Things You Need to Know as a Developer

tipsprogramming

Things You Need to Know as a Developer

Belajar coding adalah sebuah tantangan, jadi wajar jika kamu ragu pada dirimu dan level skill yang kamu miliki. Mungkin kamu merasa seperti itu karena kamu tidak bisa melakukan semuanya sendiri tanpa suatu bimbingan.

Mempelajari kembali coding, catatan, atau dokumentasi adalah hal yang normal, yang bahkan sering dilakukan oleh developer berpengalaman. Banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengingat dan memahami apa yang kamu perlajari, terutama jika hal itu baru untukmu. Pada akhirnya, ingatanmu bukan ukuran dari skill atau kemampuanmu sebagai developer. Meskipun kamu tidak dapat mengingat sesuatu, bukan berarti kamu seorang developer yang buruk!

Inilah lima hal yang perlu kamu ketahui dan lakukan:

  • Selalu ada hal yang untuk dipelajari: Kapan kamu memulai pemrograman? Pencipta Rails, DHH, telah memprogram bertahun-tahun dan masih perlu mencari tahu banyak hal dari Internet. Saat kamu merasa frustrasi karena tidak mengerti sesuatu, ingatkan dirimu bahwa itu adalah hal yang normal dan selalu ada hal untuk dipelajari.

  • Bangun sebuah Fondasi: Tentukan fokusmu untuk membangun fondasi yang kuat. Jangan khawatir tentang Bahasa spesifik atau tool dan kerja dalam proses. Belajar bagaimana struktur data yang berbeda bekerja, ciri dan sifatnya, dan bagaimana cara memanipulasinya. Saat kamu mempunyai fondasi yang kuat, kamu dapat menguasai tool dan menjadi lebih baik mengerjakan tugas yang ada.

  • Menjadi Mandiri: Salah satu hal paling penting yang dapat kamu lakukan sebagai seorang developer adalah untuk menjadi sosok yang mandiri, artinya mampu untuk memecahkan masalah, debug, dan mengajari dirimu skill-skill baru dengan cepat dan mandiri.

  • Dalami dirimu: Belajar coding sama seperti belajar sebuah Bahasa baru. Cara terbaik untuk menyerap dan mempelajarinya adalah untuk mendalami dirimu pada Bahasa itu setiap hari. Semakin banyak praktik yang kamu lakukan pada masalah dan aspek pemrograman yang berbeda, semakin banyak pengertianmu pada apa yang kamu pelajari.

  • Pelajari kelemahanmu: Dalam perjalanan pemrogramanmu, kamu akan berhadapan dengan banyak hambatan yang tidak dapat kamu selesaikan sendiri. Anggap setiap masalah yang kamu hadapi sebagai pengalamanmu dalam belajar. Saat kamu tidak mengerti sesuatu, bukan berarti kamu tidak mampu. Kamu hanya menemukan sebuah kelemahan dan kamu perlu mengubahnya menjadi kekuatanmu.

Yang paling penting, ingat bahwa kamu tidak sendiri.

Jangan biarkan keraguanmu menghentikanmu menjadi luar biasa. Dengan tekad yang kuat dan kerja keras, kamu akan berhasil!

Source: The Firehose Project

Image Source: Unsplash

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.