Persiapan Masuk Bootcamp Data Science

Profesi Data Scientist telah menjadi pekerjaan prestisius yang semakin diminati di era digital saat ini. Berbagai pendidikan non formal seolah berlomba menyediakan paket pembelajaran untuk mendukung anak muda meraih cita-cita menjadi Data Scientist lebih cepat. Program intensif dalam format bootcamp menjadi solusi tepat sasaran bagi talenta digital yang ingin berakselerasi ke dunia Big Data. Maka alangkah baiknya sebelum menjadi bagian dari pejuang bootcamp, kita melakukan serangkaian riset dan persiapan agar saat menempuh perjalanan pembelajaran sudah semakin matang baik secara fisik, mental, hingga finansial.

Mengapa Data Science

Materi Data Science

Terdengar familiar di telinga kita, namun secara lengkap Data Science merupakan disiplin ilmu yang mempelajari data kuantitatif yang terstruktur dan tidak terstruktur. Segala proses data dalam ilmu Data Science meliputi pengumpulan, analisa, pengolahan, pengelompokan, penyajian, distribusi, hingga mengubah suatu data menjadi sebuah informasi dalam bentuk output yang diinginkan serta mudah dimengerti semua orang. Mempelajari Data Science bertujuan untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik agar tujuan bisnis dari perusahaan lebih cepat terealisasi.

Mengenal Bootcamp Lebih Dekat

Belajar di Bootcamp

Umumnya, untuk menjadi Data Scientist melalui jalur pendidikan formal seperti perguruan tinggi atau universitas, rata-rata seseorang memerlukan waktu setidaknya 4 tahun mempelajari ilmu Data Science. Berbeda dengan itu, lembaga pendidikan non formal justru meracik formula melalui coding bootcamp untuk memungkinkan seseorang menjadi Data Scientist hanya dalam waktu 3-4 bulan. Siapapun dengan latar belakang pendidikan non IT juga dapat bergabung di coding bootcamp tanpa terkecuali, namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah serangkaian persiapan yang harus dilakukan sebelum benar-benar memutuskan untuk nyemplung ke program ini. Berikut beberapa persiapan yang bisa dijadikan acuan sebelum mengikuti Bootcamp Data Science.

Kenali Minat dan Bakat

Data Science kental dengan segala bentuk disiplin ilmu yang berhubungan dengan science khususnya matematika, aljabar, statistik, dan kalkulus. Selain itu, perlu dilakukan eksplorasi diri untuk mengetahui apakah kita tertarik dengan dunia Big Data, Machine Learning, dan hal-hal yang berkaitan dengan software engineering, hingga kefamiliaran akan bahasa pemrograman apa yang bisa dipelajari sebagai bekal dasar belajar Data Science. Apabila minat dan bakat sudah tersinkronisasi, maka bisa dikatakan seseorang memang menyukai bidang ini dan akan lebih mudah mengikuti keseluruhan proses bootcamp.

Riset Materi

Ketika seseorang sudah mengantongi passion untuk menyelami Data Science, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset tentang materi-materi yang diajarkan di bootcamp. Hal ini penting karena materi yang dipelajari harus sesuai dengan permintaan industri terkini dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga Data Scientist, agar ilmu yang kita pelajari di bootcamp benar-benar terpakai saat berkarir nanti.

Sesuaikan Ketersediaan Waktu

Seseorang dituntut untuk fokus selama bootcamp berlangsung dan diwajibkan memiliki jadwal yang kosong agar tidak mengganggu proses pembelajaran. Tidak direkomendasikan untuk mengikuti bootcamp sambil bersekolah, kuliah, apalagi bekerja, mengingat waktu belajar di bootcamp terbilang singkat namun padat dan tugas-tugas yang diberikan harus diserahkan sesuai deadline.

Komitmen dan Disiplin

Pastikan kamu siap berkomitmen selama program berlangsung dan mulai tingkatkan kedisiplinan dalam belajar, karena dua hal ini yang akan mengantarmu hingga jenjang kelulusan. Meski banyak tantangan dan tekanan yang harus dihadapi, namun dapat dipastikan hal ini sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan setelah lulus dari program ini.

Ubah Mindset dan Bangun Mental Baja

Pola pikir memegang peranan penting dalam menguatkanmu selama program berlangsung, maka kosongkanlah isi kepalamu. Bersiaplah menyerap informasi dan metode baru yang akan kamu temui di bootcamp. Kamu tidak hanya akan mendapatkan pelatihan teknis pemrograman, tetapi juga dibekali dengan motivasi, pengembangan diri, dan pembentukan growth mindset untuk mengaktifkan empati dan kemampuanmu dalam berkomunikasi. Dengan memiliki growth mindset, kamu akan menjadi pribadi yang lebih aware akan kemampuan diri serta memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu bisa dipelajari dan kegagalan merupakan jembatan menuju kesuksesan. Selain itu, growth mindset juga membantumu memiliki mental yang kuat karena kamu sadar bahwa setiap orang memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda sehingga kamu tidak akan membandingkan dirimu dengan orang lain.

