5 Indicators that Programming is Right for You!

tipsprogramming

5 Indicators that Programming is Right for You!

Setelah berhasil menempa lebih dari 100 murid di tahun pertama Coding Bootcamp HACKTIV8, kami berhasil melihat beberapa ciri khas umum yang dimiliki oleh para individu yang berhasil menjalani program kami dengan standard yang sangat baik. Tidak ada orang yang terlahir sebagai programmer, dan programmer yang jago juga tidak selalu datang dari mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Matematika atau IPA (Sebuah miskonsepsi umum).

Nyatanya, kami menemukan bahwa kemampuan programming lebih terkait dengan perilaku dan kebiasaan seseorang dibanding pengalaman kerja atau latar belakang pendidikan seseorang. Nah, dibawah ini kami telah menyusun 5 indikator utama yang menunjukan potensi kemampuan coding yang baik.

Jadi apa saja yang menjadi indikasi seseorang mampu menjadi programmer yang hebat?

1. Mempunyai Obsesi terhadap Kerapihan dan Efisiensi

Seorang programmer yang baik memiliki sebuah rasa terikat dengan kerapihan. Apakah kamu menyukai menyusun isi dari laci-laci di dapurmu hingga berurutan? Apakah kamu menyukai menyusun data dengan rapih di Microsoft Excel?

Banyak programmer yang ada sekarang adalah tipe mereka yang menyukai merapihkan kotak hadiah ulang tahun mereka sesuai dengan bentuknya agar terlihat rapih sewaktu kecil atau menyusun kelereng yang ia punya sesuai dengan warnanya di kotak kotak berwarna terpisah. Ini adalah tanda awal bahwa kamu akan menyukai kemampuan dari database. Sebuah penanda baik bahwa seseorang memiliki kemampuan untuk coding adalah rasa suka mereka akan kerapihan dan efisiensi.

2. Kemampuan untuk Memvisualisasikan Masalah dan Solusinya

Apakah kamu bisa membayang bagaimana bagian kecil dari suatu sistem berfungsi dalam sebuah rangkaian yang jauh lebih besar? Apakah kamu bisa membayangkan hasil akhir dari suatu proses bahkan saat kamu masih jauh dari tujuan?

Jika kamu adalah mereka yang menyukai mewarnai buku gambar di luar garis yang sudah dicetak, kamu mungkin akan sangat menyukai programming. Menggunakan imajinasimu sendiri dan memiliki kemampuan mengkonsep sesuatu di atas kertas memiliki kemiripan dengan bagaimana programmer memvisualisasikan aplikasi mereka dan membuatnya menjadi produk nyata.

3. Suka Mengotak-Atik

Apakah kamu menyukai membongkar suatu benda, mencari tahu bagaimana mereka bekerja, dan menyusunnya kembali? Apakah kamu menyukai puzzle? Apakah kamu orang yang sering diminta bantuan untuk memperbaiki peralatan milik temanmu yang rusak?

Mereka yang suka mengotak-atik memiliki keinginan untuk menaruh usaha untuk membetulkan sesuatu atau menyempurnakan sesuatu. Kamu yang memiliki sifat seperti ini akan merasa nyaman menjadi seorang programmer karena di dunia coding kamu akan dihadapkan dengan banyak masalah yang harus kamu pecahkan. Programming merupakan sebuah pekerjaan yang bersifat investigatif. Kamu harus menyukai memecahkan masalah dan menjadi Sherlock Holmes versi dunia digital.

4. Pantang Menyerah

Apakah kamu memiliki rasa sabar untuk menyelesaikan suatu proyek berskala besar? Apakah kamu menyukai rasa pencapaian yang didapat setelah menyelesaikan suatu hal?

Programmer tidak harus memiliki kesabaran secara natural, tapi mereka harus bisa tahan untuk menjadi orang yang sabar. Memecahkan code kadang bisa menjadi hal yang sangat menantang, tapi mereka yang menikmati rasa pencapaian saat memecahkan masalah akan menyukai pekerjaan seorang programmer.

5. Penuh Rasa Penasaran

Apakah kamu orang yang banyak bertanya? Apakah kamu menyukai mencari tahu tentang hal bar dan mempelajari hal yang kamu sukai? Apakah kamu bahkan sudah mulai mengajari dirimu sendiri coding?

Teknologi selalu berkembang dan begitu juga dunia coding. Rasa penasaran yang terus berkembang memastikan kamu akan terus belajar serta kamu juga akan terus tertantang untuk mencari jawaban atau solusi meski dihadapi oleh masalah yang berat. Kamu harus bisa merasa seru ketika menghadapi tantangan.

Daftar yang baru saja kamu baca adalah segelintir dari indikator bahwa kamu mungkin memiliki kemampuan programming, tapi jika kamu memang penasaran tentang bagaimana hidup seorang programmer, bertanyalah kepada programmer professional dan cobalah belajar!

Jika kamu sudah yakin bahwa programming itu cocok untukmu, jangan ragu untuk menghubungi HACKTIV8!

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.