Home
News

5 Tips Memilih Sekolah Coding Untuk Berkarir Sebagai Programmer

IT merupakan skill yang paling dicari di tahun 2025. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk belajar di Sekolah coding bootcamp agar bisa career switch.

Teknologi memiliki peran vital dalam perkembangan industri di masa depan. Berdasarkan laporan World Economic Forum, IT dan teknologi merupakan skill yang paling dicari di tahun 2025. Tidak heran banyak orang yang mulai belajar coding online, bahkan ikut kursus coding untuk bisa career switch. Meski begitu, tidak semua orang yang belajar programming online bisa langsung berkarir menjadi programmer. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti belum siap kerja, persaingan yang ketat, materi yang dipelajari tidak relevan, hingga tidak ada mentor yang membimbing. Untuk itu, bagi kamu yang ingin berkarir di bidang teknologi tanpa memiliki latar belakang IT. Pastikan kamu memilih tempat kursus programming terbaik yang memiliki fasilitas belajar yang mendukung.

Perkembangan Bootcamp di Indonesia

Seiring meningkatnya kebutuhan akan programmer dalam upaya transformasi digital di segala sektor, membuat animo masyarakat semakin tinggi untuk berkarir atau career switch di bidang teknologi. Hal ini membuat pertumbuhan coding bootcamp semakin marak di Indonesia. Coding bootcamp adalah tempat belajar coding dengan jadwal yang intensif dan waktu yang lebih singkat dari 3-6 bulan. Dengan embel-embel tersebut, bootcamp dianggap dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin menjadi programmer dalam waktu singkat. Selain itu, lulusan bootcamp juga dipercaya dapat langsung terjun ke dunia kerja karena materi yang diajarkan lebih banyak praktik dibanding teori. Saat ini sudah banyak bootcamp di Indonesia yang menawarkan program belajar yang sama. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu tertarik untuk masuk sekolah coding bootcamp sebagai berikut.

Memiliki Standar Penerimaan

Pendaftaran Bootcamp

Sekolah coding yang kredibel tidak asal dalam menjaring para calon siswanya. Jika kamu dapat masuk coding bootcamp dengan mudah tanpa harus melalui tes terlebih dahulu. Kamu tidak akan tahu seberapa besar potensi kamu untuk menjadi programmer karena tidak adanya edukasi dan pemahaman tentang bidang ini. Akibatnya, kamu akan mengalami kesulitan saat mengikuti pembelajaran hingga berujung frustasi.

Sebagai sekolah coding bootcamp pertama di Indonesia di Indonesia, Hacktiv8 memiliki standar penerimaan bagi calon siswanya. Di Hacktiv8, siswa yang mendaftar akan diberikan edukasi dan juga informasi mengenai bootcamp dan dunia kerja developer dengan menjelaskan apa saja peluang kerja bagi mereka, mengapa penting bagi Indonesia untuk berkarir di dunia IT, bagaimana pentingnya untuk bisa berkontribusi dan berkarya. Lalu siswa akan diberikan tes logika dan bahasa Inggris dasar untuk mengukur sejauh mana potensi mereka untuk menjadi programmer. Siswa yang lolos seleksi harus siap mengikuti pembelajaran di bawah tekanan dengan materi yang padat dan tempo yang cepat serta mengerjakan tugas dan challenge yang diberikan secara individu maupun kelompok.

Instruktur Profesional

Belajar Daring

Sistem belajar di sekolah coding bootcamp yang lebih banyak praktik ketimbang teori, membutuhkan sosok pengajar yang berpengalaman di bidang IT. Jadi pastikan bootcamp yang kamu pilih terdapat pengajar yang benar-benar paham dengan kondisi di lapangan, bukan terpaku dengan gelar akademisi.

Di Hacktiv8, pengajar disebut sebagai instruktur karena mereka merupakan orang-orang yang memiliki banyak pengalaman di lapangan. Sehingga selain mengajar, mereka juga bisa diajak diskusi, bahkan sharing seputar pengalamannya selama berkarir sebagai programmer. Selain itu, siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya seputar materi yang tidak dimengerti secara 1-on-1 dengan instruktur buddy di setiap fase pembelajaran.

