How to Become a React Native Developer in 2018

programmingtips

How to Become a React Native Developer in 2018

Jika kamu membaca hasil laporan survey, The State of JavaScript 2017, kamu akan menemukan beragam data-data menarik. Namun, ada satu data yang sangat menonjol bagi kami di HACKTIV8 -- Banyak sekali orang yang ingin belajar React Native.

Screen-Shot-2018-10-11-at-17.32.29
The State of JavaScript Mobile Resuts

Hal ini sangat menakjubkan. Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah mengolah sebuah silabus bagi kamu yang sangat ingin untuk belajar React Native.

Saat kami menyiapkan materi kami, ada satu pertanyaan yang sering ditanyakan: Apa sih cara terbaik untuk belajar React Native?

Jawabannya?
Tidak ada satu cara yang “paling benar” untuk belajar React Native.
Namun, ada beberapa saran yang sering kami bagikan pada orang yang ingin menjadi React Native Developer. Semoga ini berguna juga untuk kamu.

TIPS

Sebelum mempelajari React Native secara lebih dalam, kami memiliki satu tips utama mengenai pendidikan pada umumnya. Berdasarkan pengalaman, kami menyimpulkan bahwa kita dapat lebih baik mempelajari hal baru jika mereka menyediakan waktu untuk belajar.

Kamu mungkin memiliki kesibukan sehari hari yang menyita waktu. Tapi dengan meluangkan waktu satu atau dua jam untuk mempelajari sebuah ilmu baru, apapun ilmunya, kamu dapat mempelajari lebih banyak dan cepat

1. Hindari Gangguan

Kamu sedang membaca Blog HACKTIV8. Kamu mungkin menemukan blogpost ini melalui Google atau Instagram. Berarti, kamu banyak menggunakan hal-hal berbau teknologi.

Sekarang, dunia teknologi berkembang dengan sangat pesat. Ini merupakan hal yang baik namun dapat menjadi melelahkan, terutama untuk pemula. Saran kami satu: setelah kamu selesai membaca blog ini, buatlah rencana belajar untuk dirimu sendiri dan fokus terhadap rencana tersebut

Konsentrasi terhadap apa yang kamu pelajari dan jangan tergoda untuk menyentuh materi lain. Dalami dasarnya terlebih dahulu sebelum mencoba mempelajari beragam hal baru pada waktu yang sama.

Buatlah suatu rencana belajar dan ikuti dengan tekun. Setelah kamu menguasai materi dasar, kamu dapat mencoba sebanyak mungkin hal baru.

2. Mulai Perlahan-Lahan

Kami tahu kamu ingin langsung mulai membangun aplikasimu....sekarang juga. Jika kamu mulai terlalu cepat, akan banyak hal dan elemen yang akan menghambatmu dan membuatmu frustasi.

Kuasai semua materi satu persatu sebelum lanjut ke hal yang lebih kompleks.

3. Luangkan Waktu

Kita semua sibuk dan memiliki kegiatan masing-masing. Tapi kita bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting seperti janji dengan dokter, meeting dengan bos atau mungkin bertemu dengan gebetanmu.

Intinya, jika kamu ingin berkomitmen terhadap sesuatu, jadwalkan waktu untuk melakukan hal tersebut dan ikuti jadwal tersebut. Belajar hal baru dan mengembangkan diri juga merupakan hal yang penting dan patut untuk dijadwalkan.

“Tapi saya benar-benar sibuk!”

Luangkan waktumu! Mulai dengan luangkan waktumu selama 5 menit setiap hari. Setelah kamu terbiasa, luangkan 10 menit. Kemudian perpanjang hingga 15 menit, 20 menit, dan seterusnya.

Jika kamu bisa menjadwalkan waktu untuk belajar hal baru, walaupun dimulai dengan hanya 5 menit, tidak ada yang tidak bisa kamu kuasai.

4 Buat Rencana Belajar

Berhubungan kembali dengan tips pertama, jika kamu tidak memiliki rencana belajar, fokusmu akan terbagi-bagi. Bukannya fokus belajar, kamu akan menghabiskan waktumu untuk scroll timeline Instagram atau menonton video YouTube. Sekarang bukan waktunya untuk itu. Sekarang saatnya merancang rencana belajarmu.

Lihatlah sumber-sumber belajar dibawah. Perhatikan materi yang mereka tawarkan, pilih yang cocok untuk kamu dan jadwalkan waktu untuk mempelajari hal tersebut. Saat belajar, fokus terhadap hal tersebut dan selesaikan materi tersebut sebelum mencoba materi baru.

5. Jangan Hanya Belajar

Banyak murid yang mengikuti kelas dan berhenti pada tahap mendengarkan para instruktur. Ini merupakan kebiasaan buruk yang banyak dimiliki oleh murid-murid sekarang.

Jelajahi ilmu diluar apa yang didapat di ruang kelas. Jangan hanya mengambil ilmu dari instruktur, kembangkan dan jadikan ilmu itu menjadi sesuatu yang nyata. Menerima dan menerapkan ilmu adalah salah satu cara untuk benar benar menguasai sesuatu.

Ingat, dengan merencanakan dan menjadwalkan materu, kamu akan belajar lebih banyak.

HACKTIV8 juga memiliki kelas paruh waktu yang berfokus pada React & React Native.

Lihat lebih detail.

Photo Source: Artem Sapegin on Unsplash

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.