Hacktiv8 Jadi Mitra Kampus Merdeka di Program Studi Independen

Era industri 4.0 telah memacu pertumbuhan digitalisasi dan otomatisasi di Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya lapangan pekerjaan lama yang hilang namun disertai dengan munculnya beberapa jenis lapangan pekerjaan baru untuk memenuhi kebutuhan di industri saat ini. Untuk bisa beradaptasi dalam perkembangan industri, masyarakat perlu menyiapkan dan membekali diri agar mampu menghadapi tantangan-tantangan baru di era digitalisasi. Terutama bagi para mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Mereka diharapkan dapat menempati posisi-posisi baru tersebut setelah lulus.

Namun, pembelajaran yang hanya mengacu pada teori tentu belum cukup untuk memenuhi kompetensi di era digital. Terlebih saat ini sebagian perusahaan menjadikan teknologi sebagai dasar kemampuan yang harus dimiliki tenaga kerjanya. Oleh karena itu, mahasiswa perlu berinisiatif mempelajari skill-skill baru di luar dari materi-materi yang diajarkan di kelas agar mampu bersaing untuk terjun ke dunia kerja.

Program Kampus Merdeka

Music photo created by tirachardz - www.freepik.com

Menyadari pentingnya sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan industri. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek) meluncurkan program belajar Kampus Merdeka sebagai bentuk dukungan untuk mempersiapkan para mahasiswa Indonesia agar memiliki skill-skill kompeten. Kampus Merdeka adalah program persiapan karir yang komprehensif dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kemendikbud Ristek yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja. Implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini terdiri dari delapan program, di mana yang sedang berjalan saat ini yaitu Magang Berkualitas dan Studi Independen.

Berbicara mengenai Studi Independen, program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program Studi Independen dirancang untuk melengkapi mahasiswa agar menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang berguna di dunia kerja.

Hacktiv8 Menjadi Mitra Kampus Merdeka

Business photo created by tirachardz - www.freepik.com

Program Kampus Merdeka telah menggandeng berbagai institusi dan perusahaan, salah satunya Hacktiv8 sebagai tempat pelatihan untuk mencetak talenta digital yang terlatih dan berkompeten. Selaras dengan komitmen Hacktiv8 untuk memajukan pendidikan yang kompeten di bidang IT, Hacktiv8 mengeluarkan delapan course unggulan  yang dapat diikuti di program Studi Independen Kampus Merdeka.

President Hacktiv8, Juventia Vicky, mengatakan course tersebut dirancang dengan memadukan materi dari Program Bootcamp dan Professional Development Hacktiv8 untuk mempersiapkan mahasiswa agar bisa terjun di dunia kerja.

“Kelas-kelas Hacktiv8 memiliki pembelajaran selama 6 bulan yang terdiri dari 2 bulan teori dan 4 bulan praktik yang akan mengajarkan teman-teman mahasiswa untuk membuat projek nyata yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja,” katanya saat menghadiri acara Webinar Studi Independen yang digelar secara live di YouTube, pada Selasa, (13/7).

Adapun keunggulan course Hacktiv8, yakni memiliki instruktur profesional yang sudah ahli di bidangnya, belajar remote, membuat projek nyata untuk portfolio yang berguna untuk masuk di industri teknologi, serta sertifikat. Berikut pilihan kelas Hacktiv8 dalam Program Studi Independen Kampus Merdeka.

Android with Java Native

Di kelas ini kamu akan mempelajari konsep dasar dan penerapan Android sebagai fundamental dasar seorang Android Programmer. Selain itu kamu juga akan belajar cara mengimplementasikan library hingga User Interface 3rd Parties sebagai kerangka kerja awal pembuatan sebuah aplikasi Android, serta menggunakan API yang tersedia melalui Software Distribution Kit (SDK), hingga metode publikasi ke Google Play Store.

Setelah lulus dari kelas ini kamu diharapkan mampu membuat mobile apps android dan memiliki keahlian menjadi seorang Mobile Developer yang siap menghadapi dunia kerja di bidang Apps Development. Final project kelas ini juga akan menjadi tambahan portofolio yang bisa kamu gunakan di kemudian hari.

