Tambang Emas Para Programmer

programmingtechnologyfront endjavascript

Tambang Emas Para Programmer

Bagi orang-orang yang mencintai dunia teknologi dengan segala kompleksitasnya, memilih untuk menjadi seorang programmer merupakan pilihan yang tepat. Akan memberikan suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri saat berhasil membaca dan menulis kode serta memahami algoritma untuk menyelesaikan masalah terkait dengan program.

Mungkin Anda bertanya, apa perbedaan antara programmer dengan developer? Bisa dikatakan bahwa seorang programmer belum tentu developer, tetapi seorang developer sudah pasti programmer. Keduanya dibedakan oleh lingkup bidang tugas dan tingkat kreativitasnya. Developer cenderung memiliki cakupan bidang tugas yang lebih luas dan kompleks dibandingkan programmer. Demikian pula dalam hal tingkatan kreativitasnya. Developer memiliki level yang lebih tinggi daripada programmer. Programmer sering disebut sebagai coder, sedangkan developer merupakan software engineering.

Seorang programmer sering kali dihadapkan pada permasalahan program. Oleh sebab itu, programmer yang andal senantiasa meningkatkan dan memperbarui pengetahuannya berkenaan dengan bahasa pemrograman juga framework. Namun, hal tersebut tak selalu mudah untuk dilakukan, bahkan butuh perjuangan. Dalam memecahkan suatu masalah, umumnya programmer menggunakan pendekatan tradisional yakni membaca dokumentasi yang menjelaskan konsep dan memberikan contoh-contoh sederhana. Sayangnya, cara tersebut tak selalu berhasil menyelesaikan masalah, karena masalah yang dihadapi lebih kompleks dan literatur yang ada kurang cukup untuk diaplikasikan dalam proyek secara nyata.

Dalam upaya menyelesaikan masalah yang dihadapi, programmer tak cukup hanya mengandalkan pencarian di Google. Bahkan bisa dikatakan bahwa Google bukanlah mesin pencarian terbaik untuk menemukan solusi tentang coding. Umumnya para programmer akan berusaha untuk mencari solusi atas permasalahannya di Stackoverflow, yakni website yang menyediakan layanan tanya jawab terkait permasalahan teknis yang dihadapi oleh para programmer. Selain itu, programmer juga berusaha untuk mencari solusi dengan menggali informasi dari berbagai sumber.

Dengan bertanya di forum, belum tentu memperoleh jawaban yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Mungkin Anda berpikir, programmer lain bisa saja menghadapi masalah yang sama dan berhasil menyelesaikannya. Oleh sebab itu, mencari solusi melalui forum programmer lebih banyak dipilih. Lagi-lagi sayang, karena tak semua programmer menggunakan framework yang sama sehingga solusinya pun berbeda.

Jika dokumentasi, pencarian informasi dari berbagai sumber, bahkan bertanya di forum programmer Stackoverflow tak lagi bisa memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi, lantas harus bagaimana lagi? Menemukan jalan buntu memang tidaklah mengenakkan. Namun tak perlu khawatir, karena sebenarnya setiap masalah memang selalu ada solusinya. Percayalah.

Temukan solusi di Github

Pernah mendengar tentang Github? Github merupakan webhosting yang menyediakan layanan untuk proyek-proyek yang bersifat sumber terbuka (open source) dengan menggunakan sistem tool guna merevisi kode yang disebut dengan Git. Sebagai webhosting proyek, Github ‘menampung’ beragam jenis proyek beserta permasalahannya. Tak heran jika kemudian Github diasumsikan sebagai tambang emasnya para programmer.

Di sini, programmer bisa menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapinya tanpa harus bertanya dan menunggu jawabannya. Mengingat, banyak programmer yang justru merasa nyaman untuk berusaha mencari solusi atas permasalahannya sendiri, dibanding harus bertanya pada orang-orang melalui internet. Github menyediakan beragam cara untuk menemukan data dalam repositori. Salah satunya adalah fitur pencarian kode, yang sangat powerful dan andal. Setiap baris kode yang pernah ditulis dan disimpan di webhosting ini bisa dengan mudah ditemukan hanya dengan pertanyaan sederhana. Tak hanya mudah, tetapi juga gratis. Layanan untuk proyek yang bersifat open source bebas biaya, sedangkan proyek yang sifatnya privat justru berbayar.

Artinya, ada banyak sekali proyek yang dibagikan ke publik secara gratis, sehingga para programmer bisa mem-backup kode program dari proyek tersebut. Anda dapat dengan mudah menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi dengan begitu mudah dengan fitur pencarian kode.

Setidaknya ada 4 (empat) manfaat dari fitur pencarian kode pada Github.

  • Belajar API baru. Saat dikejar deadline dan tidak menemukan jalan keluar atas masalah yang dihadapi sering kali menyebabkan stres, mati gaya, dan merasa buntu. Apalagi ketika kode yang ditulis tidak dapat berfungsi karena adanya kesalahan yang mungkin belum dipahami. Untuk menyelesaikannya, Anda butuh susunan kode yang bisa membuatnya berfungsi. Masalah tersebut dapat diatasi dengan fitur pencarian pada Github. Anda bisa menemukan potongan atau susunan kode yang bisa dimodifikasi lebih lanjut.

  • Menemukan proyek dengan teknologi yang diinginkan. Sebagai webhosting proyek open source, tak diragukan lagi bahwa Github menyimpan banyak proyek dengan beragam bahasa pemrograman dan platform. Misalnya saja Spring MVC, Hibernate, atau Spock. Untuk menemukan proyek dengan teknologi atau platform yang diinginkan, Anda bisa mencarinya satu per satu pada dokumen atau langsung mencari proyek yang saling terintegrasi di dalamnya. Tahukah Anda bahwa kebanyakan platform memiliki beberapa jenis tool manajemen yang saling bergantung satu sama lain? Contohnya saja Java yang biasanya menyimpan semua informasi dependensi Maven ke dalam file pom.xml. Anda bisa menemukan proyek yang diinginkan dengan mengetikkan kata kunci atau nama file pada kotak pencarian yang tersedia.

  • Terintegrasi dengan layanan eksternal. Anda ingin melakukan pencarian cepat untuk mengintegrasikan Github api dengan bahasa favorit? Tidak menjadi masalah, karena Anda hanya perlu mencarinya dengan mengetikkan url api dan memfilter bahasa yang diinginkan.

  • Membuat konfigurasi. Ketika menghadapi masalah prematur framework, tidak ada salahnya jika Anda melihat contoh konfigurasi pada proyek-proyek besar yang bisa dengan mudah ditemukan di Github.

Kesimpulannya, fitur pencarian kode pada Github menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah coding dengan lebih mudah dan cepat. Webhosting ini memberikan rasa nyaman dan aman bagi para programmer dalam upaya memecahkan masalah yang dihadapi.

Jadi tak lagi bingung, pusing, apalagi stres karena programmer bisa memodifikasi kode-kode yang ditemukan di webhosting ini. Benar saja, jika Github merupakan tambang emasnya para programmer.