Why Should You Learn React and React Native in 2018?

programmingtips

Why Should You Learn React and React Native in 2018?

Screen-Shot-2018-08-16-at-14.31.24

ReactJS merupakan library JavaScript yang bersifat open source dan dikelola oleh perusahaan IT ternama didunia seperti Facebook dan Instagram bersama dengan komunitas pengembang dari seluruh dunia. Jika ReactJS merupakan sebuah library, React Native adalah sebuah cross-platform framework yang dibuat oleh tim Facebook untuk membuat mobile app Android dan iOS dengan menggunakan javascript sebagai bahasa pemrogramannya.

Kenapa memilih React?

  • ReactJS adalah library javascript yang sangat cepat. Aplikasi yang dibuat menggunakan ReactJS dapat menangani perubahan tampilan yang kompleks dan sangat cepat, serta responsive.
  • ReactJS menggunakan konsep modular. Untuk membuat aplikasi dengan skala besar, kita dapat menulis kode-kode dengan skala yang lebih kecil untuk di satukan menjadi aplikasi utuh, dan dapat digunakan kembali.
  • ReactJS sangat scalable, artinya ReactJS dapat menangani dengan sangat baik sebuah program dengan skala yang besar yang dapat menampilkan perubahan data yang sangat kompleks.

Kenapa memilih React Native?

  • React Native merupakan cross-platform framework yang berarti kamu hanya cukup melakukan kode sekali dan kode tersebut dapat digunakan di aplikasi Android dan iOS. Kamu tidak perlu mempelajari dua bahasa pemrograman yang berbeda, cukup pelajari JavaScript saja.
  • React Native relatif mudah untuk dipelajari. Jika kamu sudah familiar dengan HTML dan JavaScript, kamu akan cepat memahami React Native karena kode yang digunakan cukup mirip.
  • Walaupun React Native masih tergolong baru, performanya tidak kalah dari Native yang sudah lama ada di dunia mobile app development. Dalam waktu singkat, bukan tidak mungkin React Native akan menjadi framework dengan performa terbaik untuk mobile app development.

3 Perusahaan Yang Menggunakan React & React Native

Facebook

Halaman web Facebook, dibangun menggunakan React, demikian pula dengan script yang terdapat dalam code aplikasi facebook. Aplikasi mobile Facebook juga dibangun menggunakan React Native di iOS dan juga Android.

Instagram

Penggunaan React di Instagram sangatlah luas. Salah satu contohnya adalah beragam fitur seperti Geo Locations, Google Maps APIs dan juga ketepatan pencarian.

Discord

Jika kamu seorang gamer, kamu pasti familiar dengan aplikasi ini. Discord adalah aplikasi messenger khusus untuk gamers. Aplikasi iOS dan Android Discord memiliki kesamaan code sebesar 98%. Itu adalah bukti bagaimana React Native dapat mempermudah pengembangan aplikasi cross-platform.

Perkembangan React dan React Native di tahun 2018 sangatlah pesat dan akan semakin banyak digunakan di waktu yang akan datang. Jika kamu tidak ingin ketinggalan perkembangan teknologi, kamu bisa memulai belajar React dan React Native disini.

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.