Daftar Pembelajaran Online Bagi Pemula

programmingtipsfront endjavascript

Daftar Pembelajaran Online Bagi Pemula

Ingin belajar coding secara autodidak, namun bingung harus memulai dari mana?

Hal ini wajar dialami oleh para pemula. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menemukan banyak program pengembangan web online yang bisa memandu Anda untuk memahami tentang coding.

Tak hanya sekadar sebagai referensi, kursus online ini juga menyediakan beragam resources yang bisa dipilih sesuai dengan gaya belajar Anda. Hal penting yang harus diperhatikan agar Anda bisa sukses belajar coding secara online adalah senantiasa menumbuhkan motivasi dan disiplin dalam diri. Dengan demikian, proses belajar coding yang dijalani akan selalu penuh semangat dan menyenangkan.

Berikut daftar program pengembangan web online terbaik yang bisa Anda pilih untuk memulai belajar coding.

Codecademy

Tahukah Anda bahwa Codecademy menjadi program pilihan para pengembang web untuk memulai belajar coding? Program kursus online ini menjadi ‘rujukan’ para pengembang web pemula tak lain karena menawarkan banyak resources dan tampilan antarmukanya tampak user friendly alias mudah digunakan. Dengan begitu, para pemula ini bisa segera memulai belajar coding dengan lebih mudah. Program ini menerapkan prinsip belajar learning by doing. Artinya, lebih banyak praktik untuk bisa memahami kompleksitas kode-kode script. Banyaknya resources yang ditawarkan tentu saja memungkinkan Anda untuk memilih yang paling menarik dan sesuai dengan minat Anda belajar coding.

Khan Academy

Program kursus Khan Academy menyediakan beragam informasi dan pengetahuan dari berbagai bidang studi, mulai dari matematika, sains, sosial, sejarah, program komputer, dan pastinya termasuk coding. Berawal dari seseorang yang mengajari sepupunya saat mengalami kesulitan dalam matematika, Khan Academy kini berkembang menjadi komunitas yang beranggotakan orang-orang berkualitas dengan beragam latar belakang pendidikan. Meski didukung oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya, proses belajar di Khan Academy bersifat gratis. Ilmunya dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Program penting yang menjadi andalannya adalah Hour of Code. Di sini tersedia tutorial yang pastinya akan memudahkan Anda untuk belajar dan mengaplikasikan coding.

Mozilla Developer Network

Siapa yang tidak kenal dengan Mozilla? Inilah perusahaan IT pencipta peramban Firefox yang telah terbukti keandalan dan ketangguhannya menjelajahi dunia maya. Ternyata, perusahaan ini tak sekadar melayani para penjelajah internet saja, tetapi juga berperan dalam ‘melahirkan’ para developer andal dengan menyediakan program kursus online tentang coding. Mozilla Developer Network (MDN) merupakan area belajar bagi para pengembang web yang masih menyandang status ‘pemula’. Di sini Anda bisa menemukan beragam artikel dan tutorial interaktif tentang berbagai bahasa pemrograman mulai dari HTML, CSS, juga JavaScript. Ketiga bahasa pemrograman tersebut merupakan pondasi untuk membangun sebuah web. Nah, mempelajari ketiganya secara berurutan memungkinkan Anda untuk membangun sebuah website interaktif.

FreeCodeCamp

Ingin menggali resouces dan referensi lebih banyak lagi? Cobalah FreeCodeCamp. Program kursus pengembangan web online ini mungkin tidak menawarkan paket bahasa pemrograman secara lengkap dan penuh. Meski demikian, program ini setidaknya dapat menambah referensi Anda untuk memperdalam dan memperluas pengalaman belajar coding. Perlu diketahui, program ini berbasis komunitas. Asyiknya belajar di sini, jika telah mencapai tingkat penguasaan kode tertentu, Anda dapat bisa memanfaatkan platform FreeCodeCamp untuk berkontribusi memberikan ‘pembelajaran’ tentang coding guna kepentingan non-profit.

Treehouse

Sebagai program kursus pengembangan web online, Treehouse menawarkan program dengan materi coding yang lengkap. Tak hanya itu, Treehouse juga menggunakan format yang sifatnya user-friendly sehingga mudah untuk dipahami dan digunakan. Keunggulannya, program kursus ini menawarkan masa percobaan selama 7 hari secara gratis. Namun, setelah itu Anda akan dikenai biaya untuk bisa mengakses kontennya secara aktif dan lebih mendalam. Selama masa percobaan tersebut, Anda bisa memastikan apakah gaya pembelajaran pada program ini sesuai dan tepat dengan Anda. Namun, perlu disadari sejak awal sebelum Anda melakukan registrasi, pastikan Anda memiliki waktu untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan selama masa percobaan. Dengan demikian, Anda benar-benar bisa memanfaatkan masa percobaan tersebut.

Codewars

Ada yang memberikan testimoni bahwa Codewars jauh lebih baik dari perguruan tinggi. Benarkah demikian? Keunggulan program kursus pengembangan web online yang ditawarkan Codewars terletak pada metode pembelajarannya. Program ini menggunakan serangkaian tantangan yang menyenangkan untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang coding. Jadi, tak sepenuhnya benar jika program kursus ini tepat bagi para pemula, karena untuk bergabung di sini Anda harus sudah mengenal berbagai bahasa pemrograman seperti PHP, JavaScript, Python, Ruby, Elixir, C++, dan lain sebagainya. Program ini akan menguji keterampilan teknis Anda. Memang cukup menegangkan, namun metode ini akan membantu Anda memahami dan memperluas wawasan coding melalui pengulangan dan belajar hal-hal baru yang menuntut Anda untuk keluar dari zona nyaman yang Anda rasakan.

MIT Open Courses

Jika mengunjungi situs MIT Open Course, Anda akan menemukan daftar kursus ilmu komputer dan teknik elektro yang sangat menakjubkan. Bidang ilmu yang ditawarkan demikian beragam layaknya sebuah perguruan tinggi. Meski begitu, program kursus ini sepertinya kurang pas untuk mereka yang benar-benar pemula, yang haus akan pengetahuan tentang dasar-dasar pemrograman dan baru memulai menulis kode. Program kursus online ini cocok untuk mereka bisa jadi pemula tetapi setidaknya telah memahami dasar-dasar pemrograman. Selain itu, program kursus ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan referensi pelengkap untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasannya tentang coding.

Hal penting yang harus Anda sadari, ada banyak pengetahuan yang bertebaran di dunia nyata maupun maya. Semuanya tentu saja tidak akan masuk ke otak Anda dengan sendirinya. Perlu adanya proses belajar yang tentunya ditunjang dengan motivasi yang senantiasa membakar semangat belajar Anda terus berkobar.

Memilih program kursus pengembangan web online gampang-gampang susah. Namun terlepas dari itu, semua akan tergantung pada gaya, motivasi, dan keseriusan Anda dalam belajar. Selamat belajar!