Belajar Bahasa Pemrograman JavaScript Untuk Pemula

JavaScript merupakan bahasa pemrograman paling populer dalam dunia web development. Bahasa ini dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape, perusahaan teknologi yang bermarkas di Amerika Serikat. Saat pertama kali diluncurkan bahasa ini dinamakan Mocha, lalu diganti menjadi LiveScript sebelum akhirnya menjadi JavaScript. Jika kamu tertarik menjadi seorang Web Developer, kamu dapat belajar JavaScript untuk membuat web atau aplikasi yang interaktif dan menarik. Di artikel kali ini akan memberikan pengenalan dan penggunaan JavaScript, serta belajar JavaScript untuk pemula.

Apa itu JavaScript?

Pengertian JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang bersifat Client Side Programming Language. Istilah ini mengacu pada tipe bahasa pemrograman yang cara kerjanya dilakukan oleh client. Artinya JavaScript dapat bekerja di website populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Cara menggunakan JavaScript hanya membutuhkan aplikasi text editor dan web browser. Bahasa ini memiliki fitur high level, programming language, client side, loosely tiped, dan berorientasi objek. Fungsi pemrograman JavaScript adalah membuat interaksi antara user dengan web menjadi lebih cepat tanpa harus melewati proses dalam web server. Tanpa coding JavaScript setiap interaksi dari user harus diproses oleh web server. Dalam perkembangannya, JavaScript tidak hanya digunakan untuk web development. Kamu juga bisa belajar JavaScript untuk membuat game, mempercantik halaman web, dan berbagai keperluan yang lebih modern.

Belajar JavaScript Dasar

Belajar JavaScript

JavaScript menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai seorang programmer. Selain dinamis, bahasa ini bisa dikolaborasikan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti HTML dan CSS untuk membuat website yang mudah digunakan oleh user. Penting bagi kamu untuk menguasai dasar-dasar HTML dalam mempelajari JavaScript karena penulisan JavaScript harus menyisipkan kode JavaScript di dalam HTML. Sebelum mengetahui cara membuat kode JavaScript, pastikan kamu sudah menginstall aplikasi khusus teks editor seperti Notepad++ dan menyiapkan web browser yang akan digunakan. Berikut contoh penulisan JavaScript.

Cara Menulis JavaScript di HTML

Pada gambar di atas adalah contoh menulis kode JavaScript di dalam HTML. Adapun cara membuat JavaScript di HTML yang harus kamu ketahui, sebagai berikut.

  • Embed (Kode JavaScript ditempel langsung pada HTML)
  • Inline (Kode JavaScript ditulis pada atribut HTML)
  • Eksternal (Kode JavaScript ditulis terpisah dengan file HTML)

Contoh Program Menggunakan JavaScript

Program JavaScript

Hampir semua website saat ini menggunakan JavaScript untuk membuat berbagai aplikasi yang dapat berinteraksi dengan user, seperti validasi form HTML, game, kalkulator, fitur chatting, dan sebagainya. Berikut beberapa contoh web yang menggunakan JavaScript.

Eyezen.com

The Eyezen Challenge adalah sebuah situs game yang memungkinkan kamu untuk menghadapi bintang eSport ternama yaitu Martin Rekkles Larsson. Eyezen menawarkan permainan dengan kualitas grafik yang tinggi.

Timelikes

Jika kamu pengguna Facebook yang aktif, website ini dapat menampilkan semua like yang pernah kamu berikan lengkap dengan tahun di saat kamu melakukannya. Timelikes dilengkapi dengan timeline 3D yang memanjakan mata. Untuk bisa melakukannya, kamu harus mengkoneksikan akun Facebook kamu ke website ini. Setelah itu, kamu akan bisa melakukan navigasi dengan maju mundur di timeline tersebut.

Radio Garden

Radio Garden memungkinkan kamu untuk mendengarkan radio-radio yang ada di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kamu dapat menjangkau radio yang berada di sekitar kamu dengan menggunakan koneksi internet.

Gaji Web Developer

Berdasarkan situs pencarian kerja Neuvoo, gaji rata-rata Web Developer di Indonesia berkisar Rp 6.250.000 per bulan atau mencapai Rp 75 juta per tahunnya. Sebagai Web Developer, kamu bertugas untuk mengembangkan sebuah website yang tidak hanya sesuai dengan keinginan client, tapi juga harus menarik dan disukai oleh user.

Itulah dasar JavaScript yang bisa kamu pelajari untuk membuat projek pertama kamu. Kamu bisa belajar Javascript secara online dengan mencari modul latihan JavaScript di internet atau mengikuti pelatihan yang memungkinkan kamu belajar dasar programming di luar jam kerja untuk upskilling. Siap untuk berkarir menjadi seorang Web Developer?

Share this article: Link copied to clipboard!

You might also like...

Everything You Need to Know Before Your First Line of Code

Seni Dalam Pemrograman

Keseharian di Hacktiv8