Rekomendasi Buku Untuk Para Programmer

programmingcoding bootcampweb developerbook

Rekomendasi Buku Untuk Para Programmer

Industri teknologi khususnya dunia pemrograman sepertinya mendapat tempat istimewa tersendiri di kehidupan sehari-hari para penikmatnya. Mulai dari real Programmer, mahasiswa jurusan IT, hingga orang-orang awam yang gemar mengulik komputer dengan tingkat curiosity cukup tinggi.

Banyak cara bisa dilakukan untuk memulai belajar pemrograman seperti belajar secara otodidak lewat situs-situs gratis, kemudian mempraktikkannya secara langsung. Salah satu cara yang dapat mengasah kemampuan pemgoraman kita pun adalah dengan membaca buku. Tetapi, dari sekian banyak referensi buku yang ada, kadang kita bingung harus memilih buku mana yang mencakup kebutuhan dasar kita akan dunia pemrograman.

Untuk mempersingkat waktu kamu dalam mencari buku yang tepat, berikut ini beberapa buku yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Code Complete: A Practical Handbook of Software Construction, 2nd Edition.


Melalui buku ini, kamu bisa belajar bagaimana sebuah software (perangkat lunak) diciptakan. Buku ini dapat melatih cara berpikir kamu dalam menulis kode.

2. The Pragmatic Programmer: From Journeyman to Master


Jika kamu kurang mahir menulis kode yang baik dan sistematis, maka buku ini sangat pas untuk kamu. Selain memaparkan beragam sudut pandang dunia pemrograman, buku ini juga menekankan metode penulisan kode berkualitas sehingga dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam menulis kode.

3. Structure and Interpretation of Computer Programs


Salah satu universitas Ivy League yaitu MIT, menggunakan buku ini sebagai salah satu referensi pengantar kuliah. Oleh karena itu, buku ini sangat terkenal di kalangan para Programmer senior. Kamu dapat belajar bagaimana cara berpikir dan membangun abstraksi program dari buku ini. Selain itu, kamu juga akan mendapat banyak informasi mengenai pemrograman fungsional dan cara kerja komputer.

4. Discrete Mathematics for Computer Science


Banyak pertanyaan yang dilontarkan sebelum seseorang benar-benar terjun ke dalam dunia pemrograman, salah satunya adalah "Apakah saya harus jago matematika untuk bisa menjadi Programmer?". Supaya kamu tidak penasaran lagi, maka bacalah buku ini untuk memperoleh jawaban sebenarnya. Penguasaan beberapa bidang ilmu matematika memang disarankan untuk *Programmer yang ingin membangun sebuah game atau program grafis.

5. Programming Pearls


Jika kamu tidak terlalu suka membaca buku karena bahasanya yang terkadang membuat kamu ngantuk, maka untuk yang satu ini adalah pengecualian. Disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, buku Programming Pearls mengajarkan kamu berbagai aspek pemrograman, dari penulisan kode yang benar hingga pola pikir dalam memecahkan masalah yang sering terjadi di dunia pemrograman.

Tidak sedikit orang yang melupakan budaya membaca buku karena mudahnya mengakses informasi melalui internet yang serba ada dan serba instan. Padahal, banyak buku yang memiliki berbagai informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengetahuan sebelum memulai pemrograman. Selain lengkap, sebagain besar buku tentang pemrograman yang beredar di pasaran merupakan tulisan dan pengalaman asli dari sang ahli pemrograman sendiri.

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.