10 Tips to Crack Coding in 2018

tipsprogramming

10 Tips to Crack Coding in 2018

Ingin belajar coding di tahun 2018 ini?

Jika iya, kamu tidak sendiri. Banyak orang ingin mengubah karir, mempelajari coding sambil bekerja, dimana mereka tetap harus bisa menjalankan kewajiban mereka agar tetap seimbang.

Di tahun baru ini, kami mencoba membuat 10 tips and tricks untuk membantumu memulai coding. Jika kamu ingin menjadi seorang developer, menghasilkan idemu sendiri, atau untuk meningkatkan skillmu, hal ini pastinya berlaku untukmu.

BERHENTI BERPIKIR DAN LAKUKAN

Sangat mudah menghabiskan waktu untuk membuat gambaran bagaimana kamu akan belajar coding, tapi kamu hanya dapat bertumbuh menjadi seorang programmer dengan benar-benar melakukannya.

Sangat mudah untuk terjebak di tengah proses pencarian, seperti saat kamu mencari bahasa pemrograman apa yang sebaiknya kamu pelajari, kerangka web apa yang sesuai denganmu, dan coding bootcamp dimana kamu bisa bergabung, tapi jika kamu hanya terus berencana tanpa memulai coding, kamu tidak akan dapat mengembangkan kemampuanmu.

CODING SETIAP HARI

Konsistensi adalah sebuah kunci. Kamu harus meluangkan waktumu untuk coding setiap hari. Meski hanya 15-20 menit, kamu harus membiasakan diri untuk menyelesaikan kuis programming atau berlatih memperbaiki bug. Jika mau memiliki waktu lebih, coba kerjakan suatu proyek dan buatlah kemajuan.

Dengan mengambil langkah-langkah kecil setiap hari, kamu akan mendapatkan dampak baiknya dalam jangka yang panjang.

BELAJAR MENIKMATI PROSESMU

Ada berbagai macam alasan untuk menyukai programming:

  • Kamu punya kemampuan untuk menciptakan sesuatu hanya dengan menggunakan komputer, text editor, dan ide yang kamu punya.
  • Banyak cara berbeda untuk memecahkan satu masalah yang sama, dengan kamu mempelajari itu semua, maka cara pandang kamu sebagai programmer akan semakin luas.
  • Menyaksikan kode yang kamu buat berjalan dan bekerja akan menjadi salah satu pengalaman yang memuaskan dalam karirmu.

TETAP TENANG DI BAWAH TEKANAN

Jika kamu menjadi seorang developer, ada saat dimana kamu akan mengubah barisan kodemu untuk alasan tertentu. Perubahan itu akan sering memunculkan masalah yang harus segera diperbaiki. Mungkin kamu tidak tahu cara memperbaikinya, tapi tidak masalah.

Dalam coding, kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan dan mampu berpikir secara kritis dalam keadaan darurat adalah salah satu karakter dari seorang developer yang sejati!

ADA CARA BAIK UNTUK MEMINTA BANTUAN

Begini cara melakukannya:

  • Banyak komunikasikan masalah yang kamu hadapi.
  • Jelaskan secara tepat bagaimana masalah itu dihasilkan.
  • Jelaskan secara detail masalah itu dan bagaimana masalah itu bisa terjadi.
  • Telusuri mengapa kamu terkejut dengan adanya masalah itu.

Dengan mengkomunikasikan detail dari sebuah masalah sering kali dapat membantumu menemukan penyebab dari masalah itu. Banyak programmer yang berhasil menyelesaikan masalahnya karena mereka dapat mengkomunikasikan masalah yang ada.

KEPUTUSAN KECIL ITU PENTING

Sebuah program komputer yang kamu bikin mungkin mempunyai berbagai macam nama dan/atau nama metode. Programmer yang baik akan memastikan dirinya menangani masalah-masalah kecil, seperti menamakan hal-hal di kode mereka secara deskriptif agar mudah diingat.

Jika kamu memutuskan untuk mulai coding di 2018, kamu harus menerima bawah keputusan-keputusan kecil itu penting dan harus dilakukan dengan benar.

TERUS IKUTI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Ada banyak saat dimana kamu tidak memiliki waktu untuk coding. Akan tetapi bukan berarti kamu tidak memiliki kesempatan untuk belajar. Kamu bisa membaca artikel atau mendengarkan radio tentang hal-hal yang berhubungan dengan coding.

Coba subscribe Medium. Medium akan membagikanmu post dan artikel berdasarkan orang-orang yang kamu follow dan juga yang disarankan teman-temanmu.

IKUTI 10 TAB RULE

Jika kamu tidak tahu apa itu 10 Tab Rule, di waktu kamu terjebak saat coding, coba ambil waktu untuk memikirkan pertanyaan dan masukkan ke dalam search engine, lalu buka tab baru untuk setiap halaman pertama dari hasil pencarian.

Setelah melakukan pencarian dan membaca 10 hasil pencarian teratas, kamu akan mendapatkan wawasan yang akan membantumu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

SELALU GUNAKAN TOOL YANG BENAR UNTUK SUATU PEKERJAAN

Dalam programming, ada banyak tool seperti JavaScript, Ruby, Git, Heroku dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali tool yang dapat kamu gunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Memilih tool yang benar untuk suatu pekerjaan akan membantumu menikmati programming.

Kamu tidak mungkin membuat sebuah rak dengan sekop, jadi jangan coba menyelesaikan masalah programming dengan tool yang salah.

TAHU KAPAN WAKTUNYA UNTUK BERISTIRAHAT

Satu lagi yang tidak kalah penting,jangan lupa untuk beristirahat!

Di akhir hari, kamu pastinya akan merasa lelah. Sudah biasa melihat para pekerja menghabiskan sepanjang hari mereka mencoba untuk menyelesaikan masalah yang pada akhirnya akan menyelesaikan masalah itu dalam waktu 15 menit keesokan harinya.

Pahamilah di saat kamu memerlukan waktu untuk istirahat.

Pastikan kamu mengikuti 10 tips ini, dan kamu pasti akan berhasil mendapatkan apa yang kamu inginkan dalam perjalanan kamu mempelajari coding di tahun 2018 ini.

Semoga berhasil!

**Source: The Firehose Project**

**Photo: Ilya Pavlov**

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.