Bangun Kebiasaan Belajar

Untuk menunjang kebiasaan baru secara konsisten, kamu dapat menyusun jadwal di kalender agar belajar lebih efektif sesuai jadwal yang dibuat. Buat jadwal dalam aplikasi kalender seperti Google calendar dan gunakan metode seperti don’t break the chain. Contoh jadwal sederhana yang bisa kamu buat.

08:30-09:00: Baca buku atau dokumen tentang Data Science

09:00-12:00: Sesi Bootcamp

12:00-13:00: Istirahat

19:00-20:00: Persiapan menghadapi materi besok

Bekali Diri dengan Materi Pokok

Cari tahu materi-materi pokok yang akan kamu pelajari agar kamu mendapat gambaran sepanjang pembelajaran di Bootcamp Data Science. Adapun beberapa materi yang akan kamu pelajari meliputi Python, Aljabar, Linear, Calculus, Statistics, Machine Learning, Deep Learning, dan Big Data. Kamu dapat mengunduh silabus program ini di my.hacktiv8.com/BlogDS dan mulai mempelajarinya sendiri sebagai amunisimu sebelum menempuh pembelajaran sesungguhnya. Sebagai pengantar, kamu juga bisa mulai belajar dari buku, online course, atau artikel seperti di bawah ini.

  1. Practical Statistics for Data Scientists: 50+ Essential Concepts Using R and Python (Book by Andrew Bruce, Peter C. Bruce, and Peter Gedeck)
  2. Python Data Science Handbook: Essential Tools for Working with Data (Book by Jake VanderPlas)
  3. Essential Math for Data Science: Take Control of Your Data With Fundamental Calculus, Linear Algebra, Probability, and Statistics
  4. Paper atau Jurnal dari arXiv atau Data Science Journal
  5. Kanal Youtube 3Blue1Brown dan StatQuest
  6. hackerrank

Perlengkapan Untuk Masuk Bootcamp

Setelah persiapan di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya kamu bisa menyiapkan kebutuhan teknis utama yaitu device dan tools untuk menunjangmu hingga bootcamp selesai. Berikut hardware dan software yang dapat kamu siapkan.

Hardware

  • Prosesor setara Intel Core i5 dengan kecepatan 2GHz atau lebih besar
  • Minimum RAM 8 GB atau lebih besar
  • Space hardisk sekitar 200 GB atau lebih besar
  • Direkomendasikan menggunakan Mac OS, Linux, atau Windows 10/11 dengan WSL2 Ubuntu 20.04 Kernel

Software

  • Python
  • Anaconda
  • Web browser Chrome atau firefox
  • Code editor seperti Visual Studio Code, Sublime Text, dan sebagainya.

Tips Belajar di Bootcamp Data Science

Untuk dapat mengikuti jejak sukses alumni, berikut tips yang bisa kamu jadikan motivasi saat masuk Bootcamp.

  1. Jaga 3 hal ini dalam dirimu, yaitu passion, komitmen, dan disiplin.
  2. Materi yang diberikan dipahami dan dimengerti, bukan dihafal.
  3. Fokus dan bertanggungjawab dalam mengelola waktumu, artinya berikan konsentrasi penuh pada bootcamp, kerjakan challenge dan submit tepat waktu agar kamu bisa beristirahat secara teratur.
  4. Berinisiatif dalam mengeksplor sesuatu yang belum kamu mengerti dengan banyak berdiskusi dengan instruktur dan teman agar mampu menyelesaikan sebuah tantangan atau masalah.
  5. Pahami bahwa kecepatan belajarmu dan temanmu berbeda, jadi jangan membandingkan dirimu dengan orang lain.
  6. Jangan pernah melakukan plagiarisme, copy paste, apalagi meminta dan memberi contekan. Bangun percaya diri dan memiliki integritas dalam mengerjakan setiap challenge agar kamu mampu menjadi pribadi yang mandiri.
  7. Perbanyak baca dokumentasi untuk memudahkanmu mencari dan memperbaiki kesalahan di dalam program.

Kini, apakah kamu sudah siap memulai langkah pertama untuk menggapai cita-cita sebagai Data Scientist? Untuk informasi lebih lanjut seputar Bootcamp Data Science Hacktiv8, silakan hubungi tim Admissions melalui WhatsApp di 02180675787.

Share this article: Link copied to clipboard!

You might also like...