Big Data, Data Science, dan Data Analytics: Apa bedanya?

Data ScienceDataBig Data

Big Data, Data Science, dan Data Analytics: Apa bedanya?

dara

Apa itu Big Data?

Kita dikelilingi data. Bisnis pribadi menggunakan data secara maksimal dengan mengumpulkannya dan menganalisa preferensi mu untuk mendapatkan informasi yang berguna. Data dikeluarkan dalam jumlah yang besar oleh ponsel, internet, media sosial, dll. Dengan volume dari data structured, semi-structured, dan unstructured yang kita sebut sebagai big data. Bisnis adalah bermain dengan kumpulan data ini yang terbukti berguna dalam mendapatkan informasi yang berharga.

Tiga tipe data

Structured data adalah database dari data yang telah terorganisir yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk diolah dan analisa data yang efektif. Tertulis dengan format yang spesifik sehingga dapat dipahami oleh search engine.

Unstructured data adalah data dengan bentuk yang tidak dikenal. Membuat banyak tantangan bagi perusahaan dalam tahap pengolahan karena jenisnya yang heterogen. Data ini merupakan gabungan dari text files, image, video, dll. Data mentahan ini hanya dapat menghasilkan nilai setelah diolah dan dianalisis.

Semi-structured data tidak seperti unstructured data yang kompleks dan bisa diolah dan analisa dengan bantuan tagging metadata yang dapat menangkap informasi berguna yang bersangkutan dengan tag tersebut.

Kegunaan dari Big Data

Big Data untuk jasa keuangan: Big data digunakan di perusahaan kredit, bank ritel, penasehat keuangan privat, perusahaan asuransi, dll. Data multi-structured dalam jumlah besar ini dapat diselesaikan oleh big data. Data tersebut nantinya digunakan untuk analitik customer, analitik kompliansi, analitik pemalsuan, dan analitik operasional.

Big Data dalam komunikasi: Big data dalam komunikasi digunakan untuk menambah pelanggan baru dan menjaga pelanggan lama. Big data memiliki kemampuan untuk menggabungkan dan menganalisa data berlimpah yang berasal dari customer-generated dan machine-generated yang dihasilkan tiap harinya.

Big Data untuk ritel: Disini, big data digunakan untuk memahami pelanggan dengan lebih baik dan juga untuk menangani data dalam jumlah yang banyak setiap harinya yang dihasilkan oleh weblog, data transaksi pelanggan, media sosial, dll.

Karir di Big Data

Dunia big data sangat besar karena mempengaruhi banyak sektor seperti perbankan dan keuangan, media dan entertainment, kesehatan, edukasi, agrikultur, dan ritel online. Untuk membuat karir yang menguntungkan sebagai profesional big data, kamu perlu menguasai keahlian analitikal, matematika dan statistik, Java, dan Hadoop.

Apa itu Data Science?

Data science adalah studi tentang data mentah dan unstructured data yang diolah melalui keterampilan analitis, programing, dan bisnis. Bidang ini menggunakan metode, proses, algoritma, dan sistem ilmiah untuk menghasilkan wawasan dari pola dan trend. Data scientist memanfaatkan teknologi, matematika, dan teknik statistik untuk menciptakan makna dari unstructured data yang nantinya digunakan untuk membuat keputusan bisnis.

Kegunaan dari Data Science

Pencarian Internet: Disini, algoritma data science digunakan search engine untuk menghasilkan hasil pencarian terbaik untuk permintaan pencarian dalam hitungan detik.

Digital Advertisements: Disini, algoritma data science digunakan oleh digital marketing

Karir di Data Science

Banyak industri data science mengambil keuntungan dari bidang data science. Di antaranya melingkupi departemen penjualan dan marketing, institusi bank, layanan streaming, perusahaan pengiriman, dll. Dengan prediksi para ahli yang mengatakan akan ada 40 zettabyte jumlah data pada tahun 2020, Data Science akan memberikan banyak peluang pekerjaan! Asah kemampuan mu di SAS, programing R/Python, Hadoop, SQL database, keahlian analitis, statistik, matematika, dan pemikiran visioner untuk mendapatkan pekerjaan terbaik sebagai profesional data science.

Apa itu Data Analytics?

Data analytics adalah proses menarik data dan mengkategorikan data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Menaikkan produktivitas bisnis dengan mengambil wawasan operasional. Analis big data memainkan peran penting dalam mencari solusi yang lebih baik untuk perkembangan organisasi.

Kegunaan dari Data Analytics

Kesehatan: Data analytics di data alat dan mesin semangkin digunakan untuk melacak dan juga mengoptimasi alur pasien, pengobatan, dan peralatan yang digunakan di rumah sakit.

Travel: Membeli pengalaman sangat bisa untuk dioptimalkan secara menyeluruh menggunakan bantuan mobile/weblog dan analitik sosial. Wawasan mendalam tentang keinginan dan preferensi pelanggan dapat diperoleh.

Ada banyak industri lain yang memanfaatkan data analytics. Beberapa dari mereka adalah gaming dan energy management.

Karir di Data Analytics

Perusahaan konsultan dan penelitian memahami kekuatan analitik dalam proses pengambilan keputusan sehari-hari serta pemikiran strategis. kamu dapat memanfaatkan kesempatan dari sedikitnya orang terampil dalam bidang analatik. Jika kamu memiliki kegemaran untuk angka dan dapat sukses di industri yang menguntungkan, jangan sia-siakan waktu lagi dan kuasai programming, komunikasi, artificial intelligence, dan keahlian perselisihan data sekarang.

Tiga bidang ini sangat menyukai bermain dengan data. Jika kamu salah satu orang yang dapat bergabung di bidang ini dan penggemar berat angka dan data, jangan tunggu lagi untuk mengasah kemampuan mu di bidang big data, data science, dan data analytics.

https://thriveglobal.com/stories/big-data-data-science-and-data-analytics-what-is-the-difference/

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.