Fungsi JavaScript Dalam Pengembangan Website

JavaScript telah menjadi teknologi web penting, seperti HTML dan CSS karena banyak digunakan oleh browser. Berbeda dengan Java, JavaScript memungkinkan kamu untuk membangun web yang interaktif. Jadi jika kamu ingin masuk ke bidang web development, kamu harus menguasai JavaScript agar dapat menjadi seorang front-end developer atau menggunakannya untuk pengembangan back-end.

Selain itu, penggunaan JavaScript telah diperluas untuk mengembangkan aplikasi mobile, aplikasi desktop, dan game. Kegunaannya yang meluas dan popularitasnya yang semakin meningkat membuat bahasa pemrograman ini menjadi skill yang sangat berguna untuk dipelajari. Berikut beberapa keuntungan belajar JavaScript.

Mudah Dimengerti

-a-href--22https---www.freepik.com-photos-business-22-Business-photo-created-by-jcomp---www.freepik.com--a---1--2
JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman termudah untuk pemula. Bahasa ini menghilangkan detail rumit dari mesin sehingga kamu bisa fokus mempelajari cara memprogram. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memulai coding JavaScript langsung dari browsermu tanpa harus menyiapkan kode di software terpisah menggunakan IDE. Tidak heran banyak pemula yang menyukai bahasa yang dikembangkan oleh Brendan Eich ini.

Seru

-a-href--22https---www.freepik.com-photos-business-22-Business-photo-created-by-prostooleh---www.freepik.com--a--2
Ada berbagai macam tool yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan prototipe fungsional menggunakan JavaScript. Meski begitu, kamu harus terlebih dahulu menguasai dasar-dasar JavaScript sebelum mengeksplor fitur-fiturnya yang beragam.

Melatih Kemampuan Problem Solving

article-blog-2-01--15--1
Meskipun semua browser menggunakan JavaScript, kode yang sama belum tentu bekerja dengan cara yang sama di browser yang berbeda. Jadi, mungkin kamu akan menjadi frustasi saat mencoba untuk mencari tahu mengapa kodemu bekerja pada Chrome, tetapi tidak pada Firefox.

Para pemula mungkin akan kesulitan untuk memahami konsep JavaScript bekerja. Untungnya, sekarang sudah ada coding bootcamp yang dapat membantu kamu menguasai skill JavaScript secara mendalam dan mengimplementasikannya ke dalam back-end maupun front-end hingga menjadi seorang Full Stack Developer.

Skill Jangka Panjang

article-blog-2-04--7--2
Browser web merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan pada desktop dan mobile. Dengan semakin banyaknya layanan yang dipindahkan ke web, maka akan membuat JavaScript semakin populer dan menghasilkan banyak inovasi teknis yang sedang berjalan dalam JavaScript.

Banyak developer dan perusahaan yang menggunakan JavaScript untuk memperluas produk web mereka di luar browser seperti untuk membangun aplikasi dekstop dan mobile sederhana.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Javascript diproyeksi akan terus berkembang cepat dan akan terus digunakan oleh programmer handal di masa yang akan datang.

Bagi kamu seorang pemula yang ingin belajar JavaScript. Hacktiv8 sebagai coding bootcamp pertama di Indonesia memiliki instruktur profesional yang siap membimbing kamu secara intensif dengan kurikulum yang relevan dengan dunia kerja.

Di Hacktiv8, kamu juga akan dibekali fasilitas 1-on-1 mentoring, soft skill di sesi Engineering Empathy, dan career coaching untuk mendukung karirmu sebagai programmer. Kamu bisa memilih program Full Stack Immersive untuk belajar dalam 16 minggu atau Full Stack Flex yang memungkinkan kamu belajar sambil bekerja dalam 30 minggu.

Setelah lulus, kamu akan menjadi Full Stack Developer dan dibantu untuk mendapat pekerjaan di 350 perusahaan hiring partner Hacktiv8. Jadi tunggu apalagi? Daftar sekarang di Hacktiv8 melalui www.hacktiv8.com/fullstack/remote

Share this article: Link copied to clipboard!

You might also like...

Belajar Bahasa Pemrograman JavaScript Untuk Pemula

Everything You Need to Know Before Your First Line of Code

Seni Dalam Pemrograman