Dampak Pandemi Virus Corona Bagi Industri Indonesia

Tidak bisa dipungkiri wabah virus Corona telah mengubah tatanan kehidupan manusia. Mulai dari kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, hingga penggunaan internet dan teknologi. Salah satu yang menjadi perhatian adalah sektor ekonomi. Imbas dari pandemi virus Corona telah membuat aktivitas ekonomi terganggu karena mayoritas masyarakat tidak bisa beraktivitas normal. Akibatnya banyak masyarakat yang harus melakukan aktivitas dari rumah, seperti bekerja atau work from home, belajar, dan ibadah di rumah. Tagar #DiRumahAja pun telah meramaikan dunia maya dalam beberapa bulan terakhir sebagai tanda masyarakat mulai terkena imbas dari pandemi Corona.

Ledakan PHK

Dampak pandemi virus Corona yang tidak terbendung telah melemahkan bisnis atau proyek para pengusaha hingga menyebabkan kerugian yang besar. Imbasnya banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja work from home bagi para pegawainya, bahkan terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para pekerjanya. Hingga artikel ini ditulis,ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mencatat ada 1,6 juta pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan.

Krisis Ekonomi

Tidak hanya berdampak pada PHK, pandemi COVID-19 yang terus meluas diprediksi akan menghambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini akan tertekan di level 2,1 persen. Bank Indonesia (BI) pun telah merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi RI menjadi di Bawah 5 Persen atau hanya sekitar 2,5 persen saja yang biasanya mampu tumbuh mencapai 5,02 persen. Keterlambatan ini ditandai dengan semakin buruknya kondisi lingkungan eksternal dan melemahnya permintaan dalam negeri seiring dengan menurunnya sentimen bisnis dan konsumen.

Belajar di Rumah

Meski pandemi COVID-19 telah mempengaruhi sektor-sektor industri di Indonesia dan memakan banyak korban PHK. Kamu bisa menyiasatinya dengan belajar di rumah untuk mengasah dan menambah kemampuan kamu atau menciptakan peluang karir yang baru. Kalau kamu tertarik dengan bidang pemrograman, kamu bisa mengikuti beberapa program yang diselenggarakan oleh HACKTIV8 sebagai coding bootcamp pertama di Indonesia. Program-program yang bisa kamu ikuti secara remote, yaitu 4 Days Workshop dan Remote Full Stack. Hal ini tentu akan membawa angin segar agar kamu tetap bisa produktif selama di rumah.

Di masa pandemi virus Corona yang belum dapat dipastikan kapan akan berakhir ini, kamu bisa melewatinya dengan selalu berpikir positif dan mengikuti panduan dari pemerintah, seperti menerapkan physical distancing dengan terus belajar di rumah agar tetap produktif walaupun dalam situasi sulit sekalipun.