Why Mentorship Matters in Coding

tipsprogramming

Why Mentorship Matters in Coding

Cara tercepat untuk meningkatkan diri sebagai calon developer adalah melalui bimbingan dengan seorang mentor.

Ada alasan mengapa perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Airbnb, dan yang lainnya menugaskan mentor untuk membimbing developer junior yang mereka pekerjakan. Alasannya adalah karena itu cara yang sangat efektif untuk belajar.

Developer terbaik mencari mentor coding yang bisa menantang dan mendorong mereka melampaui batasan mereka miliki.

Programming bukan satu-satunya hal yang akan kamu pelajari dengan lebih cepat dan lebih baik dengan adanya bantuan seseorang yang lebih berpengalaman darimu. Dalam setiap karir, bekerja di antara orang-orang yang lebih berpengalaman akan membantu meningkatkan dirimu dan juga belajar hal-hal baru.

CARA TERCEPAT BELAJAR PROGRAMMING ADALAH MELALUI PAIR PROGRAMMING

Dalam dunia kerja, pair programming - ketika dua orang bersama-sama mengerjakan kode yang sama untuk menambahkan fitur - terjadi setiap saat, terutama di Coding Bootcamp kami.

Pair programming umumnya terbagi menjadi dua peran terpisah.

Satu orang menjadi "driver", artinya mereka menggunakan keyboard untuk mengetik kode. Yang satunya bertanggung jawab untuk menavigasi orang tersebut menggunakan keyboard di jalur yang benar.

Cara tercepat untuk belajar adalah melakukan pair programming dengan seseorang yang lebih berpengalaman darimu. Cobalah untuk mengambil peran sebagai “driver” sementara orang yang lebih berpengalaman membantu menavigasi. Sebagai “driver”, tugasmu adalah menulis dan memahami kode, namun tugas “navigator” adalah memastikan kode ditulis dengan benar.

MENTOR DAPAT MENYESUAIKAN JALAN TERCEPAT AGAR KAMU DAPAT MENCAPAI TUJUANMU

Siapapun yang telah melakukan programming secara profesional untuk waktu yang lama memiliki banyak pengetahuan dan dengan cepat bisa menentukan jalur tercepat untuk mencapai suatu tujuan.

Seorang mentor berpengalaman akan menjagamu tetap berada di jalur dan membantumu kembali fokus saat kamu menyimpang dari hal-hal yang penting. Mereka dapat dengan cepat menarikmu kembali ke jalur yang benar ketika kamu menyimpang ke jalur yang salah, hal ini akan sering terjadi padamu sebagai programmer pemula.

Dengan bantuan mentor, kamu akan berhenti menyia-nyiakan waktu mengkhawatirkan apa yang kamu lakukan dan fokus dalam mengembangkan skill yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuanmu.

MENTOR CODING AKAN MENANTANG PEKERJAANMU

Jangan berharap mentormu akan melakukan semua pekerjaan untukmu. Berharaplah agar mereka mendorongmu untuk melampaui batasan yang kamu miliki.

Seorang mentor yang baik akan mengetahui apa yang kamu pahami dan apa yang tidak kamu pahami. Pengembangan terjadi ketika pelajar baru terdesak kebingungan mereka sendiri.

CARI seorang mentor dan terus cari mentor sepanjang perjalanan karirmu. Jangan berfokus untuk memiliki satu mentor saja dalam berkarir di industri teknologi. Sebaiknya, teruslah cari banyak mentor yang lebih berpengalaman seiring kamu berkarir.
Bahkan Alumni kami masih terus mencari mentor yang lebih berpengalaman. Programming adalah seni belajar yang tidak ada habisnya untuk dipelajari! Belajar bagaimana cara untuk belajar adalah skill yang paling penting untuk dikembangkan.

Siap berpasangan dengan mentor yang hebat dan meningkatkan skillmu ke level berikutnya? Ambil langkah pertamamu dan daftarkan dirimu untuk mengikuti program Full Stack JavaScript di HACKTIV8

Source: Firehose Project

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.