The Advantage of Google's Golang

programming

The Advantage of Google's Golang

Dalam post ini, kita akan berbicara mengenai Golang dan bagaimana cara ideal untuk mulai belajar Golang. Tapi, artikel ini tidak akan membahas fitur utama Go yang sudah banyak diketahui banyak orang. Kami akan membahas fitur-fitur Go yang mungkin terlihat kecil, tapi akan sangat berguna jika saat kamu menggunakan Go.

Fitur-fitur ini tidak terdapat di permukaan tetapi dapat membuatmu bekerja jauh lebih cepat. Fitur dibawah ini juga dapat membuat proses development terasa lebih menyenangkan.

Jangan khawatir jika kamu sama sekali belum mengerti bahasa Go. Kamu tidak perlu memiliki pemahaman akan Go untuk mengikuti artikel ini.

Apa it Go Language?

Go Language (Golang) adalah bahasa pemrograman yang mulai populer beberapa tahun belakangan ini. Go merupakan bahasa pemrograman open source yang dapat memudahkanmu membuat software sederhana yang efisien dan berkualitas tinggi. Walau sudah diciptakan dari tahun 2009, Golang baru mulai populer akhir-akhir ini. Dengan semakin populernya Golang, semakin banyak juga fitur-fitur tersembunyi yang digemari para programmer.

GoDoc

Ada dua hal yang sangat dianggap penting dalam Go. Dokumentasi dan simplisitas.

GoDoc merupakan tool analisa code yang dapat membuat dokumentasi langsung dari barisan kode kamu. Hal yang paling mengesankan dari GoDoc adalah, dia tidak menggunakan bahasa lain seperti JavaDoc, PHPDoc atau JSDoc. Hanya menggunakan Bahasa Inggris.

GoDoc akan mengambil informasi dari coding yang ada dan membuat outline, struktur dan format untuk dokumentasi. Terdapat juga fitur fitur ekstra seperti cross-references, code samples dan direct links.

GoDoc merupakan mesin dokumentasi yang paling banyak digunakan oleh komunitas Go. Ini berarti seluruh library atau aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrograman Go memiliki format dokumentasi yang sama.

Static Code Analysis

Go sangat bergantung pada kode analisa statis. Contohnya adalah GoDoc untuk dokumentasi, GoFMT untuk formating kode, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali tools yang tersedia. Bahkan tersedia tools yang dapat menggabungkan semua tools yang ada bernama GoMetalinter.

Tools tersebut sering digunakan sebagai command tersendiri dan mudah digabungkan dengan kondisi apapun.

Kode analisa statis bukanlah hal baru di dunia pemrogramman, tetapi Go sangat mengembangkan dan menyempurnakannya. Dongan adanya kode analisa statis ini, kamu bisa menghemat banyak waktu.

Built-in testing dan profiling framework

Apakah kamu pernah mencoba memilih framework untuk testing sebuah project JavaScript yang kamu bangun dari awal? Kamu mungkin mengerti perjuangan menghadapi hambatan saat melakukan testing.

Go memiliki tool testing sendiri yang dirancang dengan memudahkan efektifitas dan kemudahan saat menggunakan. Kamu dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai macam testing, profiling dan memberi contoh code.

Kurva Belajar

Go jauh lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan daripada bahasa pemrograman lain seperti Java, JavaScript, Ruby, Python, bahkan PHP. Go mudah untuk disiapkan dan investasi yang harus dilakukan oleh tim untuk menyelesaikan production code pertama jauh lebih kecil.

Kata orang, setiap kali kamu belajar bahasa baru, kamu juga mengambil sebagian budaya dari komunitas yang biasa menggunakan bahasa tersebut. Semakin banyak bahasa yang kamu kuasai, semakin banyak nilai nilai baru yang kamu dapatkan.

Sama halnya dengan bahasa pemrograman. Bahasa apapun yang kamu pelajari akan memberimu sudut pandang baru akan programming atau akan memberimu teknik baru yang belum kamu dapatkan dari bahasa pemrograman lain.

Setelah kamu mempelajari suatu bahasa, kamu dapat menggunakan logika yang kamu dapatkan dan memperluas kemampuan problem solving yang kamu butuhkan sebagai seorang software developer.

Go merupakan bahasa yang sangat cocok untuk hal tersebut. Nilai utama yang dijunjung go adalah code sederhana yang to the point dan tidak membutuhkan banyak perawatan di waktu kedepan.

Ini hanya sebagian kecil dari hal-hal spesial yang bisa dilakukan dengan Go. Masih banyak lagi keuntungan menggunakan Go yang lain.

Tidak ada salahnya mulai belajar bahasa pemrograman baru. Kamu mungkin belum membutuhkannya sekarang, tetapi mungkin dapat sangat berguna untukmu di masa depan.

Kelas Golang

Photo by Kaleidico on Unsplash

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.