Menjadi Creator Dengan Spark AR Studio

Pesatnya perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) kini telah merambah ke media sosial. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya orang yang menuangkan kreativitasnya pada teknologi AR hingga menciptakan berbagai filter menarik yang ada di fitur Instagram Story. Filter di Instagram Story mengubah gambar yang ditampilkan kamera depan atau belakang dengan dilapisi efek AR. Filter-filter tersebut adalah penerapan dari teknologi AR yang dibuat oleh creator. Terlebih saat ini, Facebook sebagai perusahaan induk Instagram meluncurkan aplikasi Spark AR Studio yang memungkinkan semua orang dapat membuat filter kreasi mereka sendiri.

Spark AR Studio

Aplikasi Spark AR

Kini siapa pun bisa membuat filter Instagram sendiri dengan menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Spark AR Studio adalah sebuah platform AR untuk membuat efek AR pada kamera smartphone. Sebelum diluncurkan pada Agustus 2019, hanya creator Instagram tertentu yang dapat merancang dan menerbitkan filter AR. Sekarang, siapa pun dapat berkreasi dengan Spark AR Studio untuk membuat filter yang menarik. Spark AR Studio dirancang untuk memudahkan para creator dari berbagai tingkatan skill yang berbeda, bahkan orang awam sekalipun dapat menghadirkan pengalaman Augmented Reality di Instagram. Di Spark AR Studio, para pengguna bisa membuat filter AR dengan tools yang tersedia. Pengguna juga bisa membagikan filter yang mereka ciptakan ke komunitas Instagram.

Setelah Instagram memberikan kebebasan bagi semua pengguna untuk berinovasi membuat filter Instagram menggunakan Spark AR Studio. Jenis filter-filter AR di Instagram pun semakin beragam. Filter AR Instagram tidak hanya mampu membuat efek untuk wajah, tapi bisa dilengkapi musik, bahkan pengguna bisa bermain kuis dan games. Adapun delapan jenis filter AR Instagram yang paling sering digunakan pengguna antara lain.

Filter AR Penyesuaian Warna (Colour Adjustment)

Salah satu penggunaan pertama dari filter Instagram adalah perubahan warna kamera secara real-time, yang merupakan salah satu fitur yang tersedia di Instagram sejak beberapa tahun yang lalu. Menggabungkan efek Augmented Reality (AR), creator kini dapat membuat filter penyesuaian warna mereka sendiri berdasarkan visual kunci creator atau kampanye mereka. Contohnya Selena Gomez, filter Instagram Story “A Rainbow Light” dibuat berdasarkan single lagunya "Rare". A Rainbow Light cocok dengan video musik "Rare" yang juga menampilkan cahaya pelangi. Selain itu, kupu-kupu 3D yang terbang di sekitar kepala juga ditambahkan untuk melengkapi pengalaman AR yang sesuai dengan pengikutnya yang mayoritas wanita. Jenis filter ini biasa digunakan oleh Creator ataupun Brand untuk mendorong pengikut mereka berekspresi di stories Instagram.

Filter AR Kecantikan (Beautifying)

Filter Kecantikan/Beautifying Instagram story paling umum digunakan oleh para wanita. Filter AR kecantikan biasanya memiliki riasan AR virtual seperti Melembutkan/Memutihkan Wajah, Bulu Mata Virtual, Bayangan mata virtual, Perona Pipi, dan Lipstik. Contohnya pada filter stories Instagram Mac Cosmetics yang memiliki semua tersebut, termasuk latar belakang berkilau yang menghanyutkan pengguna akan keindahan yang mendalam dan pengalaman AR yang menakjubkan.

Filter AR Random

Filter ini pernah menjadi tren pada Desember 2019 lalu. Saat pertama kali diluncurkan filter ini menggambarkan "Siapakah Kamu di Karakter Disney?". Sejak saat itu, banyak brand yang menerapkan ide ini untuk kampanye pemasaran mereka. Dengan sedikit pengembangan, Eztravel Taiwan, perusahaan perjalanan online terbesar di Taiwan membuat filter stories yang secara random memilih negara yang dapat dikunjungi. Penggunaan animasi yang dipadukan dengan efek dan ilustrasi yang baik dari berbagai latar membuat filter stories Instagram ini mencuri perhatian pengguna Instagram.

