Why You Should Learn Python in 2018

tipsnews

Why You Should Learn Python in 2018

Apa itu Python?

Sudah ada sejak tahun ‘90-an, bahasa Python dulu sering dianggap sebagai bahasa “cadangan” atau untuk mengotomasi hal-hal kecil yang membosankan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Python berkembang sangat cepat dan telah menjadi bahasa pemrograman pilihan untuk software development, manajemen infrastruktur dan terutama, analisis data. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap developer oleh StackOverflow, Python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang terpopuler dan paling disukai.

Pemanfaatan Python di Bidang Analisis Data

Python sekarang sangat populer digunakan dalam bidang analisis data. Perusahaan-perusahaan besar seperti Spotify dan Netflix adalah contoh platform yang telah memanfaatkan Python dalam analisis data. Penerapan dalam kedua platform ini, utamanya terlihat pada bagaimana Spotify merekomendasikan lagu dan Netflix merekomendasikan film kepada para pelanggannya. Berikut ini adalah beberapa poin penting tentang penggunaan Python dalam analisis data Spotify:

  1. Tim Spotify menggunakan Luigi, modul dari Python, yang disinkronisasi dengan Hadoop, sebuah framework berbasis Java yang memungkinkan pemrosesan data dengan ukuran sangat besar.
  2. Luigi memungkinkan kamu untuk membangun pipeline yang kompleks dengan cepat. Ini menangani bundling library yang dibutuhkan, serta mengembalikan error log ke komputer lokalmu.
  3. Spotify juga mengaplikasikan Luigi bersama dengan berbagai algoritme machine learning untuk menghidupkan fitur Radio dan Discover, serta rekomendasi untuk orang yang mungkin ingin kamu ikuti.

Mengapa Memilih Python?

  • Python memiliki konsep desain yang bagus dan sederhana sehingga mudah dibaca, dipelajari, digunakan ulang, dan dirawat.
  • Python dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu bagi para programmer. Untuk memperoleh hasil program yang sama, kode Python juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kode yang ditulis menggunakan bahasa-bahasa pemrograman lain seperti C, C++,C# maupun Java.
  • Program yang ditulis menggunakan Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll), termasuk untuk perangkat-perangkat mobile.
  • Python memiliki banyak dukungan library yang dikembangakan oleh pihak ketiga, misalnya library untuk pengembangan web, pengembangan aplikasi visual (berbasis GUI), pengembangan permainan komputer (game), dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Programmer Python sedang banyak dicari dan mendapat gaji yang lebih tinggi dibanding sebagian besar programmer lainnya.

Apakah kamu siap untuk belajar Python?
Kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut tentang Kelas Intro to Python baru kami..

Photo by Dlanor S on Unsplash

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.