How to be a Happy Bootcamper

tipsprogramming

How to be a Happy Bootcamper

Jadi disinilah kamu sekarang. Kamu sudah bergabung dengan Coding Bootcamp. Kamu telah melewati semua tahap pertimbangan saat kamu masih ragu bahwa ingin bergabung atau tidak, tetapi kamu sekarang sudah menentukan pilihanmu. Sekarang adalah waktunya kamu belajar untuk membuat berbagai hal keren!

Nah, tetapi, kamu tidak bisa berkpiikir untuk datang ke kelas pertamamu dan hanya belajar secara pasif. Kamu hanya memiliki beberapa minggu. Pastikan kamu harus berusaha keras dari hari pertama belajar, maka dari itu mari kita lihat beberapa tips yang bisa kamu praktikan di masa belajarmu!

JAGALAH KESEHATANMU

Bootcamp bisa menjadi sebuah pengalaman yang akan membutuhkan banyak usaha secara mental dan emosi. Di sepanjang perjalananmu lama kelamaan kamu akan belajar untuk mulai menyukai kopi.

Pastikan kamu tetap makan dan tidur secara teratur. Kamu mungkin berpikir bahwa dengan begadang kamu akan bisa menyelesaikan banyak hal, tetapi, lebih besar kemungkinan bahwa semua yang kamu kerjakan hingga jam 4 pagi tidak akan masuk kedalam ingatanmu. Karena coding bukanlah sebuah ujian yang bisa kamu lupakan setelah ujian itu selesai, semua yang kamu pelajari harus kamu ingat untuk jangka panjang.

Jangan lupa juga untuk tetap aktif. Terlalu lama berdiam di depan komputer merupakan hal yang tidak baik, sempatkanlah dirimu untuk berolahraga di gym ataupun hanya dengan banyak berjalan. Jika kamu bisa menjaga keseimbangan diantara belajar dan menjaga kesehatan, pada akhirnya kamu sendirilah yang akan merasakan keuntungannya.

ATUR UANG DAN WAKTUMU DENGAN BAIK

Aturlah alur pengeluaran uang dan pemakaian waktumu dengan baik. Kamu pasti tidak mau harus terlalu banyak memikirkan tentang masalah keuanganmu selagi mencoba coding selama lebih dari 50 jam dalam seminggu. Menetapkan sebuah budget yang tetap untuk pengeluaran uangmu akan memastikan kamu tidak memakai lebih dari yang seharusnya.

Pastikan juga kamu menyisihkan waktumu untuk hal-hal yang bersifat restoratif seperti bermain, atau berkumpul bersama teman. Jika kamu mengikuti program yang part-time, maka sisihkanlah cukup waktu untuk pekerjaanmu, bootcamp, dan hidup pribadimu sendiri.

Terkadang yang kamu butuhkan adalah waktu lepas dari coding. Ambilah waktu istirahat untuk menyegarkan pikiranmu kembali untuk bisa belajar lebih produktif lagi nantinya.

PRIORITIAS

Terkadang akan terlihat seperti tidak cukup waktu untuk menyelesaikan semua tugas yang ada. Terbatasnya waktu produktif yang ada dalam sehari, kemampuan mengatur prioritas akan menjadi sangat penting. Pastikan kamu dapat menyelesaikan semua tugasmu dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika temanmu ada yang mengajakmu untuk hang out tetapi kamu masih memiliki tugas yang belum selesai, atur cobalah untuk mengganti jadwal bertemu hingga kamu sudah menyelesaikan tugas yang ada.

Procastination yang sangat susah dilawan bisa menjadi musuh terbesarmu di dalam pengalaman belajar di coding bootcamp.
Temukan tugas atau hal apa yang terpenting, buatlah jadwal yang sesuai dan tetaplah mengikuti jadwal yang sudah kamu buat.

JANGAN TAKUT UNTUK MEMINTA BANTUAN

Jika kamu kesulitan dalam mengerjakan sesuatu dan sudah memakan banyak waktu untuk menyelesaikan masalah yang ada sendirian, cobalah mencari bantuan.

Instruktur berpengalaman dan juga rekan- ekanmu ada untuk membantu kamu.

BUATLAH PROFILE ONLINEMU

Jika kamu baru saja terjun ke dalam industry, kamu pasti belum memiliki banyak pengalaman yang bisa kamu tunjukan kepada perusahaan. Profil online akan membantumu sebagai gambaran dari kemampuanmu bagi orang lain.

  • Update profil LinkedInmu. Masukanlah link dari website personalmu atau proyek yang pernah kamu buat.
  • Rapihkanlah codemu di GitHub. Tunjukanlah kemampuan codingmu dan pertumbuhanmu sebagai seorang developer.

Kedua hal ini sangatlah penting, tapi jika kamu inginn lebih lagi menunjukan keberadaanmu secara online, buatlah sebuah akun Twitter untuk bisa lebih lagi berinteraksi dengan komunitas yang ada. Atau kamu juga bisa membuat blog atau vlog.

Tunjukan pola berpikirmu saat coding. Pastikanlah jika kamu memutuskan untuk membuat sebuah profil online untuk terus mengupdatenya.

BERLATIHLAH

Selalu perdalam hal yang telah kamu pelajari. Temukan materi dan tantangan baru untuk memperbaiki kemampuan pemecahan masalahmu dan mencoba hal baru selagi belajar. Perusahaan memiliki kecenderungan untuk mencari kadidat yang memiliki dedikasi untuk belajar karena tipe orang yang slelau ingin belajar adalah orang yang selalu update dengan teknologi yang ada.

Jangan lupa juga untuk mengerjakan proyek sampingan dan perluas portofoliomu. Ini akan menunjukkan bahwa kamu benar berdedikasi sebagai programmer professional.

AKTIFLAH DI DALAM KOMUNITAS

Hadirilah acara yang diadakan oleh Bootcampmu, meskipun acara tersebut tidaklah wajib. Datanginlah Hackathon dan konferensi di kotamu.

Banyak juga website yang bagus untuk menemukan komunitas dan kelompok yang memiliki passion di teknologi. Pergilah kemana jiwa codingmu memanggilmu untuk pergi, temuilah sesama pecinta coding, dan lakukanlah semua yang kamu inginkan sebagai programmer.

Hal yang hebat dari coding bootcamp adalah jika kamu lulus dengan kemampuan yang lengkap dan juga koneksi dengan orang lain.

JADILAH ORANG YANG BISA BEKERJA DALAM TIM

Bekerjalah dengan rekanmu untuk membuat proyek bersama. Kamu akan lebih banyak menemukan cara orang lain memecahkan masalah dan kamu bisa belajar dari satu sama lain. Ini juga menjadi latihan yang baik bagi waktumu nanti bekerja secara profesional bersama orang lain.

Pastinya nanti kamu akan harus bekerja dengan para professional lain di bidang ini. Bangunlah sebuah koneksi dengan orang lain dan selalu jalin kontak dengan semua koneksimu. Orang-orang ini nantilah yang akan menjadi teman, mentor dan bahkan peluang yang bisa menjadikanmu programmer yang lebih baik.

Source: Launch Academy

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.