Susah Cari Kerja? Ciptakan Lapangan Kerjamu Sendiri!

programmingcareertips

Susah Cari Kerja? Ciptakan Lapangan Kerjamu Sendiri!

Kita semua menyadari bahwa mencari pekerjaan termasuk hal yang gampang-gampang susah. Mengapa dikatakan demikian? Karena sebenaranya lowongan pekerjaan banyak bertebaran di mana-mana dan semakin mudah diakses dengan majunya teknologi online.

Sebut saja karir.com atau urbanhire.com, hanya dengan sekali klik, anda dapat menemui ratusan lowongan pekerjaan yang diunggah oleh berbagai perusahaan. Akan tetapi, walaupun kesempatan itu banyak ditemui, mengapa tetap saja susah mendapatkannya?

Hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan yang mengharuskan pelamarnya memiliki keahlian khusus seperti Akunting, Marketing Spesialis, dan Programming. Jika ketiga profesi ini kita bandingkan, faktanya adalah jumlah tenaga profesional untuk Akunting dan Marketing cukup besar, sedangkan untuk Programming masih sangat jarang.

Selain karena tenaga Programmer cukup langka di Indonesia, sebagian besar dari mereka lebih banyak memilih bekerja paruh waktu (freelance) di perusahaan yang berbeda. Bukan hanya untuk mendapatkan pemasukan lebih banyak, tetapi juga disebabkan para Programmer mampu memciptakan lapangan pekerjaannya sendiri. Sebagai contoh, seorang Programmer dengan skill yang mumpuni tentunya mampu menciptakan sebuah website jual beli untuk produk yang ingin mereka jual. Cara memasarkan produk tersebut pun tidak sulit bagi mereka, karena mereka sangat paham bagaimana cara memasarkannya melalui Facebook Ads, Google Ads, dan sebagainya. Terbukti dengan banyaknya Programmer yang di-hire untuk membuat website sebuah Startup, perusahaan yang sedang berkembang, bahkan industri sekelas UKM pun butuh tenaga Programmer untuk mendukung awal perjalanan bisnis mereka.

Berprofesi sebagai Programmer bukan hanya bermanfaat bagi diri mereka sendiri, tetapi tentu memiliki nilai tambah karena dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Bekerja sebagai Programmer saat ini seolah menjanjikan masa depan yang bahkan menampik kalimat bijak "Sky is the limit", karena prospek Programmer benar-benar tanpa batas. Seorang Programmer akan terus belajar seiring dengan munculnya berbagai bahasa pemrograman yang baru sehingga keahlian meraka akan terasah secara terus menerus.

Tidak perlu bermimpi besar untuk mengubah dunia, tetapi mulailah dengan berinovasi dari hal-hal kecil dengan memanfaatkan keahlian yang kamu miliki sekarang.