Cara Cepat Membuat Website Dengan Codeigniter

Di era digital saat ini pengembangan website sangat banyak diminati untuk segala aktivitas, baik di kalangan bisnis maupun pribadi. Bagi para web developer, pasti kamu sudah familiar membangun sebuah website menggunakan Framework. Dari sekian banyak framework php, salah satu framework yang cukup populer digunakan adalah Codeigniter. Codeigniter adalah sebuah web application network yang bersifat open source dengan metode MVC (Model, View, Controller) yang digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. Penggunaan Framework Codeigniter ini bertujuan untuk memudahkan developer  dalam membangun aplikasi berbasis web tanpa harus membuat codingnya lagi dari awal. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar membuat website. Selain ringan dan cepat, Codeigniter juga bersifat gratis. Jadi, untuk kamu yang ingin tahu cara mudah belajar Codeigniter atau cara cepat belajar codeigniter, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang belajar codeigniter untuk pemula.

Cara Belajar Codeigniter

Belajar Codeigniter

Untuk memulai penggunaan Codeigniter bagi pemula sangat mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah tutorial belajar Codeigniter dasar berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mendownload Codeigniter di situs resminya www.codeigniter.com
  2. Setelah itu, kamu tinggal melakukan ekstrak Codeigniter, namun sebelumnya kamu harus memindahkan file Codeigniter tersebut ke folder web server agar dapat terbaca. Caranya kamu tinggal memindahkan file CodeIgniter tersebut ke dalam folder htdocs. Lalu, ekstrak file Codeigniter dan ubah nama foldernya agar lebih mudah diingat. Misalnya, belajar-codeigniter.
  3. Kemudian, kamu dapat menjalankan localhost/belajar-codeigniter pada web browser. Jika berhasil, selanjutnya kamu tinggal mencoba membuat website dengan framework ini.

Fungsi Codeigniter

Fungsi Codeigniter

Dengan menggunakan Codeigniter untuk mengembangkan suatu website, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan. Berikut beberapa fungsi Codeigniter:

  • Mempercepat dan mempermudah pembuatan website.
  • Menghasilkan struktur pemrograman yang sangat rapi, baik dari segi kode maupun struktur file phpnya,
  • Memberikan standar coding sehingga memudahkan kita untuk mempelajari kembali sistem aplikasi yang dibangun.
  • Relatif memudahkan dalam proses maintenance karena sudah ada pola tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti pola standar yang ada)
  • Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan dengan CMS (Content Management System)

Itulah pembahasan mengenai cara belajar CodeIgniter untuk pemula dan fungsinya. Jika kamu ingin mempelajari berbagai framework untuk membuat website lebih dalam, kamu dapat mengikuti kelas Intro to Programming di program Part Time Hacktiv8. Selamat mencoba!

Share this article: Link copied to clipboard!

You might also like...

Cara Membuat Website Statis dan Dinamis

Cara Membuat Website Sederhana Menggunakan Express.js