Lima Bahasa Coding Sederhana Untuk Pemula

programmingjavascripteducationtips

Lima Bahasa Coding Sederhana Untuk Pemula

Pernahkah terlintas dalam pikiranmu untuk memiliki karir terbaik di dunia ini? Salah satu pilihan terbaik tersebut adalah menjadi seorang developer.

Semakin berkembangnya industri teknologi membuat developer menjadi salah satu posisi yang masuk dalam kategori ‘most wanted’ bagi seluruh industri teknologi ternama. Dan tahukah Anda bahwa hampir seluruh perusahaan tersebut bersedia untuk membayar mahal demi mendapatkan yang terbaik? Akan tetapi, seperti yang kita ketahui, kuantitas developer yang mumpuni masih dirasa kurang. Stereotipe tentang dunia pemrograman adalah sesuatu yang sulit, membuat banyak orang berpikir berkali-kali untuk mempelajarinya, meskipun mereka tau seberapa besar keuntungannya apabila mereka berhasil menguasainya.

Bagi Anda yang masih dalam kategori awam tetapi Anda merasa bahwa stereotipe tersebut salah, dalam artikel ini kita akan membahas 5 bahasa pemroraman yang sederhana dan mudah dipahami bagi pemula:

Python

Ya, Python adalah bahasa pemprograman yang paling mudah untuk pemula. Dikembangkan pada tahun 80-an, bersifat open source dan bebas untuk digunakan, bahkan untuk aplikasi komersial. Hal ini disebut juga sebagai scripting yang memungkinkan programmer melihat script dalam sebuah program tertentu dalam jangka waktu yang singkat. Selain itu, Phyton juga bersifat dinamis, mendukung object-oriented, prosedural, dan gaya pemrograman fungsional. Ada beberapa tutorial resmi yang mudah dipahami bagi pemula tanpa khawatir akan sintaks. Selain itu, Python digunakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Google, Yahoo! dan NASA. Salah satu kerangka aplikasi web dari Phyton adalah Django yang digunakan oleh situs besar seperti Instagram, Pinterest, dan The New York Times.

Ruby

Mirip dengan Python, Ruby juga termasuk bahasa pemprograman yang mudah dipahami oleh orang awam. Ketika belajar Ruby, Anda tidak perlu mempelajari banyak perintah baru seperti pada beberapa bahasa pemrograman lainnya. Yukihiro Matsumoto, pengembang Ruby telah merancangnya agar Ruby mudah dipahami bahkan hanya dalam 20 menit yang dapat diakses pada website resmi Ruby. Banyak perusahaan besar yang juga menggunakan Ruby seperti Twitter, Groupon dan GitHub. Selain itu juga banyak digunakan untuk pengembangan backend, dan situs populer seperti Airbnb, Shopify, Bloomberg, Hulu, dan Slideshare.

JavaScript

Berbeda dengan Java, JavaScript adalah bahasa scripting program yang paling umum digunakan untuk membuat website keren dan game web, memiliki banyak sintaks dari bahasa C yang sudah ada pada platform di browser anda, sehingga, kamu tidak perlu menginstalnya ketika ingin belajar. Jika Anda ingin membangun web, JavaScript adalah pilihan yang baik. Sayangnya, JavaScript juga dikenal sebagai bahasa yang sulit. Tapi jangan khawatir JavaScript memiliki beberapa materi pembelajaran online dan memungkinkan kamu mulai belajar langsung.

Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan umum di dunia. Dirilis pada tahun 1995, Java adalah bahasa yang berorientasi objek berbasis kelas dan dirancang untuk menjadi portabel, yang berarti bahwa kamu dapat menemukannya di semua platform, sistem operasi dan perangkat. Java biasanya digunakan untuk membangun aplikasi Android, aplikasi desktop, dan video game. Meskipun Java termasuk bahasa pemrograman yang sedikit rumit untuk pemula, programmer setuju bahwa memiliki keterampilan tentang Java akan sangat berguna.

C/C++

Bahasa C sering digunakan untuk perangkat lunak sistem dan program. Bahasa C juga banyak mempengaruhi hampir semua bahasa pemrograman dan memiliki kode yang lebih kompleks untuk melakukan tugas sederhana. Jika kamu dapat menguasai bahasa C dengan baik, maka kamu akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa program lainnya. C++ adalah bahasa pemprograman yang populer dan banyak dipengaruhi oleh bahasa C yang dirancang untuk perangkat lunak sistem pemrograman dengan penambahan fitur berorientasi objek seperti kelas bahasa, bersama dengan fungsi virtual dan template. Termasuk untuk membuat game, aplikasi desktop, aplikasi mobile, dan aplikasi web. Beberapa aplikasi yang dibuat berdasarkan bahasa C/C++ diantaranya Adobe Systems, Amazon, Paypal, Chrome, dan banyak lagi.

Sumber: techworm.net