Mengapa Python baik untuk Data Analitik?

Pythonpython programmingData Science

Mengapa Python baik untuk Data Analitik?

shahadat-shemul-gnyA8vd3Otc-unsplash

Python menjadi lebih populer karena banyak alasan. Bahkan dapat dibilang penting untuk menguasai syntax Python sebelum melakukan hal yang lebih menarik seperti data science. Demikian, banyak alasan untuk belajar Python, tetapi salah satu kunci alasannya adalah Python merupakan bahasa yang paling baik untuk dikuasai jika kamu ingin menganalisa data atau terjun ke bidang data analysis dan data science. Untuk memulai perjalanan data science mu, kamu harus mempelajari syntax minimum. Setelah itu kamu harus fokus dalam mengembangkan proyek tersusun. Lalu, kamu mungkin ingin mengembangkan proyek free-form mu sendiri. Tetapi, mempelajari Python dalam rangka menggunakannya untuk data science membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi hasilnya sangatlah setimpal.

Mengapa Python untuk Data Analysis?

Python adalah bahasa pemrograman yang object-oriented, high-level dan sering di interpretasi. Dan juga, dikenal untuk semantiknya yang dinamis. Python dikenal secara luas untuk kemampuannya dalam Rapid Application Development, terutama dikarenakan binding dan typingnya yang dinamik. Python juga digunakan secara luas untuk scripting, dan bahkan digunakan sebagai glue language untuk menyambungkan komponen yang sudah ada. Dan juga, Python cukup serba guna, sebab itu popularitas dari bahasa programming ini berkembang hari demi hari. Python cukup baik dengan data analisis juga, oleh karena itu, sering disebutkan sebagai bahasa yang paling disukai untuk data science.

Python juga dikenal sebagai bahasa programming yang general-purpose. Meskipun, sangat menekankan keterbacaannya. Dengan bantuan Python, engineer dapat menggunakan lebih sedikit barisan kode untuk menyelesaikan tugas. Python sangatlah cepat, dan banyak library yang membuat Python lebih disukai juga, seperti Matplotlib. Dan, banyak library yang digunakan untuk scientific computing juga. Karenanya, empat alasan utama yang membuat Python bahasa yang sempurna untuk data science melingkupi, Python merupakan bahasa programming yang open source. Selain ini, fitur Python sangat cepat, dan banyak pendukung yang tersedia untuk Python merupakan salah satu alasan yang membuat Python digemari bagi banyak orang. Nyatanya, banyak orang terlibat dengan data analysis dapat mencoba banyak hal.

**Python untuk data science **

Karena, Python merupakan bahasa programming yang fleksibel, menyebabkannya, dicintai oleh data science. Juga, orang yang ingin terjun ke dunia data science lebih memilih Python ketimbang bahasa-bahasa programming lainnya. Jadi, jika programmer ingin mencoba hal yang menarik dan unik, mereka bisa melakukannya dengan Python. Programmer bahkan dapat menulis script untuk aplikasi dan website, dengan cara sekreatif yang mereka mau. Python juga merupakan bahasa yang paling gampang untuk dikuasai. Bahasanya cukup sederhana, dan sangat gampang dibaca juga.

Source : https://thriveglobal.com/stories/why-python-is-good-for-data-analytics/

photo by Shahadat Shemul on Unsplash