Meet Our Alumni: Kokoh Tanamal

alumni

Meet Our Alumni: Kokoh Tanamal

Kokoh Tanamal adalah salah satu Alumni Full Stack JavaScript HACKTIV8 batch 10. Latar belakang pendidikan Kokoh adalah lulusan Chemical Engineering di Universitas Parahyangan Bandung. Pengalamannya bekerja di Digital Agency banyak menemukan permasalahan yang kompleks dalam penyelesaiannya. Oleh sebab itu Kokoh tertarik dengan sistem komputasi yang dapat menyederhanakan suatu proses. Dari situ, Kokoh tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang pemograman di HACKTIV8.

Q & A

cara kamu beradaptasi dalam proses belajar programming ini?

Menurut Saya, belajar bidang apapun khususnya coding tentu akan menemui kesulitan dan stress. Namun, bagaimana cara kita melihatnya. Bagi teman-teman yang merasa kesusahan dalam mempelajari pemograman mungkin kalian harus mengubah pola belajarnya. Dalam mempelajari coding kita tidak bisa secara sprint tetapi secara marathon. Artinya belajar coding itu tidak bisa sekaligus paham tetapi harus mengerti dulu dari dasarnya terutama bagi orang-orang yang bukan dari latar belakang IT seperti Saya.

Di HACKTIV8 Saya juga mengikuti kelas Engineering Empathy. Di kelas ini, Saya dibantu untuk menyusun rencana bagaimana agar bisa mencapai tujuan dari belajar coding ini. Yaitu dengan cara menbentuk sikap, mental dan karakter yang baik agar menghasilkan hasil yang baik.

Bagaimana pendapat kamu tentang Instruktur di HACKTIV8?

Para instruktur disini sangat membantu saya dan murid-murid lainnya seperti menyelesaikan atau menelusuri bugs dalam coding yang perlu pemahaman mendalam untuk diselesaikan. Hal ini juga membuat suasana belajar di HACKTIV8 yang penuh menantang menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Pengalaman paling seru selama menjadi murid di HACKTIV8?

Pengalaman yang paling seru saat kami berada di stage mempresentasikan project untuk menunjukan apa yang sudah kami pelajari sehingga kita bisa mengukur sejauh mana sudah berkembang.

Selama saya belajar di HACKTIV8 pengalaman lain yang berkesan ketika kami melakukan sesi pair programming. Dengan melakukan sesi itu kita bisa mengetahui dan mempersiapkan metode atau cara yang nanti akan digunakan ketika mengalami masalah. Di sesi ini juga kami saling mengenal satu sama lain dalam hal cara berpikir mengambil keputusan atau melihat solusi untuk menyelesaikan kesulitan.

Apa materi favorit kamu selama belajar di HACKTIV8?

Saya tertarik sekali mempelajari React.js dan Vue.js karena disitu saya mempelajari bagaimana cara menggabungkan antara Front End dan Back End.

Perbedaan yang kamu rasakan sebelum dan sesudah bergabung di HACKTIV8?

Saya merasa ada perubahan dalam pola pikir. Selama belajar di HACKTIV8 saya mempelajari dan mencari cara bagaimana menyelesaikan masalah dengan cepat dan praktis. Karena seorang developer sejatinya mampu memproses hal yang rumit menjadi sederhana.

Apa pesan kepada future developers?

Bagi kalian yang tertarik untuk belajar programming apalagi yang belum pernah belajar tentang coding, kuncinya adalah komitmen dan displin. Stress itu pasti akan dirasakan tetapi, jika dari awal sudah memiliki tekad besar saya rasa dalam proses belajarnya pun mesti sulit namun masih tetap bisa dinikmati.

Menurut Kokoh, investasi dari segi biaya dan waktu yang diberikan selama 3 bulan ini sangatlah worth it. Karena, dari yang belum pernah belajar tentang programming dengan latar belakang pendidkan bukan IT. Kokoh sudah membuktikan bahwa dengan komitmen dan displin semua orang mampu mempelajari programming.

Tertarik untuk mengikuti jejak Kokoh?
Akses link ini untuk info lebih lanjut!

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.