Front End Web Development Basic

Di kelas Front End Web Development Basic, kamu akan mempelajari pengolahan data menggunakan Logic JavaScript dari level dasar hingga menengah sehingga kamu mampu mensimulasikan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi ketika terjun ke dunia pemrograman. Selain itu kamu juga dapat mengasah logika atau cara pikir peserta untuk menjadi seorang programmer, hingga mempelajari  penggunaan framework CSS yaitu, Bootstrap untuk styling agar code menjadi lebih bersih dan rapi serta berkenalan dengan free hosting, seperti Netlify agar pekerjaan dapat di-upload dan menjadi sebuah website online.

Setelah mengikuti kelas ini, kamu dapat membuat suatu landing page yang menarik yang bisa kamu jadikan portofolio untuk masuk ke bidang IT. Dengan memiliki skill ini kamu dapat berkarir sebagai Junior Web Designer.

Introduction to Python for Data Science

Kelas Python for Data Science akan mengajarkan kamu cara menggunakan fungsionalitas serta fitur dari bahasa pemrograman Python untuk data science. Selain itu kamu juga akan dikenalkan dengan Practical Statistics, Query struktur Data Frame untuk cleaning and processing dataset, serta membuat visualisasi basic hingga advance untuk representasi data.

Kamu juga akan mempelajari cara membuat Machine Learning yang memenuhi kebutuhan analisa data dengan scikit-learn, serta mampu melakukan deployment Model ML Supervised dan Unsupervised Learning. Setelah ikut kelas ini kamu dapat melakukan EDA dengan Python dan mampu membuat Machine Learning untuk memecahkan kasus nyata.

Intro to NodeJS

Di kelas NodeJS, kamu akan mempelajari fundamental untuk menjadi seorang back-end web developer. Materi kelas ini mencakup cara mengimplementasikan framework NodeJS terutama backend untuk keperluan web application, serta mengatur user authentication dan access control untuk application backend, hingga men-debug dan mengoptimalisasi kinerja web application yang dibuat.

Setelah ikut kelas ini kamu dapat membuat database dan API web service Reflection API yang bisa kamu jadikan portofolio untuk menghadapi dunia kerja. Selain itu kamu juga akan memiliki skill sebagai seorang Back End Web Developer

Intro to Programming

Di kelas ini kamu akan mempelajari fundamental untuk menjadi seorang programmer. Kamu akan dikenalkan dengan algoritma pemrograman untuk bisa melakukan deployment dan development website secara online. Setelah mengikuti kelas ini, kamu akan mampu membuat suatu website yang dinamis dan memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai Junior Web Developer.

Java J2EE

Di kelas Java J2EE, kamu akan mempelajari bagaimana memahami syntax dasar dan fundamental seorang Java Programmer. Selain itu kamu juga akan belajar cara memahami serta mengimplementasikan berbagai framework backend JAVA, hingga mendesain dan membuat koneksi database untuk web application.

Setelah mengikuti kelas ini, kamu dapat membuat aplikasi website sederhana  yang memanfaatkan Framework Spring dan Hibernate yang menjadi standar komponen dari Java Enterprise Edition (EE).

React and React Native

Kelas React & React Native dirancang untuk kamu yang ingin mempelajari fundamental untuk menjadi seorang programmer React khususnya ReactJS. Kamu akan belajar cara mengimplementasikan pengembangan Interface website dan Apps menggunakan Framework React sesuai dengan kebutuhan, hingga memahami proses "debug" dan Optimalisasi Aplikasi Web ReactJS, serta bisa melakukan deployment secara online dengan beberapa layanan 3rd Parties.

Setelah mengikuti kelas ini, kamu akan dapat membuat sebuah website berbasis framework javascript dan membuat aplikasi Android iOS. Selain itu, kamu juga akan memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai Front End Developer atau Mobile Apps Developer.

Scalable Web Service with Golang

Di kelas Golang, kamu akan mempelajari bahasa pemrograman Google dan konsep utama dari Microservices. Setelah ikut kelas ini, kamu dapat membuat suatu web application dengan data dinamis, serta memiliki skill sebagai Front End Programmer atau Back End Programmer.

Dengan mengikuti course Hacktiv8 di program Studi Independen Kampus Merdeka, kamu tidak hanya dapat membuat projek nyata seperti di dunia kerja. Tapi kamu juga dapat menguasai skill yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di industri terkini. Bagi kamu para mahasiswa yang ingin saatnya manfaatkan momen ini untuk mempersiapkan dirimu menjadi talenta digital kompeten di masa depan. Yuk, daftar kelas yang kamu inginkan melalui my.hacktiv8.com/KMI

Share this article: Link copied to clipboard!