberikan rekomendasi talenta yang sesuai dengan kebutuhan Anda.