Bagaimana Memilih Karir yang Tepat

programmingcareertips

Bagaimana Memilih Karir yang Tepat

Di awal tahun 2016 kemarin apakah ada di antara anda yang merasa sulit menentukan resolusi untuk tahun ini? Atau apakah anda merasakan tekanan dan daftar pekerjaan datang bertubi-tubi tanpa henti? Beberapa orang bahkan merasakan kehilangan gairah atau semangat bekerja. Tapi yang paling penting kita harus sadar bahwa diri kita sendirilah yang dapat menentukan arah karir dan perjalanan hidup kita di masa depan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu anda dalam menemukan jalur yang tepat sebagai perjalanan karir.

Temukan motivasi di balik pekerjaan yang anda lakukan

Motivasi adalah salah satu faktor paling penting dalam menuju kesuksesan. Mengetahui motivasi diri ketika hendak melakukan sesuatu adalah langkah pertama menuju kesuksesan tersebut. Seorang penemu dari India, Manu Prakash, menciptakan sebuah mikroskop yang terbuat dari kertas, anti-air dan tidak mudah rusak. Manu Prakash mendeskripsikan bagaimana temuannya tersebut dapat digunakan untuk membantu mendiagnosis penyakit seperti malaria, dan bagaimana masyarakat awam juga dapat mengoperasikan mikroskop tersebut. Motivasi tersebut membawa Manu Prakash pada penemuan hebat. Jalan menuju sukses tersebut harus didukung dengan keinginan untuk berkontribusi dan apresiasi bagi sekitar Anda.

Selalu hidup dalam semangat

Tidak masalah berapapun umur anda, latar belakang, perjalanan hidup di masa lalu, atau apa yang anda lakukan di masa kini, hidup dan fokus pada masa kini sangatlah penting karena begitu banyak kesempatan dan hal hebat yang ada di hadapan anda. Hidup dalam gairah dan semangat dapat membuat anda merasa lebih muda dari umur yang sebenarnya dan hari-hari anda akan terasa lebih menyenangkan. Ambil setiap kesempatan baik yang ada di hadapan anda. Rayakan pencapaian yang anda raih dalam setiap pekerjaan.

Berani dalam mengambil keputusan

Pengambilan keputusan adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan. Opsi yang beragam diharapkan dapat menawarkan satu pilihan yang paling sempurna. Apakah dengan adanya banyak pilihan yang diberikan maka akan semakin mudah dalam mengambil keputusan? Belum tentu. Jadi pengambilan keputusan bukanlah mengenai berapa banyak pilihan yang anda miliki, tapi bagaimana anda menggunakan kebebasan untuk memilih dan berani mengambil langkah dalam membuat keputusan.

Kunci di balik produktivitas

“Work hard, play hard”. Itulah kata-kata yang sering kita dengar dan maknai dalam kehidupan pekerjaan. Tapi jika dilihat dari sisi lain, hasil akhir yang baik sebenarnya dihasilkan dari proses yang produktif. Hati yang senang dan pikiran yang positif dapat meningkatkan kreativitas, kemampuan untuk belajar, energi, dan juga kinerja. Beberapa hal dapat dicoba untuk menjadi lebih positif, misalnya mengucap syukur, menulis jurnal harian sebagai refleksi kegiatan, olahraga, meditasi, dan melakukan kebaikan terhadap sekitar. Selama kita menjaga agar tetap positif dalam menjalani pekerjaan, maka produktivitas akan terjaga. Inspirasi untuk menemukan jalur yang tepat dalam berkarir tentunya tidak datang dengan sendirinya. Anda harus keluar dan membuka diri terhadap kesempatan di luar sana sebanyak-banyaknya. Temukan jalur anda dan mulailah langkah pertama menuju kesuksesan.