Things We Wish We Knew When We Were Learning to Code

programmingtips

Things We Wish We Knew When We Were Learning to Code

Belajar coding bisa menjadi menantang. Jadi, kita bertanya kepada developer dan komunitas kita untuk pelajaran apakah yang mereka ingin sampaikan ke diri mereka di masa lalu yang baru saja memulai belajar Programming.

Kamu sudah menjadi seorang Developer

Kadang kita merasa bahwa jika kita membaca satu buku lagi, mengikuti satu kursus lagi, atau mungkin menyelesaikan project satu lagi, kita baru bisa melewati suatu garis tak terlihat yang menentukan bahwa kita ada seorang “real developer.” Kamu adalah seorang Developer! Kamu tidak perlu mengetahui segala hal tentang coding. Tak peduli seberapa handal kamu dalam coding, kamu sudah cukup handal untuk memulai membuat program dan itu membuatmu bisa dipanggil sebagai seorang developer.

Kerjakan hal yang kamu sukai

Hal ini mungkin sudah umum diketahui, tapi saat kamu memulai belajar untuk membuat dan menyelesaikan hal baru, sangatlah penting agar kamu memulai dari pekerjaan yang menarik bagi dirimu. Temukan sesuatu yang kamu MAU kerjakan, bukan sesuatu yang menurut kamu adalah sesuatu yang HARUS kamu bisa kuasai atau buat.

Kadang hal jauh lebih mudah dari yang kamu bayangkan, jadi jangan menyerah!

Kadang mempelajari bahasa atau konsep baru terlihat layaknya mendaki sebuah gunung baru. Tapi jika kamu tetap gigih dalam belajar, perkembangan akan datang dengan sendirinya.

Perluas Networkmu

Meetup adalah sesuatu yang harus didatangi bagi developer di level apapun. Kamu tidak akan tahu siapa atau hal baru apa yang bisa kamu temui dari acara-acara seperti ini. Dengan topik yang luas dan kesempatan berbicara, meetup adalah cara menarik untuk kamu memulai berinteraksi dengan komunitas. Bahkan mungkin ada banyak komunitas atau meetup developer di dekat mu yang kamu belum tahu sebelumnya!

Jangan terlalu berfokus membuat code yang elegant dan efficient

Saat kamu baru mulai belajar, sangatlah mudah untuk kamu untuk jatuh ke dalam pancingan rasa iri pada mereka yang bisa membuat code yang begitu sempurna. Simpan ekspektasi seperti itu untuk lain hari, sekarang berfokuslah dengan mengasah kemampuanmu. Seiring dengan berkembangannya kemampuanmu, kamu akan bisa memperbaiki code yang sebelumnya kamu tulis secara asal menjadi sesempurna atau mungkin lebih sempurna dari yang membuat kamu iri dulunya.

Bekerjalah dengan developer lain

Apapun situasi belajarmu, baik di sebuah perusahaan ataupun belajar di sela-sela waktu di malam hari, cobalah untuk belajar bersama dengan developer lainnya. Dengan berada disekitar developer lainnya, kamu bisa belajar dan melakukan lebih banyak hal. Developer lain bisa mengajarimu trik khas mereka, atau memberikan kamu jawaban dan metode yang sebelumnya belum terpikirkan olehmu.

Pelajari Pattern, bukan Tools.

Pattern design yang umum digunakan untuk memecahkan masalah di berbagai development project. Saat kamu belajar, cobalah untuk berfokus pada cara pemecahan masalah, bukan hanya tools yang bisa kamu pakai untuk memecahkan masalah. Saat kamu berpindah bahasa dan framework, tools pasti akan berganti, tapi pattern yang ada pasti mirip satu dengan yang lainnya.

Kamu akan selalu dalam proses belajar.

Ada kemungkinan besar saat kamu mendapatkan pekerjaan pertamamu sebagai developer, tidak peduli seberapa handalnya kamu, pasti kamu akan mempelajari hal baru saat kamu mulai bekerja. Maka, mempertahankan semangat belajar sepanjang karirmu sangatlah penting. Saat kamu dihadapi dengan tantangan, maka kamu akan melihatnya sebagai suatu kesempatan untuk mempelajari hal baru.

Apakah kamu punya sesuatu yang mungkin ingin kamu sampaikan kepada dirimu saat baru belajar?

Source: Medium

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.