Things that Will Ruin Your Coding Bootcamp Experience

Things that Will Ruin Your Coding Bootcamp Experience

Mengikuti sesuatu yang memerlukan komitmen tinggi seperti Full Stack Immersive Bootcamp merupakan hal besar yang tidak bisa dilakukan tanpa dedikasi tinggi. Jika kamu sudah mengikuti program serupa, selamat! Pekerjaan yang berhubungan dengan coding berkembang lebih cepat 12% dari rata-rata dan memberi gaji yang jauh lebih besar dari pekerjaan yang tidak berhubungan dengan coding.

Fakta nyata mengenai coding bootcamp: hasil yang kamu dapatkan berbanding lurus dengan usaha yang kamu berikan. Jadi, selama mengikuti program di coding bootcamp, kamu harus mengetahui bagaimana cara menggunakan waktumu sebaik-baiknya. Kami sudah melihat ribuan murid berhasil melalui program bootcamp kami. Namun kami juga sudah melihat beberapa orang yang gagal. Karena itu, kami mengetahui beberapa hal yang harus dihindari saat mengikuti coding bootcamp.

Untuk kamu yang ingin mengikuti bootcamp, inilah 3 hal yang harus kamu hindari:

1. Sering tidak masuk kelas

Kami selalu menghimbau para murid untuk mengikuti semua sesi kelas. Di sebagian besar bootcamp, termasuk HACKTIV8, absensi sangatlah penting karena akan berpengaruh dengan kemampuan dan penguasaan materi. Materi di coding bootcamp disampaikan dengan sangat cepat. Apa yang biasa dapat dipelajari selama tiga bulan di perkuliahan bisa diajarkan hanya dalam satu hari. Jika kamu absen, kamu akan ketinggalan banyak materi dan akan sulit untuk mengejar ketinggalan.

2. Meragukan Proses Bootcamp

Mengikuti bootcamp selama 12 minggu mungkin terasa aneh pada awalnya. Kamu mungkin belum bisa memahami bagaimana proses ini akan berhasil. Namun, kamu harus percaya pada proses ini. Kurikulum, cara penyampaian materi dan urutan pembelajaran di coding bootcamp sudah dirancang dan diuji oleh para ahli. Semakin sering kamu berlatih, kamu akan semakin memahami efektivitas coding bootcamp.

3. Mengabaikan fasilitas yang tersedia

Sebuah bootcamp yang baik akan menyediakan mentor, instruktur dan staf yang siap untuk mendukung kelancaran proses belajarmu. Mereka tidak hanya dengan membantumu belajar coding, tetapi juga membantumu mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan program. Manfaatkanlah aset tersebut sebaik mungkin.

Demand akan programmer dan coder akan terus meningkat pesat dalam beberapa tahun mendatang. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai terjun ke dunia pemrograman. Disiplin mengikuti kelas, percaya pada proses dan menggunakan fasilitas yang ada dengan efektif akan membantumu menyelesaikan program di coding bootcamp dengan sukses.

Siap untuk mencoba?

HACKTIV8 memiliki program full-time dan part-time di bidang coding dan project management.

Klik disini untuk mengenal program HACKTIV8 lebih dalam!

Photo Credit: Unsplash

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.