Filter AR Quiz

Filter Quiz AR adalah jenis lain dari filter stories Instagram yang dapat dibuat oleh Creator untuk menciptakan keterlibatan dan interaktivitas yang menyenangkan dengan audiens mereka. Ada banyak jenis kuis yang berbeda yang dibuat oleh mereka tergantung pada kampanye pemasaran mereka. Misalnya, Teater Aussie membuat filter cerita Instagram kuis bagi pengikut mereka untuk menebak nama musikal yang dibuat dari emoji. Pengikut mereka diberikan waktu 10 detik untuk menebaknya dengan benar sebelum terjawab secara otomatis.

Filter AR Game

Filter AR Game adalah salah satu jenis filter cerita Instagram yang paling umum digunakan oleh Creator. Salah satu jenis filter Game yang paling umum adalah catching/eating game di mana pengguna Instagram harus menangkap benda jatuh baik dengan mulut atau keranjang tangkap.

Filter AR Real World

Filter AR Real World mengacu pada filter stories Instagram yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan objek 3D virtual di dunia nyata kita seolah-olah itu nyata. Contoh filter stories Instagram ini, yaitu kardus PS5 yang sempat menjadi viral. Dengan filter ini pengguna dapat terlihat seakan memiliki PS5 sebelum dirilis secara resmi. Meski bukan bagian dari strategi marketing Sony untuk mempromosikan PS5, filter ini turut berkontribusi pada tingginya permintaan PS5 pada saat itu.

Filter AR Target Tracker

Filter AR jenis ini hanya dapat bekerja saat menemukan objek atau target yang telah ditentukan sebelumnya. Contohnya seperti filter Domino Pizza yang dibuat GOWAAA. Saat pengguna menemukan kotak pizza ketika memesan pizza dari Domino Singapura, mereka dapat mengganti kamera untuk mengungkapkan efek mengejutkan menjadi pemandangan malam atau di siang hari. Tujuan dari filter ini adalah untuk menggambarkan bahwa siapapun dapat memesan Pizza Domino di siang maupun malam hari.

Filter AR Immersive

Filter AR Immersive adalah filter yang dapat menempatkan wajah pengguna atau bagian dari tubuh mereka ke dalam bentuk 3D. Contohnya adalah filter yang dibuat oleh klub Sepak Bola Paris Saint-Jerman untuk memperkenalkan jersey baru mereka. Pengguna Instagram dapat menjadi pemain sepak bola klub sepak bola dengan mengenakan jersey mereka, yang pasti akan dinikmati oleh para penggemar klub sepak bola.

Spark AR Labs Event

Spark AR Labs Event

Jenis filter AR tentu akan terus berkembang seiring dengan munculnya para creator  baru yang menciptakan filternya sendiri. Untuk memberikan tempat berkreasi dan berkreativitas bagi kamu yang ingin menjadi creator dengan AR. Spark AR Labs berkolaborasi dengan Hacktiv8 mengadakan event yang akan menghadirkan para creator dan profesional dari berbagai bidang untuk memberikan kamu pengetahuan seputar perkembangan teknologi AR.

Kamu akan mengikuti webinar dengan topik “Talking about Filters Tren and How This Affects Your Branding” bersama Scaled Partner Manager for South & Southeast Asia Facebook, Eric So. Di webinar ini kamu bisa belajar bagaimana cara berinovasi dan berkreasi dengan Spark AR Studio.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti workshop bersama Founder of Madebyhumans, Michael Andrian untuk membuat kartu nama dengan AR. Di workshop ini kamu akan diajarkan basic logic yang dibutuhkan untuk membuat filter menggunakan Spark AR Studio.

Event ini akan diadakan secara virtual pada Sabtu, 26 Juni 2021, pukul 14:00-16:00 WIB, GRATIS! Jangan lewatkan kesempatan untuk diskusi dan belajar langsung dari para creator profesional. Kunjungi my.hacktiv8.com/SparkAR1 untuk join event dan jadilah creator di era digital.

Share this article: Link copied to clipboard!

You might also like...