Mempelajari dan Menjadi Scrum Master

Pesatnya perkembangan industri di bidang teknologi menuntut kita untuk bisa bekerja secara lebih efektif dan efisien. Beberapa perusahaan berbasis teknologi pun mulai mensiasatinya dengan menerapkan suatu metode yang dapat meningkatkan performa kerja tim agar bisa menjadi lebih produktif dalam mengelola proyek atau menghasilkan suatu produk.

Agile Software Development

Agile adalah sebuah metode software development yang mencakup website, web application, dan mobile application yang berfokus untuk menghasilkan software berkualitas tinggi secara konsisten dengan mengurangi biaya proyek dan meningkatkan nilai jual suatu bisnis.

Pengertian Scrum

Scrum adalah metode iteratif yang termasuk dalam metode Agile tentang cara mengelola dan menjalankan sebuah proyek. Dengan menggunakan metode Scrum, kamu bisa mengelola segala macam proyek dari pembuatan software, website, hardware, marketing, hingga event planning.

Agile dan Scrum

Kesimpulannya, Agile dan Scrum merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan dalam ekosistem Software Development. Dalam kata lain, Scrum adalah framework yang digunakan untuk mengimplementasikan pengembangan Agile.

Belajar Agile Scrum

Agile Scrum dianggap sebagai metode terbaik untuk merevolusi cara kerja tim dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan belajar Scrum, kamu akan dapat mengelola manajemen tim agar lebih efisien. Namun, bagaimana cara mempelajari metode Agile Scrum secara singkat dan efektif untuk bisa diaplikasikan dalam perusahaan? HACKTIV8 sebagai coding bootcamp no.1 di Asia membuka kelas Agile Scrum untuk kamu yang ingin belajar menjadi lebih cekatan dalam tim dan menjadi lebih produktif dalam mengelola suatu proyek. Di kelas ini kamu akan dibimbing oleh Profesional Scrum Master yang memiliki banyak pengalaman berkarir di Australia.

Materi Scrum

Dalam kelas ini kamu akan mempelajari Agile concepts, Scrum details, Scrum development thinking, knowledge areas, dan teamwork. Berikut adalah rangkaian materi yang akan kamu dapatkan:

1. Perkenalan Scrum

Kamu akan mempelajari tentang jenis Scrum Events seperti Sprint Planning dan Daily Scrum, Scrum Artefact seperti mengenal jenis backlog, Scrum Roles dan Scrum Values.

2. Belajar Prinsip Agile Dalam Tim

Kamu akan mempelajari dasar-dasar Agile seperti membuat product yang Agile, dan melatih pola pikir kamu untuk memiliki pola pikir Agile dalam mengelola tim.

3. Belajar Menggunakan Tools

Kamu akan belajar cara menggunakan Kanban dan mendapatkan materi tentang cara menentukan prioritas dan alur dalam mengerjakan suatu proyek.

4. Membangun Interaksi & Tugas Dalam Tim

Di kelas ini kamu akan praktik untuk berinteraksi dan komunikasi dengan setiap elemen yang ada pada tim seperti Scrum Master dan Product Owner.

Kepada Siapa Kelas Ini Ditujukan?

Kelas Agile Scrum ini dirancang untuk para programmer serta individu seperti pengusaha pemula atau manajer pengembangan yang berminat mempelajari metode Scrum untuk mengelola tim dan mengerjakan sebuah proyek. Setelah selesai, kamu akan memiliki pengetahuan tentang Agile dan Scrum yang diperlukan untuk bekerja secara lebih efektif dalam tim development. Di kelas ini kamu juga bisa mendapat pengalaman praktis untuk mencoba sertifikasi industri Professional Scrum Master (PSM) dari scrum.org.

Berapa Lama Kelas Berlangsung?

Kelas Agile Scrum ini akan berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu & Minggu dari pukul 9.00 - 17.00. Dalam kelas ini akan disediakan waktu istirahat, makan siang, dan cemilan. Dalam dua hari penuh kamu akan mengikuti format pelatihan Scrum berupa gabungan pengajaran teori dan praktik berbasis tim dari materi yang diajarkan.

Prospek Program

Setelah menyelesaikan program ini, kamu akan memiliki nilai jual dalam dunia kerja dibanding calon potensial lainnya. Perusahaan akan menilai kamu memiliki pengetahuan, pola pikir, dan memahami tanggung jawab dalam bekerja. Bagi pengusaha muda dan manajer bisnis, program ini dapat memberikan pengetahuan yang up-to-date dalam penerapan Agile dan Scrum. Program ini akan memungkinkan kamu untuk melakukan diskusi dengan calon mitra bisnis, investor, dan tim internal, serta membuka pintu untuk studi lebih lanjut dalam teori dan praktik pengelolaan tugas modern.

Sertifikasi Scrum

Keuntungan lainnya setelah mengikuti kelas ini adalah kamu akan menerima sertifikat pelatihan yang dikeluarkan oleh HACKTIV8 bersama AgileView, suatu lembaga yang berfokus pada pelatihan Agile Scrum yang berpusat di Australia. Selain itu, kamu juga bisa mendapat sertifikasi Scrum Master dengan mengambil test & certificate of attainment, yang berupa tes dan praktik lanjutan dari AgileView untuk menjadi Profesional Scrum Master dan Professional Scrum Developer.

Nah, kalau proyek kamu sering mangkrak atau kamu ingin meningkatkan performa kamu dan tim dalam bekerja, jangan ragu untuk mengikuti kelas Agile Scrum di HACKTIV8. Karena di kelas ini kamu akan dapat belajar cara mengelola projek supaya lebih efisien dan membuat kerja tim menjadi lebih efektif. Daftar kelas Agile Scrum sekarang dan jadilah Scrum Master! Info lebih lengkap email ke halo@hacktiv8.com atau chat melalui WhatsApp ke 02150996662. Tim kami siap menjawab berbagai pertanyaan yang kamu miliki dan jangan ragu untuk memperoleh informasi yang kamu butuhkan untuk investasi skill dan pengetahuan kamu. Kami tunggu di kelas Agile Scrum.