Tips Meningkatkan Konsentrasi

programmingtips

Tips Meningkatkan Konsentrasi

Tuntutan profesi yang mengharuskan seseorang untuk menghabiskan waktu lebih dari 8 jam di depan komputer, kadang membuat daya konsentrasi menurun. Bukan hanya berdampak pada kualitas dan hasil pekerjaan, melainkan juga mengganggu kesehatan.

Berkonsentrasi selama berjam-jam tanpa ada gangguan merupakan hal yang sangat mustahil. Apalagi zaman sekarang di mana teknologi semakin canggih dan dengan mudahnya diakses tanpa batas waktu, sungguh merupakan gangguan yang sulit dihindari.

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat membantu mengembalikan serta meningkatkan kemampuan konsentrasi kamu:

  • Luangkan waktu untuk istirahat sejenak - Pastikan kamu tetap mengutamakan pekerjaan sesuai dengan rencana. Setelah beberapa pekerjaan telah selesai kamu kerjakan, maka ambillah beberapa menit untuk istirahat sejenak, baik untuk sekadar duduk santai, membuat secangkir teh, maupun mendengarkan 1 atau 2 buah lagu. Hal ini mampu membantu kamu lebih rileks saat kembali mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

  • Berdiri dan berjalan kecil - Seseorang yang duduk berjam-jam lebih rentan terkena sakit pinggang. Maka berdirilah sesekali sambil berjalan kecil di sekitar ruang kerja kamu. Jangan lupa untuk minum air mineral secara teratur untuk membantu melancarkan peredaran darah. Berdiri dan berjalan kecil juga membantu menghilangkan kebosanan dan membangun kembali konsentrasi kamu.

  • Matikan Push Notification - Mungkin terdengar sepele, tetapi manfaatnya lumayan besar. Sebelum bekerja, tidak ada salahnya kamu mematikan Push Notifications di gadget kamu agar terhindar dari distraksi setiap ada pesan atau pemberitahuan dari akun media sosial.

  • Perhatikan asupan makanan - Sebelum belajar atau bekerja, pastikan perut kamu sudah diberi cukup asupan. Perut kosong dapat mengganggu produktivitas sehingga fokusmu menjadi mudah terganggu.

  • Hindari Multitasking - Kadang menjadi seorang multitasker sangat menguntungkan, akan tetapi jika kamu sedang dituntut untuk fokus pada suatu pekerjaan, maka hindarilah menyelesaikan pekerjaan itu dengan menyambinya dengan pekerjaan lain. Selain tidak fokus, hasil akhir yang didapat pun kurang maksimal.

  • Olahraga teratur - Tubuh yang sehat senantiasa memberi ketenangan pada pikiran. Olahraga secara teratur membantu mengatur supply oksigen ke dalam otak kita sehingga daya konsentrasi kita semakin baik.

Banyak orang yang larut akan keasyikan bekerja, bahkan banyak pula dari mereka yang kadang lupa waktu sampai kehilangan fokus dengan sendirinya. Oleh karena itu, konsentrasi pun perlu dilatih agar tidak mengganggu berjalannya pekerjaan.