Menjadi Talenta Digital Terbaik dengan Belajar di Coding Bootcamp HACKTIV8

Seiring dengan perkembangan teknologi yang masif, keahlian di bidang IT semakin diminati oleh berbagai kalangan. Alhasil permintaan tenaga IT di dunia kerja menjadi sangat tinggi dan profesi Programmer dan Developer menjadi primadona saat ini. Setiap orang berlomba-lomba untuk belajar pemrograman agar mampu bersaing sebagai talenta digital di era industri 4.0 ini. Beberapa di antaranya bahkan memutuskan untuk mengubah karir mereka (career switch) ke bidang IT. Perpindahan karir tersebut bukanlah hal yang mustahil, melainkan hal yang lumrah terjadi. Bahkan untuk mereka yang tidak memiliki background IT sebelumnya, maupun sarjana-sarjana jurusan IT yang merasa belum mendapatkan ilmu yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Hal tersebut tidak serta merta menjadi kendala untuk meningkatkan karir mereka di bidang IT. Solusi yang kerap dilakukan untuk menjadi talenta digital terbaik dengan mengikuti coding bootcamp yang merupakan program pembelajaran intensif yang mengajarkan ilmu seputar pemrograman (programming skill).

HACKTIV8 sebagai coding bootcamp pertama di Indonesia memiliki program Full Stack JavaScript yang dapat mengubah seorang pemula menjadi Full Stack Developer hanya dalam 12 minggu. Ada 2 tahap pembelajaran di program ini, yaitu tahap persiapan dan tahap immersive yang masing-masing dibagi menjadi 4 fase. Fase pembelajaran akan berlangsung pada hari Senin sampai Jumat, jam 09:00-18:00 setiap minggunya. Sehingga, dibutuhkan komitmen waktu secara penuh dan motivasi belajar yang tinggi agar siswa-siswa dapat mengikuti sistem pembelajaran yang intensif. Para siswa juga diharuskan sedang tidak bekerja ataupun kuliah saat mengikuti pelatihan. Oleh karena itu, sebelum masuk HACKTIV8, para calon siswa diharuskan mengikuti sesi wawancara terlebih dahulu dan mengerjakan tes yang diberikan berupa tes logika dan bahasa inggris dasar. Kurikulum di HACKTIV8 juga dirancang oleh praktisi dan pengajar yang profesional dalam bidangnya agar materi relevan dan selalu update dengan kebutuhan industri saat ini sehingga dapat langsung diaplikasikan di dalam dunia kerja. Kemudian instruktur-instruktur HACKTIV8 juga akan mendampingi dan membimbing siswa secara langsung agar pembelajaran berlangsung efektif dan efisien. Tidak hanya itu, HACKTIV8 memiliki jalinan kerjasama dengan lebih dari 250 perusahaan sebagai hiring partner yang siap merekrut lulusan HACKTIV8 setelah lulus. Dengan demikian, kehadiran coding bootcamp mematahkan stigma bahwa profesi Programmer dan Developer haruslah dari lulusan  IT. .

Mungkin masih banyak yang mempertanyakan tentang bagaimana suatu coding bootcamp dapat menciptakan lulusan talenta-talenta digital yang kompeten. Tidak sedikit para calon siswa yang ragu akan karir mereka setelah lulus karena tidak adanya transparansi yang merangkum hasil belajar dari suatu bootcamp. Tentunya kita harus memperhatikan transparansi dan track-record hasil belajar dari suatu coding bootcamp melalui laporan akurat dan kredibel dari institusi terkait. Oleh karena itu, jika kamu ingin masuk coding bootcamp, pasikan bootcamp yang kamu pilih telah memenuhi indikator sebagai lembaga pendidikan yang transparan, mudah diakses, dan mengacu pada hasil belajar. Dari sekian banyaknya coding bootcamp yang ada di Indonesia, hanya HACKTIV8 coding bootcamp pertama di Asia yang terdaftar dalam CIRR (Council on Integrity in Results Reporting). Dengan CIRR, kita dapat dengan mudah mengakses informasi seputar HACKTIV8 secara transparan.

Melalui laporan dari CIRR inilah HACKTIV8 dapat memberikan laporan kelulusan yang 100% jujur dan akurat kepada para siswa dan hiring partner. Dengan metode ini juga akan mencegah adanya tindak kecurangan dalam laporan kelulusan sebuah coding bootcamp. Sehingga, kita semakin yakin untuk memilih lembaga pendidikan kredibel dan sangat disayangkan apabila hal ini belum banyak disadari oleh mereka yang ingin belajar pemrograman di coding bootcamp. Padahal, dengan adanya laporan dari CIRR, dapat dipastikan bahwa HACKTIV8 memiliki sistem yang terstandarisasi untuk mengukur dan melaporkan kelulusan para siswanya. Kalian juga dapat mengakses dan mengunduh laporan terbaru CIRR HACKTIV8 di link berikut https://hacktiv8.com/outcomes/

Laporan CIRR merangkum berbagai  informasi seperti hasil belajar hingga perjalanan karir siswa setelah lulus dari HACKTIV8. Berikut data yang tertera dalam laporan CIRR.

  • Jumlah siswa yang mendapat kerja di bidang yang relevan dalam waktu enam bulan.
  • Jumlah siswa yang lulus tepat waktu.
  • Jumlah siswa yang mendapatkan pekerjaan paruh-waktu.
  • Jumlah siswa yang dipekerjakan oleh sekolah tempat mereka belajar.
  • Jumlah siswa yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan apa yang mereka pelajari.
  • Berapa besar gaji para alumni yang bekerja di bidang yang sesuai.

Berdasarkan laporan CIRR HACKTIV8 dapat kita lihat bahwa pada paruh kedua 2019, tercatat 95,2% alumni HACKTIV8 mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama di Indonesia bahkan mendirikan perusahaan startup sendiri. Angka persentase ini pun akan terus meningkat di tiap tahunnya. Setelah lulus, rata-rata para alumni bekerja sebagai Software Engineer, Front-End Engineer, Full-Stack Engineer, Instructor, dan Developer. Menariknya lagi, rata-rata pendapatan alumni HACKTIV8 berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per bulan.  Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa HACKTIV8 telah terbukti menciptakan lulusan yang kompeten dan berhasil dalam bidang IT. Sehingga, kamu tidak perlu ragu lagi untuk belajar di HACKTIV8. Kamu bisa memulai karirmu di bidang teknologi dengan mengikuti program Full Stack JavaScript HACKTIV8 untuk menjadi seorang developer handal yang siap menjawab tantangan di industri terkini.