How Coding Bootcamps Create Opportunities for College Graduates

How Coding Bootcamps Create Opportunities for College Graduates

Banyak orang menganggap coding bootcamp sebagai alternatif dari gelar perkuliahan. Namun, sebagian besar peserta bootcamp sudah memiliki gelar sarjana atau sudah memiliki pekerjaan tetap di bidang lain.

Mereka merupakan orang yang ingin mempelajari kemampuan baru untuk mengembangkan karir mereka. Mereka yang berhasil melalui proses bootcamp akan memiliki kemampuan yang setara dengan profesional.

Jika kamu mencari karir yang lebih menantang dan bergaji lebih besar, menggabungkan gelar kuliahmu dengan belajar coding dapat sangat memajukan karirmu.

Hal yang penting diingat..

Gelar sarjanamu tidak sia-sia.

Banyak orang yang merasa mengikuti coding bootcamp berarti memulai karir baru dari dasar. Bagi sebagian besar orang berusia 20 atau 30an, kuliah merupakan pengeluaran terbesar yang pernah mereka keluarkan. Memulai karir yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah dapat membuatmu merasa telah membuang waktu dan biaya untuk kuliah.

Kenyataannya tidak seperti itu. Para Hiring Manager masih menganggap gelar sarjana sebagai standard menerima pegawai baru. Tapi, hal yang mereka fokuskan bukan sebatas apakah jurusanmu cocok dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Yang mereka lihat adalah apakah kamu memiliki komitmen yang kuat untuk menyelesaikan program kuliah dan juga apa yang kamu lakukan selama kuliah.

Pelajaran hidup yang kita dapat selama kuliah akan berbeda dengan yang akan didapat selama 13-18 minggu program bootcamp. Saat wawancara, para rekruter biasanya akan lebih banyak membahas tentang soft skill saat mereka sudah puas dengan kemampuan teknikalmu. Jadi, pengalamanmu di coding bootcamp dapat membantumu membuktikan kemampuanmu di depan rekruter, dan pengalaman yang kamu dapatkan selama masa kuliah dapat kamu gunakan untuk membuktikan karakter dan nilai personalmu.

Teknologi sekarang berkembang sangat cepat. Mengikuti sebuah coding bootcamp setelah kamu lulus bukan berarti perjalananmu selama kuliah sia-sia. Hanya talenta yang terus berkembang dan ingin terus belajarlah yang akan memimpin dunia teknologi.

Kamu tidak perlu gelar IT untuk menjadi developer.

Mungkin kamu berpikir, apakah kamu cocok mengikuti sebuah coding bootcamp jika memiliki gelar yang tidak berhubungan dengan computer science. Apakah kamu akan memiliki kesempatan yang sama dengan mereka yang memiliki gelar di bidang IT?

Kenyataannya adalah, kamu akan sadar banyak sekali skill yang dibutuhkan di bidang IT dan tidak mungkin satu orang dapat menguasai semuanya, Jika kamu tidak memiliki latar belakang IT, kemungkinan kamu memiliki pengetahuan lain yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Gelar sarjana saja tidak cukup.

Apapun gelar kamu, pembelajaran coding yang lebih intensif bisa sangat membantu karirmu sebagai seorang developer.

Para programmer yang sukses sebagian besar memiliki pengalaman matang yang didapat dari menempuh pendidikan di kuliah dan kemampuan yang sudah teruji dan dikembangkan di sebuah coding bootcamp. Menjadi sarjana, terutama di bidang Computer Science, akan mengajarimu banyak hal yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan dari tempat lain.

Namun, ada satu kekurangan dari materi kuliah kebanyakan: kurangnya belajar secara praktek. Banyak mahasiswa yang lulus tanpa memiliki pengalaman mengerjakan coding sendiri dan tidak memiliki portfolio hasil karyanya sendiri. Hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah,

Memiliki portfolio sendiri akan sangat membantumu mendapat pekerjaan. Jika kamu dapat memamerkan hasil karya kamu dan produk yang telah kamu bangun, para rekruter akan lebih terkesan denganmu. Coding bootcamp akan membantumu membangun portfolio kamu sendiri dengan waktu yang jauh lebih cepat dari proses lainnya.

Namun, kamu tidak hanya akan dibantu membangun portfolio sendiri. Banyak bootcamp, seperti HACKTIV8, menyediakan layanan karir dan akan menyediakan seorang ahli yang akan mengajarkanmu cara mendapat pekerjaan terbaik, membangun CV dan menjalani job interview dengan sempurna. Beberapa bootcamp juga memiliki koneksi ke perusahaan-perusahaan yang akan memudahkanmu untuk memulai mencari pekerjaan.

Apapun bidang yang menarik bagimu, kamu akan lebih unggul dari kandidat lain jika kamu bisa coding. Sekarang ini belum banyak orang yang memiliki kombinasi gelar sarjana dan pengalaman coding. Jika kamu dapat memadukan ilmu yang kamu dapat sebagai seorang mahasiswa dan kemampuan coding dengan baik, kamu akan menjadi kandidat yang sangat berharga. Kamu akan memiliki banyak pilihan dan kesempatan karena kamu memiliki kemampuan yang luas.

Banyak alumni HACKTIV8 yang masuk mulai mengikuti program kami setelah memiliki gelar di bidang yang tidak berhubungan dengan ilmu komputer. Di halaman Alumni Testimonials, kamu dapat melihat bagaimana coding bootcamp dapat membuat mereka mengalahkan keraguan mereka dan berhasil menyelesaikan coding bootcamp dan memiliki karir sebagai developer profesional.

Photo by Vasily Koloda on Unsplash

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.