Rahasia Agar Diterima di Perusahaan Besar

careerprogrammingtips

Rahasia Agar Diterima di Perusahaan Besar

Bekerja di perusahaan bonafide sudah tentu menjadi impian setiap pelamar pekerjaan, baik pekerja dengan cukup pengalaman, maupun fresh graduates. Seseorang yang semasa kuliahnya berhasil mencapai IPK tinggi kadang terbuai dan merasa terlalu percaya diri bahwa ia akan dengan mudahnya diterima kerja di perusahaan manapun.

Kini, sudah waktunya menyadarkan mereka bahwa IPK tinggi bukan satu-satunya jaminan yang akan mengantarkan mereka duduk di kursi suatu perusahaan bergengsi. Ada beberapa faktor lainnya yang harus mereka pahami, yang mungkin juga belum mereka miliki saat ini.

Berikut beberapa kriteria seseorang diterima kerja di perusahaan besar:

Memiliki Sikap Baik
  • Pernah dengar istilah “Good Work, Good Attitude”? Ini merupakan salah satu hal penting yang harus kamu miliki saat memasuki dunia kerja. Memiliki attitude (sikap) baik bukan hanya dicari oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi merupakan sebuah tuntutan. Mengapa? Karena pintar saja tidak cukup apabila seseorang tidak tahu bagaimana cara membawa dan menempatkan dirinya di lingkungan kerja.
Menguasai Beberapa Bahasa Asing
  • Seseorang yang mampu berbicara bahasa asing sudah tentu lebih memiliki peluang untuk diterima di perusahaan besar. Di era sekarang ini, seseorang yang menguasai bahasa Mandarin dan Korea diyakini mempunyai prospek lebih luas di dunia pekerjaan.
Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik
  • Percaya diri dan tegas dalam berbicara merupakan salah satu karakteristik seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini sangat berguna saat mereka melalui tahap wawancara. Perusahaan dapat menilai seberapa baik seseorang dalam berkomunikasi, karena berpengaruh pada pekerjaan dan rekan kerja orang tersebut saat sudah menjadi bagian dari perusahaan.
Membuat Resume Profesional
  • Mulai dari sekarang, kumpulkan informasi cara membuat resume yang tepat sebelum mengirimkannya ke perusahaan besar. Karena perusahaan bergengsi memiliki standard sendiri akan resume yang mereka terima. Pastikan resume kamu menarik dan kamu menuliskan informasi lengkap sesuai dengan keahlian yang kamu kuasai.
Pembawaan Diri yang Menarik
  • Terlihat cantik dan tampan merupakan hal relatif. Akan tetapi, berpakaian rapi dengan perpaduan warna pakaian dan sepatu yang matching, tutur bahasa yang baik, dan sikap yang supel serta mudah beradaptasi juga memberikan nilai tambah untuk kamu.
Memanfaatkan Media Sosial Sesuai Aturan
  • Jangan salah kaprah mengenai hal ini. Banyak perusahaan yang mencari informasi tentang pelamar pekerjanya melalui akun media sosial si pelamar. Bukan tidak mungkin, karena melalui akun media sosial inilah perusahaan dapat menilai bagaimana pribadi seseorang yang sesungguhnya. Jadi pastikan kamu jaga perilaku dan bahasa setiap kali kamu mem-posting sesuatu di akun media sosialmu.
Memiliki Keahlian Khusus
  • Jika pintar dan angka IPK tinggi tidak menjamin kamu diterima di perusahaan besar, maka sebuah keharusan bagi kamu untuk memiliki keahlian khusus. Sebagai contoh, seorang Programmer banyak diincar oleh perusahaan-perusahaan besar, karena skill seorang Programmer tidak dapat dicapai dengan mudah sehingga permintaan akan tenaga Programmer tergolong cukup tinggi.
Tepat Waktu
  • Mungkin terdengar sepele, tetapi jangan sampai hal ini terjadi saat kamu mendapat undangan interview dari perusahaan besar yang kamu impi-impikan. Siapkan baju yang akan kamu kenakan besok dan pastikan kamu cukup tidur agar tidak terburu-buru esok harinya.

Tidak ada manusia yang sempurna, tetapi kita harus berusaha dan memberikan yang terbaik untuk setiap kesempatan yang menghampiri kita.