Everything You Need to Know Before Your First Line of Code

programmingjavascripttips

Everything You Need to Know Before Your First Line of Code

Saat belajar coding, mungkin kamu akan merasa bingung harus memulai dari mana. Mungkin rasanya seperti mencoba untuk menulis 200 lembar suatu novel, tapi tidak tau cara untuk membaca ataupun menulis.

Jadi mungkin kamu sudah berpikir untuk memulai, tapi masih merasa terbebani.

Berikut panduan sederhana yang mungkin dapat membantumu menngetahui semua yang perlu kamu ketahui sebelum menulis barisan kode pertamamu!

Langkah #1: Menginstal Program

Percaya atau tidak, hanya dengan menginstal program untuk membuat program pertamamu bisa menjadi hal yang sangat menantang untuk dilakukan. Menginstal program di komputermu (tergantung apa kamu memakai Windows atau Mac) kemungkinan akan menimbulkan error.

Sebagai gantinya, gunakan lingkungan pengembangan web yang lengkap. Kamu bisa mengaksesnya dengan web browser dan kamu bisa menggunakannya untuk membuat aplikasi webmu sendiri. Kamu bisa membaca lebih banyak dan belajar caranya di sini.

Langkah #2: Menganalisa Skill

Ketika kamu mencoba untuk mengembangkan skill baru, langkah pertama adalah untuk menganalisa skill itu dan mencari tahu skill-skill lain yang juga perlu kamu kembangkan. Dengan mengetahui hal-hal yang kamu perlukan, kamu dapat mempelajari skill itu dan memadukannya.

Contoh-contoh skill yang sedang kita bicarakan?

Berikut beberapa contoh singkat:

  • HTML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa markup yang menguatkan semua situs web dan aplikasi yang kamu gunakan setiap hari. Ini yang menampilkan berbagai informasi saat pengguna menggunakan web browser. Mempelajari ini cukup mudah.

  • CSS

CSS adalah sebuah kode pemrograman untuk menghias tampilan sebuah halaman agar lebih menarik. HTML adalah konten yang ada di halaman. CSS membantu menjelaskan bagaimana halaman itu ditampilkan. Mempelajari CSS dengan HTML akan membantumu menjadi lebih mudah untuk mengerti.

  • Bahasa Programming

Jika kamu ingin menjadi seorang web developer, kamu perlu mempelajari Bahasa pemrograman. Ini adalah urutan dalam instruksi yang bisa dimengerti komputer dan ini adalah langkah penting dalam pengembangan web.

Untuk mempelajari sebuah Bahasa pemrograman, kamu harus memilih satu terlebih dahulu. Sama seperti Bahasa yang kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, sebuah Bahasa pemrograman akan menjadi Bahasa yang akan kamu gunakan untuk “berkomunikasi” dengan komputermu.

Memilih satu Bahasa adalah hal yang mudah. Kamu bisa mempelajari satu Bahasa pemrograman hari ini dan Bahasa pemrograman lainnya setelah itu. Kami menyarankan agar semua memulai dengan belajar JavaScript, Bahasa pemrograman seperti Bahasa Inggris dimana orang-orang di seluruh dunia juga menggunakannya. Tapi banyak juga pilihan yang lainnya: Ruby, Python, Java. Jika kamu memilih salah satu, kamu dapat memilih Bahasa lain dan mempelajarinya dengan cepat!

  • Kerangka Web

Kerangka web membantumu membangun sebuah aplikasi dengan CEPAT. Jika kamu menggunakan sebuah kerangka web, situsmu akan aman dari jenis-jenis serangan seperti dari CSRF atau SQL Injection.

Tidak tahu kedua hal itu? Jika kamu menggunakan kerangka web, kamu TIDAK PERLU tahu mereka itu apa. Kamu akan aman dari hacker.

Jadi kerangka apa saja yang ada di luar sana? Nah, kembali lagi pada Bahasa pemrograman yang kamu pilih. Jika kamu memilih JavaScript, kebanyakan orang menggunakan kerangka web Express.js.

Langkah #3: Pelajari Skill yang kamu PERLUKAN

Sekarang kamu sudah memiliki lingkungan coding dan kamu tahu apa yang perlu kamu lakukan, maka mulailah belajar!

Ada banyak sumber murah atau bahkan gratis yang dapat kamu gunakan untuk mempelajari dasar-dasar berbagai macam teknologi. Tapi jika untukmu sulit untuk mempelajarinya sendiri, maka carilah seorang mentor!

Baca ini untuk mencari tahu pentingnya mempunyai seorang mentor untuk dirimu sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang kamu miliki akan dijawab oleh orang-orang profesional dan berskill, kamu dapat berkolaborasi dengan orang lain, dan kamu akan menjadi lebih percaya diri karena ada yang membantumu!

Pertimbangkanlah untuk bergabung dengan Coding Bootcamp seperti HACKTIV8. Atau daftarkan dirimu ke beberapa kursus atau workshop yang ada di dekatmu.

Sekarang, ambil tindakan!

Kamu memiliki semua yang kamu perlukan untuk mengambil tindakan lebih lanjut dan mulai menulis kode. Dedikasikan beberapa jam setiap minggu untuk mulai mengasah skillmu! Kamu akan merasa kagum dengan seberapa banyak yang dapat kamu pelajari (dan seberapa serunya pemrograman itu!). Menulis barisan kode pertamamu adalah langkah awal menuju sukses dalam coding!

Semoga berhasil, developer masa depan!

Source: The Firehose Project

Photo Credit: Marc Mueller

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.