Tips Menangani Stress Untuk Programmer

programmingcodingtips

Tips Menangani Stress Untuk Programmer

tim-gouw-68319-unsplash

Setiap aktivitas pekerjaan atau suatu profesi pasti mengalami masa-masa stress. Tidak terkecuali dengan profesi Programmer. ¨I´m programmer, I Have No Life¨, bahkan slogan itu sudah sering diucapkan oleh programmer. Itu membuktikan kalau profesi sebagai programmer rentan terhadap stress.

Memang baca faktor yang membuat seorang yang berprofesi sebagai programmer mengalami stress. Selain coding yang tidak bekerja dengan baik, ada lagi faktor lain seperti deadline project yang terlalu mepet, bahkan stress yang ditimbulkan seperti stress karena putus cinta, kurang istirahat, bisa membuat seorang programmer merasa stress.

Pada artikel ini, HACKTIV8 ingin memberikan tips mengatasi stress untuk programmer. Yuk HacktivPeople kita simak tips-tips berikut agar terhindar dari stress saat melakukan coding.

1. Beranjak Pergi dari Depan Komputer / Laptopmu

andrew-neel-308138-unsplash

Ketika kamu merasa jenuh karena code yang kamu buat tidak berjalan lancar, itu saatnya kamu ambil waktu sebentar dan beranjak pergi dari depan komputer / laptopmu. Ngobrol dengan orang sekitar atau menelpon teman bisa membuatmu terhindar dari stress.

2. Mendengarkan Musik Kesukaanmu

sgcreative-749720-unsplash

Salah satu cara mengatasi stress adalah dengan mendengarkan musik kesukaanmu. Jangan membuat suasana kerjamu terasa sepi. Pakai earphone dan putar lagu kesukaanmu, itu dapat mengatasi stress. Kamu coba deh!

3. Browsing Situs Humor

emilio-garcia-622683-unsplash

Browsing cerita-cerita humor, atau kamu bisa membuka 9gag, atau mungkin mendengarkan video stand up comedy di youtube bisa mengurangi rasa tertekan. Tertawa atau tersenyum adalah cara melepaskan perasaan stress yang melanda dirimu lho HacktivPeople

4. Berbincang Dengan Psikolog

Kalau kamu sudah melakukan ketiga usaha di atas dan kamu masih juga merasa tertekan atau stress. Kamu bisa pergi curhat dengan orang yang mengerti tentang psikologi. Pergilah ke psikolog dan ceritakan apa yang membuat dirimu merasa stress.

Di HACKTIV8 ada satu kelas yang bernama Engineering Empathy yang wajib diikuti oleh setiap siswa kelas FullStack Immersive JavaScript. Karena bootcamp di HACKTIV8 sangat intens kadang menimbulkan banyak tekanan yang dirasa para siswa. Di kelas Engineering Empathy para siswa diajari untuk me-manage tingkat stress, dan bebas mengutarakan keresahan yang menimbulkan rasa tertekan.

lab5-5-29

Empat tips mengatasi stress ini bisa Hacktiv People coba terapkan. Kalau kamu tertarik dengan kelas Engineering Empathy dari HACKTIV8, segera daftar dan bergabung di kelas Full Stack Immersive JavaScript HACKTIV8 sekarang!

Image Source : unsplash.com

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.