Hacktiv8 Instructor Profile: Adhy Wiranata Prasetyo

instructor

Hacktiv8 Instructor Profile: Adhy Wiranata Prasetyo

               (Adhy Wiranata Prasetyo - Campus Operations Director)

Lulus dari Universitas Bina Nusantara jurusan Computer Science menjadikan Adhy seseorang yang lebih mencintai lagi dunia teknologi. Berangkat dari seorang part-time Web Developer semasa kuliah, kemampuan Adhy semakin terasah sejak bekerja sebagai Private Coding Tutor. Murid yang ia ajarkan dimulai dari tingkat SMP hingga profesional atau karyawan. Bagi Adhy, bukan hanya passion yang membawa ia menjadi siapa dirinya saat ini, akan tetapi, keinginan untuk berbagi wawasan dan membimbing orang lain yang bercita-cita menjadi seorang Developer juga merupakan sesuatu yang tidak ada tandingan baginya.

Q & A

Bagaimana awalnya anda mahir coding? Apakah sebelum atau semasa kuliah?

Semasa kuliah. Terus terang, sebelum mengambil jurusan Computer Science di kampus, level coding skill saya belum terlalu mahir. Tetapi begitu saya mulai intensif belajar di kampus, lama kelamaan kemampuan coding saya meningkat cepat. Ditambah, saya juga memberikan bantuan kepada sesama teman kampus, dan bekerja sebagai Freelancer sehingga saya dapat terus mengasah kemampuan coding yang sudah saya miliki.

Darimana anda mendapat informasi mengenai Coding Bootcamp untuk pertama kalinya? Apa pendapat anda?

Pertama kali mendengar tentang Coding Bootcamp saat saya masih kuliah sekitar 4 tahun lalu. Kesan pertama saya tentunya cukup excited dan langsung ada keinginan untuk bergabung. Karena bagi saya, Coding Bootcamp merupakan tempat yang tepat untuk melahirkan para Software Engineer. Selain fokus, program yang ditawarkan juga mendalam sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama tetapi intensif, seseorang bisa menjadi Software Engineer siap kerja. Pada zaman sekarang pun, banyak Tech Startups yang merekrut Software Engineer jebolan Coding Bootcamp.

Bisa share sedikit bagaimana awalnya anda bergabung di Hacktiv8?

Sekitar 1,5 tahun yang lalu, saya dihubungi langsung oleh CEO Hacktiv8 untuk berdiskusi mengenai program Hacktiv8. Ternyata setelah diskusi, kita memiliki visi yang sama mengenai dunia pemrograman dan saya berhasil bergabung di Hacktiv8 sejak April 2016.

Mengapa Hacktiv8? Apa yang membuat anda begitu tertarik bergabung di sini?

Sebenarnya, saya baru menemukan Coding Bootcamp di Jakarta yang fokus pada penguasaan JavaScript. Selain sebagai pionir, saya melihat ada prospek yang sangat baik dengan bergabung di Hacktiv8.

Jelaskan peranan anda sebagai Lead Instructor di Hacktiv8?

Pertama-tama saya meng-handle Phase 0, di mana semua murid yang nantinya masuk ke program intensif 12 minggu, harus melalui tahap persiapan di Phase 0 ini. Saya mengajarkan dasar-dasar HTML, CSS dan lain sebagainya. Saya juga memastikan satu per satu murid saya memahami materi dan mengerjakan challenge yang saya berikan. Setelah saya selesai menjadi instruktur Phase 0, kini saya dipecaya menjadi Campus Operations Director. Tugas saya di sini adalah memastikan semua kegiatan belajar mengajar, baik dari sisi Instructors maupun students, kemudian materi hingga jadwal, semuanya berjalan dengan lancar.

Apa kelebihan anda dalam mengajar?

Saya sangat detail dan teliti dalam mengajar. Oleh karena itu, saya sering melakukan pendekatan one on one dengan murid saya, untuk memastikan setiap kesulitan yang mereka hadapi dapat saya bimbing dalam memecahkan permasalahannya.

Bagaimana cara anda memastikan setiap murid paham akan materi yang diberikan?

Saya akan meminta feedback dari mereka dan meminta mereka menjelaskan kembali kesimpulan materi yang saya berikan. Saya juga memberikan assessment dalam bentuk project maupun live coding test.

Apakah ada saran untuk calon murid yang ingin bergabung di Hacktiv8?

Pada dasarnya, menjalani Coding Bootcamp tidak terlalu sulit. Akan tetapi, saya juga ingin menekankan bahwa proses menjadi Full Stack Developer tidak mudah dan mulus jalannya. Ketekunan, kerja keras, serta kesabaran akan membantu memuluskan jalan menuju akhir dari Coding Bootcamp ini.

Bagi Adhy, Coding Bootcamp sangat cocok untuk mereka yang ingin belajar dalam waktu singkat tetapi fokus dan siap bekerja di startup. Dari segi investasi memang besar, mengingat waktu, tenaga dan juga biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Namun hasil akhir yang didapat dari Coding Bootcamp dapat dijadikan bekal di masa depan yang tidak ternilai harganya.