Meet our Alumni: Fajar Abdul Karim

alumni

Meet our Alumni: Fajar Abdul Karim

Fajar Abdul Karim merupakan Alumni Full Stack Javascript Batch 9 di HACKTIV8.

Latar belakang Fajar adalah seorang lulusan Teknik Elektro dengan spesialisasi Embedded System. Fajar tertarik mempelajari coding karena, dia merasa seorang Developer adalah pekerjaan yang menjanjikan dimasa depan. Demi mewujudkan impiannya itu Fajar memutuskan belajar di HACKTIV8 untuk menjadi seorang Full Stack Web Developer.

Q & A

Bagaimana cara kamu beradaptasi dalam proses belajar programming ini?

Stress itu tidak bisa dihindarkan dalam proses belajar programming. Terlebih ini adalah bidang baru untuk Saya pelajari. Disini Saya juga harus belajar keras untuk bisa mengikuti kecepatan materi yang diajarkan. Kadang kala, hal tersebut menambah rasa stress dan Saya juga pernah kehilangan motivasi untuk belajar. Untungnya disini ada kelas Engineering Empathy dimana Saya bisa mengisi ulang motivasi dan kembali semangat belajar. Hal yang masih saya ingat sampai saat ini di kelas konseling adalah ada saatnya kita harus istirahat sejenak dengan segala permasalahan. Lalu, setelah semuanya kembali normal, pikiran pun siap bekerja lagi maka, disitu Saya kembali semangat belajar.

Bagaimana pendapat kamu tentang para Instruktur di HACKTIV8?

Selama Saya belajar di HACKTIV8, mereka para instruktur yang profesional tidak melepas begitu saja para muridnya. Segala pertanyaan yang diajukan oleh murid-murid dijelaskan dengan rinci dan sabar. Apalagi untuk murid seperti Saya yang awan dibidang IT ini. Dari istilah dasar pemograman hingga fundamental logika programming dijelaskan dengan baik oleh para instruktur. Mereka juga sering menemani murid-murid dalam mencari solusi dari bugs hingga larut malam.

Pengalaman paling seru selama menjadi murid di HACKTIV8?

Proses belajar disini banyak memberikan pengalaman baru dan juga sebagai pembentukan diri untuk menjadi seorang Developer. Mulai dari perasaan tegang diawal belajar sampai bisa menikmati proses perjuangan hingga bisa ke final project. Saya melewati banyak tahapan selama belajar di HACKTIV8 ini, saat sesi pair programming merupakan sesi dimana kami melebur dalam satu tim untuk memecahkan masalah setiap bugs berdasarkan keahlian masing-masing. Hingga, pada saat final project Saya bisa menikmati situasi stress karena penasaran pada hasil akhir dan sebagai pembuktian diri selama belajar disini untuk menjadi seorang Developer yang mumpuni.

Apa materi favorit kamu selama di HACKTIV8?

Selama belajar di HACKTIV8 materi yang Saya dapat semuanya adalah hal yang baru. Banyak teknologi yang harus Saya pelajari dan juga demi mengikuti perkembangan teknologi. Namun, ada dua materi yang menurut Saya paling menarik untuk dipelajari yaitu Vue.Js dan React.JS. Dimana Saya sangat tertarik dalam membangun User Interface.

Perbedaan yang kamu rasakan sebelum dan sesudah masuk HACKTIV8?

Banyak hal yang berubah dalam diri Saya. Pada awalnya Saya merasa pesimis karena, coding itu pasti susah dipelajari karena pasti menguras konsentrasi dalam berlogika programming. Satu hal yang mengalami perubahan secara besar dalam diri Saya diantaranya lebih disiplin, menjadi lebih terstruktur dalam berpikir dan selalu siap menghadapi situasi yang stress sekalipun.

Apa pesan kepada future developers?

Bagi kalian yang sedang berjuang dalam belajar coding. Terutama yang awam atau belum pernah mempelajari bidang pemograman. Jangan menyerah tetap konsisten dengan tujuan untuk menjadi seorang Developer yang handal. Karena, programming ada disetiap aspek kehidupan. Pekerjaan sebagai seorang developer sangat menjanjikan dan memiliki karir yang cerah dimasa depan.

Fajar sendiri merasa belajar di HACKTIV8 tidak hanya membeli materi atau kurikulum saja. Namun, banyak hal yang dia dapat diluar ekspetasi. Diantaranya, para instruktur yang profesional selalu memberikan informasi teknologi terbaru dan membimbing dengan sabar dan juga mendapat situasi belajar yang ideal dalam proses menjadi seorang Full Stack Developer.

Tertarik untuk mengikuti jejak Fajar?
Akses link ini untuk info lebih lanjut!

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.