Menjadi Programmer Harus Jago Matematika? Kata Siapa?

programmingnews

Menjadi Programmer Harus Jago Matematika? Kata Siapa?

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa belajar coding sama halnya dengan belajar matematika. Sulit, rumit, bahkan bikin kepala pusing karena harus berkutat dengan angka-angka dan kode.

Memang tidak bisa dipungkiri jika belajar coding sedikit banyak terbantu dengan memahami matematika, tetapi tidak semuanya benar. Harus diakui memang prosesnya rumit, mengingat seorang calon Programmer dituntut untuk selalu teliti. Intinya, perbanyak waktu mencari informasi dari internet, latihan trial and error, serta mengikuti tes gratis tentang logika berpikir. Tidak harus menjadi ahli matematika untuk menjadi Programmer, karena memiliki kemampuan matematika level dasar dan menengah cukup untuk bekal belajar coding.

Segala bidang ilmu pengetahuan harus diawali dengan ketertarikan dan passion yang kuat, Begitu juga dengan coding, jika kamu memang sangat mencintai dan ingin berkecimpung di dunia pemrograman, serta ingin menjadikan coding sebagai profesimu di masa depan, maka mulailah belajar dengan serius. Akan tetapi, jika programming tidak sesuai dengan keinginan hati kamu, maka sebaliknya akan menjadi beban jika kamu memaksakan diri untuk melanjutkannya. Kamu tidak akan menemukan kepuasan dan tidak ada proses yang bisa kamu nikmati saat kamu dipertemukan oleh serangkaian kode yang sesungguhnya bagi seorang Programmer sangat menarik untuk dipecahkan.

Hal yang perlu digarisbawahi adalah Programmer dengan segudang skill mumpuni yang menduduki posisi penting di perusahaan bonafide tidak semuanya jago matematika, bahkan banyak dari mereka yang justru membencinya. Dengan kata lain, kemampuan matematika dan keberhasilan menjadi Programmer tidak ada kaitannya. Justru, seseorang yang banyak meng-Googling informasi dan referensi lebih memiliki peluang untuk menjadi Programmer andal.

Sebagai bekal awal, kamu bisa memulainya dengan mengakses situs-situs tak berbayar untuk belajar secara otodidak. Selain tidak terikat komitmen waktu, kamu juga yang menentukan kapan memulai “petualangan” coding-mu. Mulailah dengan menghafal beberapa konsep dasar sederhana, seperti bagaimana cara internet bekerja, apa sebenarnya arti kode, FTP dan sebagainya.

Membahas tentang dunia pemrograman, dibutuhkan keterampilan logika dasar yang berguna untuk mengetahui apa yang akan dikatakan oleh program. Bagi mereka yang terampil di bidang matematika lebih cocok mendalami dunia video game programming dibandingkan desainer web. Selain itu, pengkodean entry level juga cocok bagi mereka yang terampil di bidang matematika khususnya pada teori Pythagoras.

Secara keseluruhan, tidak perlu khawatir jika matematika kamu tidak terlalu cemerlang. Berhasil atau tidaknya seseorang menjadi Programmer tidak ditentukan oleh seberapa tinggi keterampilan matematikanya, akan tetapi niat, semangat dan kerja keras yang akan mengantarmu ke pintu kesuksesan. Ingat, seorang Programmer juga harus melatih kesabaran apabila komputer tidak menjalankan tugas sesuai perintah.