Materi Terupdate

Belajar Remote

Pesatnya perkembangan teknologi menuntut kita untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memastikan materi yang diajarkan di sekolah coding bootcamp sudah sesuai dengan kebutuhan di industri saat ini.

Kurikulum di Hacktiv8 selalu diperbarui setiap empat minggu sekali agar siswa mendapatkan materi dan skill yang relevan dengan dunia kerja. Sehingga setelah lulus, siswa dapat menjawab tantangan dan memberikan solusi di perusahaan tempat mereka bekerja.

Memiliki Kelas Konsultasi

Kelas Konsultasi

Tidak hanya memberikan pembelajaran, akan menjadi nilai plus jika sekolah coding bootcamp memberikan sesi untuk para siswanya ice breaking. Tujuannya adalah untuk menyegarkan kembali pikiran mereka agar tidak stres karena digempur tugas dan challenge dengan berbagai kesulitannya.

Di Hacktiv8, siswa dapat mengkonsultasikan kesulitan dan masalahnya secara pribadi dengan konselor di kelas Engineering Empathy. Di sesi ini, siswa juga akan diajarkan untuk memiliki pola pikir growth mindset untuk bisa terus belajar dan berkembang. Sehingga setelah lulus siswa dapat mengatasi masalahnya sendiri saat di dunia kerja.

Memberikan Transparansi

Laporan CIRR

Mungkin banyak yang mempertanyakan tentang bagaimana sekolah coding bootcamp dapat menciptakan talenta-talenta digital yang kompeten. Hal ini tentu menimbulkan keraguan akan karir mereka setelah lulus karena tidak adanya transparansi yang merangkum hasil belajar dari suatu bootcamp. Oleh karena itu, jika kamu ingin masuk sekolah coding bootcamp, pasikan bootcamp yang kamu pilih telah memenuhi indikator sebagai lembaga pendidikan yang transparan, mudah diakses, dan mengacu pada hasil belajar.

Dari sekian banyaknya kursus coding di Jakarta maupun di Indonesia. Hanya Hacktiv8 sekolah coding bootcamp di Indonesia yang tergabung dalam CIRR (Council on Integrity in Results Reporting). CIRR adalah standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang menekankan bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar adalah hal yang utama untuk mencegah adanya kecurangan dalam laporan kelulusan suatu sekolah coding. Laporan CIRR dirangkum dalam 6 bulan sekali di setiap tahun. Dengan adanya CIRR, calon siswa bisa mendapat informasi tentang lulusan Hacktiv8 seperti perjalanan karir hingga rata-rata pendapatan mereka yang bisa menjadi acuan sebelum masuk Hacktiv8.

Dibantu Cari Kerja

Disalurkan Kerja

Salah satu keunggulan sekolah coding bootcamp yang menarik adalah mereka turut membantu lulusannya mencari pekerjaan sebagai bentuk penghargaan kepada para siswa yang telah berhasil menyelesaikan pembelajaran yang penuh dengan tekanan dan tantangan. Biasanya suatu bootcamp akan membangun koneksi dengan perusahaan teknologi untuk menyalurkan para lulusannya di perusahaan tersebut.

Hacktiv8 sendiri memiliki lebih dari 800 perusahaan hiring partner yang siap merekrut para siswanya setelah lulus. Siswa juga akan dibantu untuk mempersiapkan karirnya mulai dari memberikan panduan membuat CV yang baik, mengadakan kelas persiapan untuk menghadapi interview, dan memberikan Buddy Session untuk siswa yang ingin mengkonsultasikan kesulitannya dalam mencari kerja. CV yang telah memenuhi standar akan dimasukkan di hiring portal agar bisa dilihat oleh hiring partner atau direkomendasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, hingga berkesempatan di interview langsung setelah graduation.

Itulah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih sekolah coding bootcamp. Hacktiv8 siap membantu kamu untuk berkarir di industri teknologi tanpa butuh background IT. Jika kamu punya pertanyaan seputar Hacktiv8, kamu bisa email ke halo@hacktiv8.com dan chat melalui WhatsApp ke 02180675787 atau jadwalkan konsultasi virtual dengan tim admission Hacktiv8 melalui bit.ly/KonsultasiH8. Yuk, persiapkan karirmu di masa depan bersama Hacktiv8.