Designer VS. Developer

programmingfront end

Designer VS. Developer

Ada dua tipe Creative Minds di dalam industri coding- Designer dan Developer. Banyak orang diluar industri yang masih salah dalam menggunakan kedua istilah ini. Padahal, keduanya merupakan dua peran yang jauh berbeda baik dari segi personality dan skill yang dibutuhkan. Seringnya salah pengertian ini membuat bingung kita dalam memilih tipe mana yang harus kita jalani di industry teknologi. Jadi, mari kita telusuri arti dari kedua tipe yang benar.

Apa itu Web Designer?

Web Designer berperan dalam membuat user experience yang baik bagi end user. Seperti tugas seorang arsitek, mereka membuat rencana untuk website yang akan dijalankan oleh para Developer. Seorang Web Designer harus mengerti tentang coding, tapi juga membutuhkan skill lainnya untuk bisa mencapai target mereka. Skill seperti pengetahuan tentang bagaimana mendesign site map yang baik dan elemen design yang responsif.

Kamu mungkin adalah tipe seorang Web Designer jika…

Kamu tipe yang Visual

Memiliki feel yang baik dalam hal-hal Visual dapat mempermudah kamu dalam mengerti interface seperti apa yang enak dilihat oleh para end user. Apakah kamu belajar lebih mudah melalui gambar dan grafik? Jika iya, maka kamu adalah salah satu orang yang memiliki tipe Visual.

Kamu tipe yang Creative

Web Design membutuhkan banyak pemikiran yang out-of-the-box (creative), dan juga membutuhkan perhatian khusus yang diarahkan bukan hanya pada tujuan tetapi proses project yang ada.

Kamu tipe yang senang mendapatkan Feedback langsung

Bagian yang membuat menjadi seorang designer menyenangkan adalah pada saat kamu bisa melihat design yang kamu buat telah selesai dan bisa langsung melihat respon yang didapat melalui view dan juga comment.

Apa itu Web Developer?

Web Developer bekerja bersamaan dengan seorang designer untuk membawa rencana mereka menjadi nyata. Web Developer mengerjakan kebanyakan dari proses coding yang ada. Mereka juga mencari cara untuk menjalankan code dengan lebih efisien. Mereka lebih terpaku pada sistem kerja sebuah website daripada penampilannya.

Kamu mungkin adalah tipe seorang Web Developer jika…

Kamu suka bekerja dengan angka

Web Development menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi kamu yang menyukai puzzle ada menyelesaikan rumus. Kadang Web Developer ditugaskan untuk menyelesaikan masalah masalah yang ada pada coding website.

Kamu tipe Logical

Orang yang banyak memakai logika cenderung lebih tertarik ke dalam Web Development dari pada Web Design karena Wed Development melibatkan banyak pemikiran yang membutuhkan logika.

Kamu memikirkan jumlah gaji

Baik Designer maupun Developer memiliki tingkat gaji yang cukup competif, tapi Developer rata - rata mendapat gaji yang lebih tinggi. Ini disebabkan karena tingkat pengetahuan yang lebih spesifik pada pekerjaan Web Developer dan juga kemampuan untuk melakukan segala tipe coding.

Mungkin kamu adalah salah satu dari kedua tipe diatas, atau bahkan dua - duanya! Designer dan Developer, pada akhirnya, di juluki di dalam industri teknologi sebagai “Unicorn” karena betapa sulitnya untuk dicari. Kerja keras yang dijalankan untuk menjadi seorang Designer ataupun Developer pada akhirnya akan memberikan keuntungan yang didapat dalam jangka panjang.

Jadi, yang manakah kamu?

Source: Dev Mountain

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.