Deploy Program di Hari Jumat, Yakin?

Deploymentprogrammingprogrammer

Deploy Program di Hari Jumat, Yakin?

Deploy-Program-di-Hari-Jum-at--Yakin-

Mengembangkan aplikasi atau website merupakan kegiatan yang tidak bisa lepas dari para programmer. Ada beberapa proses yang harus mereka kerjakan hingga akhirnya bisa menciptakan website atau aplikasi sendiri. Salah satu yang tidak boleh disepelekan adalah saat menyusun kode untuk dimasukkan ke server dan menyetel server tersebut agar dapat menghasilkan suatu halaman web atau aplikasi.

Istilah Deployment

Dalam bidang pemrograman proses tersebut dinamakan deployment. Deployment adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyebarkan aplikasi yang telah dikerjakan oleh para programmer. Cara penyebarannya pun beragam, tergantung dari jenis aplikasinya. Kalau kamu pilih aplikasi Web, maka kamu akan di-hosting pada server. Sedangkan kalau aplikasi mobile, akan terdapat dua deployment, yakni deployment untuk aplikasi ke Playstore atau Appstore, dan deployment API (backend) ke server. Buat yang sering melakukannya, kamu pasti pernah mengalami kendala-kendala seperti server error hingga mengalami sistem down. Karena itulah butuh waktu yang tidak sebentar untuk men-deploy suatu program.

Pilih Waktu yang Ideal

Idealnya waktu yang pas untuk men-deploy program adalah satu minggu dengan proses pengerjaannya dimulai pada hari Senin. Meski deployment memiliki beberapa konsep dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetap saja melakukan deployment harus secara bertahap.

Nah, kalau kamu mulai men-deploy program pada hari Senin, kamu akan punya banyak waktu untuk merancang program sesuai dengan yang dibutuhkan oleh stakeholder. Dari mulai memilih metode yang akan digunakan hingga mencari solusi apabila sistem mengalami bug atau error. Belum lagi setelah selesai melakukan deployment, kamu harus melakukan evaluasi untuk memastikan program yang kamu buat tidak memiliki bug atau sering down.

Hindari Deploy di Hari Jumat!

Itulah sebabnya banyak programmer yang mulai men-deploy pada hari Senin. Di samping mereka punya banyak waktu untuk merancang suatu program, mereka juga punya waktu untuk mengevaluasi hasil dari program mereka di hari Kamis atau Jumat-nya. Sehingga di hari Senin depannya, mereka sudah dapat memperkenalkan atau menggunakan website atau aplikasi mereka sendiri. Lain halnya kalau kamu baru mulai men-deploy di hari Jumat. Di samping pengerjaannya akan dikejar oleh deadline, waktu weekend kamu juga akan tersita untuk melakukan mitigasinya. Terlebih lagi, kamu jadi tidak punya waktu untuk mengevaluasi program yang telah kamu kerjakan sehingga persiapan untuk menguji program tersebut jadi mepet.

Nah, buat kamu yang mau melakukan deployment sebaiknya mulai menentukan waktu yang ideal agar proses pengerjaannya bisa maksimal dan tidak terburu-buru. Kecuali kalau kamu merasa skill pemrograman kamu sudah tingkat dewa dan siap bekerja di waktu weekend. Jadi siapa nih, yang sudah mencoba men-deploy program di hari Jum’at, HACKTIV People?

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.