How to Become a Front-End Web Developer

tips

How to Become a Front-End Web Developer

Dalam blog post terakhir, kami membahas tentang apa itu front-end dan mengapa front-end itu penting agar sebuah website untuk berjalan dengan lancar.

Minggu ini, kita akan membahas apa saja tugas seorang front-end developer. Apakah berguna di zaman sekarang? Apakah kamu cocok untuk berganti karir menjadi seorang front-end web developer?

Apa yang dilakukan seorang Front-end Developer?

Seorang front-end developer diperlukan oleh semua industri yang menggunakan sebuah website. Di zaman sekarang, itu berarti seorang front-end developer dibutuhkan di semua industri yang ada saat ini.

Tugas seorang front-end developer berhubungan dengan kegunaan front-end yang kita bahas minggu lalu. Tugas front-end developer antara lain adalah mengembangkan fitur website, mendesain dan membangun sisi front-end sebuah website atau aplikasi menggunakan framework front-end, memaksimalkan kecepatan komponen front-end dan masih banyak lagi.

Beberapa keahlian yang dibutuhkan oleh seorang front-end developer, antara lain adalah pemahaman HTML, CSS, JavaScript, paham akan client-side scripting dan juga framework JavaScript seperti JQuery, mengerti prinsip web design, dan pengetahuan dasar akan software grafik desain seperti photoshop.

Where to Learn how to Become a Front-end Web Developer

Ada 3 langkah dasar yang perlu lakukan yang harus kamu lakukan sebelum menjadi seorang front-end web developer.

Belajar Cara Coding

Kamu harus mempelajari unsur-unsur dasar pemrograman seperti HTML, CSS dan JavaScript. Ketiga hal tersebut sangatlah penting dalam pengembangan halaman front-end.

Ada beberapa metode yang dapat kamu tempuh untuk belajar coding.

Pertama, belajar melalui sumber online. Belajar secara online seringkali tidak memakan biaya yang besar. Namun, membutuhkan fokus dan kemauan yang tinggi. Terkadang, akan sulit bagimu untuk memahami konsep-konsep baru tanpa ada yang membantumu.

Kedua, kamu bisa mengikuti program sarjana Ilmu Komputer. Jika kamu memutuskan untuk mengambil jalan ini, kamu akan belajar mengenai cara coding dan juga teori teori dibalik coding. Kamu juga akan mendapatkan materi materi lain yang biasa didapatkan di perkuliahan. Kekurangan dari pilihan ini adalah waktu dan biaya. Biasanya, kamu harus menempuh pendidikan selama tiga sampai empat tahun untuk mendapat gelar sarjana. Perkiraan rata-rata biaya juga cukup tinggi, sekitar Rp100,000,000 untuk perguruan tinggi swasta.

Pilihan terakhir, kamu dapat mengikuti coding bootcamp. Di coding bootcamp, kamu akan belajar cara coding dalam waktu kurang lebih tiga bulan. Rata-rata biaya suatu coding bootcamp adalah Rp30,000,000-Rp40,000,000, jauh lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata harga perkuliahan. Coding bootcamp juga menyediakan instruktur ahli yang akan membantumu secara langsung. Kamu juga akan berkomunikasi dan belajar bersama para calon front-end web developers lainnya.

Pertimbangkan ketiga pilihan tersebut dan cari tahu lebih banyak sebelum memilih program yang cocok untukmu.

Menjadi Bagian Komunitas Programmer

Ada banyak cara bagi kamu untuk terlibat dalam komunitas teknologi, termasuk group atau forum yang fokus membahas dunia front-end. Kalau kamu ingin memulai karir di bidang front-end web development, coba bergabung dengan komunitas seperti ini dan luaskan koneksimu.

Dalam komunitas seperti ini, kamu akan mendapat banyak kesempatan untuk berkenalan dengan banyak front-end developers lain dan juga calon rekruter. Melalui komunitas ini, kamu juga dapat menemukan kesempatan kerja.

Menambah Portofolio

Membangun portofolio sangatlah penting dalam proses memulai karirmu sebagai seorang front-end web developer. Sebagian besar perusahaan sekarang ingin melihat karya-karyamu sebelum melamar di perusahaan mereka. Kamu akan mendapat keuntungan besar jika sudah memiliki portofolio saat mengikuti wawancara kerja.

Dalam sebuah portofolio, kamu akan memamerkan karya karya yang berhubungan dengan front-end web development. Beberapa coding bootcamp memiliki tim yang khusus bertugas untuk membantumu membangun portofolio yang dapat dibanggakan.

Saatnya Membangun Website Kelas Dunia!

Mengingat perkembangan teknologi dan internet yang sangat pesat, sekarang merupakan waktu yang sangat tepat untuk memulai karir sebagai seorang front-end web developer. Jika kamu mulai tertarik untuk menjadi seorang web developer, mulailah mencari berbagai cara untuk belajar front-end web development.

Ingin belajar lebih mengenai front-end?

HACKTIV8 menyediakan banyak pilihan bagimu yang ingin belajar mengenai front-end web development.

Mulai dari program full-time yang mengajarkan sisi front-end dan back-end, serta program part-time yang berfokus pada materi tertentu seperti Kelas Front-end Web Development Basics atau Kelas Intro to Programming.

Jangan ragu untuk klik link diatas untuk mengenal program kami lebih lanjut.

Photo Credit: Unsplash

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.