Instructure Profile - Adhitia Hidayat Saputra

instructor

Instructure Profile - Adhitia Hidayat Saputra

Adhitia Hidayat Saputra mengawali pengalaman coding-nya saat kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Ilmu Komputer. Hingga saat ini, Adhitia telah sukses mengantongi pengalaman dalam bidang pemrograman selama 9 tahun.

Bagaimana awalnya Anda mahir coding? Apakah sebelum atau semasa kuliah?

Saya mengenal dunia programming sejak masih menjadi pelajar SMA, kemudian melanjutkan pendidikan komputer di Perguruan Tinggi. Sebelum lulus kuliah, saya sudah bekerja sebagai Ruby on Rails Developer di sebuah perusahaan di Bandung. Di sana, banyak ilmu pemrograman yang saya dapatkan.

Darimana Anda mendapat informasi mengenai Coding Bootcamp untuk pertama kalinya? Apa pendapat Anda?

Saya dapat informasi tentang coding bootcamp langsung dari CEO Hacktiv8. Coding bootcamp menurut saya adalah sebuah solusi yang sangat efisien untuk menghadapi masalah saat ini, di mana banyak start-up mulai bermunculan dan di Indonesia masih sangat kekurangan tenaga ahli IT yang mumpuni di bidangnya.

Mengapa Hacktiv8? Apa yang membuat Anda begitu tertarik bergabung di sini?

Dari awal saya sangat antusias dengan Hacktiv8, karena sebagai lembaga pendidikan non formal pertama di Indonesia, Hacktiv8 memiliki visi dan misi untuk mengubah pemula menjadi seorang Developer melalui pelatihan intensif selama 6 minggu persiapan dan 12 minggu kelas immersive.

Jelaskan peranan Anda sebagai Instructor di Hacktiv8?

Posisi saya di Hacktiv8 sebagai Instruktur, tanggung jawab saya selain dalam mengajar juga memastikan para murid paham dan mendalami materi yang diberikan, memantau perkembangan pemahamannya, dan juga mengubah kurikulum jika dibutuhkan. Karena kita mengerti bahwa di dunia IT sangat dinamis dan harus senantiasa siap dan terbuka akan setiap perubahan.

Apa kelebihan Anda dalam mengajar?

Saya tidak menerapkan sistem hafalan, saya juga tidak mengajarkan tools. Tetapi, saya membangun mindset, bagaimana cara berpikir seorang Software Developer. Saya memberi banyak motivasi pada murid, karena banyak dari mereka tidak punya latar belakang IT sehingga kadang muncul keraguan atas kemampuan diri mereka sendiri.

Bagaimana cara Anda memastikan setiap murid paham akan materi yang diberikan?

Instruktur di Hacktiv8 akan selalu dekat dengan setiap muridnya sepanjang pembelajaran, mulai dari sesi materi di kelas, pada saat coding, pada sesi bertanya atas suatu masalah, dan juga pada saat mempresentasikan pekerjaannya. Dari sana kita mengetahui apakah murid sudah paham akan materi tersebut atau murid tersebut masih butuh bimbingan ekstra.

Apakah ada saran untuk calon murid yang ingin bergabung di Hacktiv8?

Jangan sampai latar belakang pendidikan kamu menjadi penghalang untuk masuk ke dunia pemrograman. Karena setiap sisi dalam bidang pemrograman dapat dipelajari dan dipahami oleh semua orang, baik yang berlatar belakang IT, maupun non IT.

Apabila kita mengambil kesimpulan dari jawaban-jawaban Adhitia, kunci kesuksesan seseorang dalam dunia IT dapat dilihat dari sejauh mana motivasinya untuk menjadi seorang Developer. Apakah orang itu mampu berkomitmen selama proses belajar? Karena menjadi seorang Developer dibutuhkan kerja keras, kedisiplinan waktu dan rasa percaya diri bahwa ilmu yang didapatkan merupakan sebuah investasi masa depan.