Tips Penting untuk Kamu yang Tertarik Memulai Karir di Data Science

Data Sciencetipspython programming

Tips Penting untuk Kamu yang Tertarik Memulai Karir di Data Science

tips-penting-untuk-orang-yang-tertarik

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang pada diri mereka sendiri sebelum mencoba data science di antara lainnya adalah: “Bahasa mana yang harus dipelajari— Python atau R”, “Teknik apa yang harus di fokus kan?”, “Haruskah saya belajar coding?”, “Haruskah saya pelajari statistik?” Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan salah satu dari pertanyaan umum yang harus kamu jawab sebagai pemula yang tertarik akan mengikuti kelas online untuk data science.

Artikel ini meng-highlight beberapa tips penting untuk orang yang memulai di bidang Data Science. Panduan ini menetapkan framework yang dapat membantu seorang yang ingin belajar data science online.

Pilih pekerjaan yang tepat

Data science sangat luas, dan ada beberapa pekerjaan yang bisa dipilih di industri ini. Beberapa pekerjaan yang umum di industri data science termasuk:

  • Data Scientist
  • Data Engineer
  • Machine learning Expert

Tergantung dari pengalaman kerja atau latar belakang yang kamu miliki, terjun ke salah satu pekerjaan data science lebih mudah daripada yang lain. Sebagai contoh, tidak susah bagi software developer untuk pindah ke pekerjaan apa saja yang bersangkutan dengan data engineering. Kamu perlu tau dengan jelas keinginanmu di bidang data science, jika tidak, kamu akan tetap bingung dalam jalan yang ingin kamu tempuh atau keterampilan apa yang tertarik untuk kamu asah.

Jika kamu tidak yakin akan yang akan kamu pilih berikut merupakan beberapa saran yang dapat membantu kamu.

  1. Berinteraksi dengan orang-orang yang berada di bidang data science dan tanyakan apa saja peran mereka.
  2. Terima bimbingan dari orang-orang yang ada di industri tersebut—tanyakan kepada mereka pertanyaan yang bersangkutan dengan pekerjaan mereka.
  3. Coba dan cari tahu apa keahlianmu dan apa yang kamu inginkan di hidupmu dan pilih pekerjaan yang paling cocok dengan bidang ilmu mu.
  4. Riset secara online tentang apa yang kamu inginkan, karena perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir memungkinkan untuk belajar data science secara online.

Ikuti sebuah kursus

Setelah memutuskan apa yang ingin kamu lakukan, langkah berikutnya adalah untuk menaruh upaya dan dedikasi untuk memahami pekerjaannya. Hal ini menyangkut dengan memahami persyaratan pekerjaan. kamu dapat belajar apapun yang kamu mau di data science dikarenakan permintaan untuk data scientist besar. Ada lebih dari seribu kursus dan kelas di data science yang dapat kamu pelajari. Menemui materi yang benar untuk data science tidaklah sulit, tetapi; mempelajarinya bisa sedikit sulit dan membutuhkan usaha.

Sangatlah penting untuk mengikuti kursus yang sudah kamu daftarkan secara aktif. Upayakan kamu ikuti tugas-tugas, bahas semua diskusi yang sedang terjadi disekitar kursus yang sudah kamu ikuti dengan serius.

Ikuti resources yang tepat

Jika kamu tidak mau berhenti belajar, pastikan dirimu untuk menyerap semua pengetahuan yang dapat kamu temukan. Sumber informasi yang paling berguna adalah blog atau artikel yang ditulis oleh data scientist yang paling berpengaruh di dunia. Data scientist yang berpengaruh selalu mengupdate blog mereka sekali-kali. Mereka aktif, dan pengikut blog ini akan selalu terupdate akan penemuan baru dari scientist ini dalam bidang data science. Dari blog ini kamu akan menemukan post baru yang bersangkutan dengan kemajuan terbaru di bidang data science.

Jika kamu membaca tentang data science setiap hari, lama kelamaan akan menjadi kebiasaan, dan hal ini akan berguna untuk karirmu. Banyak data scientist yang berpengaruh di internet untuk diikuti, karena itu; kamu perlu memastikan untuk mengikuti orang-orang yang tepat untuk membantu kebutuhanmu.

Hal yang perlu diketahui oleh setiap data scientist diantaranya:

1. Belajar Statistik.
Jika kamu ingin menjadi data scientist dan kurang pengetahuan akan statistik, sekarang adalah waktu yang tepat bagi mu untuk memulai. Akan menjadi sulit bagimu untuk berada di bidang data science tanpa mengetahui konsep statistik. Walaupun pada titik tertentu akan menjadi susah, untuk sekarang mulailah dari dasar statistik dan kembangkan dari situ.

2. Belajar Programming.
Programming terlihat susah untuk orang yang tidak memiliki latar belakang IT, tetapi; perlu kamu ketahui jika kamu tuangkan seluruh usahamu untuk belajar, programming menjadi mudah. Dengan internet dalam genggaman mu, beberapa kursus online dapat membantumu belajar programming. Mempelajari bahasa pemrograman membutuhkan waktu, karena itu para ahli menganjurkan untuk programmer baru memiliki kesabaran, determinasi dan konsistensi dalam perjalanan programming mereka.

3. Belajar dan Latihan.
Untuk berhasil dalam data science, kamu perlu mendedikasikan beberapa waktu mu untuk latihan dan belajar. Untuk menjadi efektif di bidang ini, mulai dengan hal yang sederhana dan kembangkan dari situ. Ada beberapa bagian dalam pekerjaan ini yang harus kamu pelajari berulang-ulang; karena bidang ini sangat luas dan juga teknikal. Buat latihan sebagai proses yang berulang. Ingat bahwa setiap kali kamu latihan akan ada pertanyaan-pertanyaan yang bermunculan dan hal ini akan mendorong kamu untuk membaca kembali. Data Science adalah bidang terapan, ini adalah alasan mengapa ahli menyarankan untuk melatih apa yang mereka pelajari.

Source:
https://thriveglobal.com/stories/important-tips-for-people-interested-in-starting-a-career-in-data-science/

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.