Insight on HACKTIV8's Campus Director

women in technews

Insight on HACKTIV8's Campus Director

Irsyah Mardiah, salah satu instruktur HACKTIV8 dan Campus Director yang lebih akrab dengan panggilan Icha ini adalah Alumni Politeknik Negeri Bandung tahun 2009 dan lulus dari jurusan Teknologi Informasi. Icha dibekali pengalaman selama 7 tahun di dunia IT dengan sebelumnya berprofesi sebagai Java Developer.

Kami telah mewawancarai Icha untuk membagikan pandangannya tentang dunia teknologi sebagai seorang programmer wanita sekaligus seorang instruktur di HACKTIV8, untuk membantu mengusir segala keraguan kalian para programmer masa depan, terutama lagi untuk kalian para wanita! Mau tahu seperti apa? Simak yang ada di bawah ini!

Bagaimana awalnya bisa mahir coding?

Awal saya mulai menguasai coding semasa saya kuliah. Di sana saya mendapatkan mata kuliah proyek yang mengharuskan saya mendalami coding karena setiap semesternya proyek tersebut harus saya sampaikan bersama tim.

Darimana tahu soal Coding Bootcamp? Apa pendapatnya?

Saya mendengar tentang coding bootcamp pertama kali dari teman saya, sejak itu saya mulai mengeksplorasi sendiri setiap hal yang berhubungan dengan coding bootcamp.

Bagaimana bisa bergabung dengan HACKTIV8? Mengapa HACKTIV8?

Salah satu teman saya merekomendasikan lowongan pekerjaan sebagai instruktur di HACKTIV8. Awalnya, saya ragu karena pengalaman mengajar saya belum terlalu banyak, tetapi setelah saya terima dan jalankan, justru saya merasa ilmu yang saya miliki saat ini semakin bertambah seiring dengan dibagikannya ilmu yang saya sampaikan tiap hari. Bagi saya, HACKTIV8 bukan hanya menantang bagi para muridnya, tapi saya pribadi sebagai instruktur di sana, merasa tertantang dengan proses belajar mengajarnya yang sangat interaktif.

Sebagai salah satu instruktur, seperti apa peran Anda di HACKTIV8?

Di HACKTIV8, saya dipercaya untuk menjadi instruktur Phase 1, dimana saya lebih menekankan pemahaman logika dan object oriented kepada murid. Saya paham bahwa belajar pemrograman membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, oleh karena itu, kesabaran dalam mengajar sangat diperlukan, mengingat para murid di HACKTIV8 tidak semuanya berasal dari latar belakang IT.

Di Phase 1, setiap murid akan diberikan tantangan yang harus diselesaikan sesuai deadline yang sudah ditentukan. Untuk memastikan tiap murid memahami materi yang disampaikan, saya akan meluangkan waktu untuk mendatangi mereka satu per satu untuk melihat progres yang mereka kerjakan.

Apa pendapat Anda soal programmer wanita yang masih jarang ada, terutama di Indonesia?

Untuk programmer wanita yang jarang ada di Indonesia, kemungkinan besar karena stereotype orang-orang yang menganggap programmer lebih banyak dilakukan oleh pria (seperti Jurusan Mesin dan Elektro). Sedangkan menurut pandangan saya, jika memiliki cita-cita, apapun gender kita, kita akan bisa mencapainya dengan usaha yang gigih.

Apa kelebihan menjadi seorang programmer wanita?

Menurut banyak orang, kelebihan programmer wanita dibandingkan pria adalah wanita sering sekali lebih detail dalam mengerjakan sesuatu, walaupun bukan berarti pria tidak detail.

Menurut anda, mengapa wanita perlu mempertimbangkan untuk menjadi seorang programmer?

Menjadi seorang programmer mungkin sedikit sulit untuk seorang wanita yang akan menjadi seorang istri dan ibu yang akan mengurus rumah tangganya. Sedangkan kita tahu sendiri, di dunia IT, dedikasi untuk bekerja harus tinggi (lembur sampai subuh, terkadang harus masuk kerja di akhir minggu), tapi jangan khawatir. Dunia programming tidak selalu tentang programmer. Berawal dari menjadi programmer, seorang wanita bisa menjadi system analyst ataupun business analyst yang tidak kalah seru dari menjadi programmer itu sendiri. Jadi, jangan takut untuk mengejar mimpi kita, apapun gender kita dan profesi yang kita inginkan, selama ada kemauan dan usaha, we can achieve our dreams.

Apa saran anda untuk calon murid yang ingin bergabung di HACKTIV8?

Saran saya untuk calon murid, terutama wanita. It’s not about gender anymore when we learn something.

Setiap orang memiliki cara belajar dan tingkat pemahaman yang berbeda, jadi wajar jika kadang kita mengalami phase mental breakdown, melihat teman sudah paham dan kita sendiri belum. Fokus dengan diri sendiri dan katakan pada diri kalian bahwa kalian bisa, jika mereka bisa, kenapa saya tidak? Disertai dengan usaha, saya yakin semua orang bisa. Every process to achieve your dreams will be hard for sure, but you’re going to love it.

Bagaimana? Apa sekarang matamu sudah sedikit terbuka bahwa pemrograman tidak hanya untuk gender tertentu saja, tapi untuk semua yang benar-benar mempunyai passion dalam pemrograman!

Jika kamu adalah seorang wanita dan mempunyai keinginan yang kuat untuk terjun ke dalam dunia pemrograman ini, HACKTIV8 memiliki potongan harga sebesar 10% bagi kalian para #WomenInTech! Tunggu apa lagi?

Daftarkan dirimu sekarang!

Masih belum yakin?

Cari tahu alasan mengapa diperlukan lebih banyak wanita dalam dunia teknologi.

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.