4 Strategies to Avoid Burnout at Coding Bootcamp

tips

4 Strategies to Avoid Burnout at Coding Bootcamp

Pengalaman belajar yang intens bisa terasa... intens. Baik dalam belajar bahasa baru secara imersif atau menyelesaikan beberapa bab terakhir dari skripsimu. Ketika kamu mencoba mempelajari hal baru hanya dalam jangka waktu yang singkat, dengan cepat pasti akan terasa berat dan mencoba bertahan untuk tetap fokus akan menjadi suatu tantangan tersendiri.

Di HACKTIV8, kami banyak mebahas tentangcara merawat atau menajaga dirimu sendiri, terutama di kelas Engineering Empathy. Memperhatikan diri sendiri memilki konsep yang sama dengan saat pramugari memberitahukan bahwa kamu harus memasang masker oksigen milikmu sendiri sebelum memasangkan milik orang lain. Konsep dimana kamu harus memperhatikan dirimu sendiri sebelum kamu bisa melakukan hal lain mencakup juga saat kamu ingin belajar. Tanpa kemampuan untuk memperhatikan diri sendiri, pengalaman belajar secara intens di coding bootcamp bisa membuatmu jauh lebih lelah daripada yang seharusnya.

Seperti apakah cara merawat diri?

Bebas, sesuai dengan seleramu kamu sendiri.

Tanyakan dirimu, hal apakah yang bisa membuat kamu bersemangat kembali? Karena kami sudah melihat beragam orang menghadiri coding bootcamp kami, maka ini beberapa strategi yang mereka pakai untuk mengisi kembali semangat mereka yang hilang:

1. TIDUR

Jangan melupakan cara beristirahat paling dasar yaitu tidur.

Tidur merupakan hal yang baik untuk badanmu, otakmu, dan juga para rekan kerjamu juga pasti lebih ingin bekerja dengan orang yang tidak ngantuk saat bekerja. Tidur yang cukup bisa membantu kamu menghindari penyakit, dan ini sangatlah penting ketika kamu hanya memiliki waktu beberapa bulan untuk mempelajari hal baru. Kamu tidak akan mau menghabiskan waktu berhargamu untuk belajar hanya untuk sakit dan tidak bisa menghadiri kelas. Semuanya bergantung pada dirimu sendiri kapan kamu akan menarik dirimu sendiri dari tugas yang ada untuk beristirahat, tapi ingatlah bahwa tidur yang cukup adalah sesuatu yang berharga karena masih ada yang harus kamu pelajari di keesokan harinya!

2. MAKAN

Mungkin sejauh ini terlihat seperti kami hanya menyebutkan hal-hal yang sangat dasar. Karena memang sebenarnya hal-hal dasar seperti inilah yang ingin kami tekankan.

Makan memang sangat penting, terutama jika kamu berada di sebuah lingkungan yang berat dan saat menghadapi tugas yang besar, akan sangat mudah untuk melupakan makan yang cukup atau terus makan makanan ringan yang tidak sehat tanpa mempedulikan apa yang kamu makan. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi proses belajarmu nantinya. Mulai rencanakan pola makanmu dengan makanan yang teratur, cemilan sehat, dan jauhi makanan yang bisa mempengaruhi kinerjamu.

3. OLAHRAGA

Karena Kamu akan menghabiskan sebagian besar waktumu dengan bekerja di depan komputer, penting untuk menemukan cara untuk meregangkan dan memperkuat tubuh Kamu.

Orang-orang lebih memilih menggunakan meja berdiri atau mengubah posisi duduknya sepanjang hari. Olahraga bukan merupakan kesenangan; Saat kamu menghabiskan hari berdiam diri, carilah waktu untuk bergerak, bahkan jika itu hanya berjalan-jalan di sekitar kampus.

4. BERBICARA DENGAN ORANG LAIN

Banyak orang menganggap programming sebagai kegiatan yang bersifat individualisme, sesuatu yang kamu lakukan sendiri dalam kegelapan di sudut kamarmu, seperti yang mereka tonton di banyak acara TV.

Tapi pemrograman dalam banyak hal merupakan pekerjaan sosial; Kamu bekerja dalam tim, kamu akan bekerja dengan temamu, kamu mendiskusikan masalah di papan tulis dengan timmu sebelum kamu meletakkan jari kamu di keyboard. Ketika kamu mendapatkan pekerjaan sebagai Web Developer, kamu juga akan bekerja dalam kelompok, jadi mempraktikkan keterampilan komunikasi untuk kerja kelompok sangat penting.

Yang baru kamu baca adalah beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk kembali mengisi semangatmu.

Di HACKTIV8, kami memiliki beberapa jam istirahat dalam sehari, khususnya agar siswa dan guru memiliki kesempatan untuk bertemu dengan sesama untuk makan siang, berjalan-jalan untuk berolahraga, atau bahkan tidur sebentar!

Jika kamu mencoba mengatasi tugas besar dan ekspansif dan banyak informasi, kamu akan perlu menemukan cara beristirahat yang paling cocok untukmu!

Apa strategi perawatan diri terbaik kamu?

SOURCE: Dev Bootcamp

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.